Home » Kongkow » Tips & Trik » Teknik Cara Mengetik 10 Jari dengan Cepat dan Benar Tanpa Melihat Keyboard

Teknik Cara Mengetik 10 Jari dengan Cepat dan Benar Tanpa Melihat Keyboard

- Senin, 04 Maret 2019 | 09:39 WIB
Teknik Cara Mengetik 10 Jari dengan Cepat dan Benar Tanpa Melihat Keyboard

Tidak butuh kepintaran untuk jago Teknik Cara Mengetik 10 Jari dengan Cepat dan Benar Tanpa Melihat Keyboard ini, karena ini hanyalah keterampilan dan keterampilan bisa dimiliki hanya dengan sedikit belajar dan banyak latihan saja. Kami yakin hanya dengan mempelajari teknik penggunaan sepuluh jari tangan dari Youtube ini anda bisa cepat paham dan mahir dalam mengetik di komputer, apakah saat menggarap tugas di Microsoft Word atau pun saat browsing dan chating dengan teman lewat Facebook dan Twitter. Pokoknya, apa pun yang anda lakukan di dunia maya akan terasa ringan kalau bisa berkomunikasi dengan tangan layaknya sedang bicara karena jari anda seperti ‘menari’ di atas keyboard komputer PC / Laptop.

Pertama kali mempraktekkan teknik ini mungkin akan terasa berat sekali, apalagi kalau sudah lancar mengetik dengan 2 jari, rasanya tuh seperti orang yang geram ingin berlari tapi hanya bisa jalan karena pincang. Yang terpenting dari cara ini menurut Caraspot sendiri adalah pada kesabaran dan disiplin anda untuk mau mengikuti semua arahan yang dijelaskan dalam video Youtube di bawah, terutama untuk selalu disiplin menggunakan tugas dari masing-masing jari saat menekan tombol huruf yang ada, apalagi untuk fungsi tonjolan kecil seperti garis pada huruf F dan J jangan sampai di abaikan yang mana keduanya berfungsi sebagai patokan saat mengetik tanpa melihat keyboard.

Sekali lagi, sebelum anda mulai memperhatikan tutorial dan tips dari tayangan berikut, bahwa ingatlah selalu kalau Anda pasti nantinya juga akan mahir dan licah seperti kebanyak orang Arab, asalkan mau disiplin dan banyak latihan saja. Oke, mari kita simak bersama panduannya:

Posisi dan Fungsi Tiap Jari pada Keyboard

Perhatian kita di sini adalah apa tugas atau fungsi dari tiap jari yang kita miliki, dan agar mudah penjelasannya kami akan memetakan pada dua bagian, yakni jari kiri dan kanan. Manakala ada satu jari saja yang tidak digunakan sebagaimana tugasnya maka tentu tips yang anda pelajari ini tidak sempurna, apalagi jika sudah terbiasa tentu akan sulit dirubah.

posisi dan tugas jari tangan saat mengetik 10 jari dengan benar

a. Tugas Jari Tangan Kanan

  • Telunjuk : Untuk tombol huruf : J, H, U, Y, M, N, 7 dan 6
  • Jari Tengah : Bertugas menekan huruf : K, I, koma (,) / tanda lebih kecil (<) dan 8 atau tanda bintang (*)
  • Jari Manis : Pada huruf L, O, 9 / tanda kurung kiri ( ( ), dan titik (.) / tanda lebih besar (>) serta Alt
  • Kelingking : Semua tombol keyboard yang ada di sebelah kanan, selain dari yang telah disebutkan di atas, yaitu mulai dari tanda titik dua (;), tanda petik (‘), Enter, huruf P, tanda kurung siku ( { } / [ } ), garis miring ke kiri ( \ ), tanda Tanya  ( ? ) / tanda miring (/), klik kanan (tanda seperti dokumen) serta Shift dan Ctrl kanan.
  • Jempol : Spasi. Khusus yang ini baru digunakan kalau slaha satu dari jari kiri yang terakhir kali menekan tombol. Jadi prinsip kerjanya dibuat bersilang dengan jempol kiri.

b. Tugas Jari Tangan Kiri

  • Telunjuk : Fungsinya untuk mengetik huruf F, R, V, G, T, B, angka 4 dan 5,
  • Jari Tengah : Untuk huruf D, E, C, dan angka 3.
  • Jari Manis : untuk huruf S, W, X, dan 2.
  • Kelingking : A, Q, Z, 1, Alt dan selain yang disebut, yaitu tanda ~, Tab, Caps Lock, Shift, Ctrl, dan tombol jendela / Windows.
  • Jempol : Menekan spasi. Rumusnya, bila jari di tangan kanan yang terakhir menekan tombol maka baru menggunakan Jempol kiri ini dan demikian sebaliknya.

B.  Aplikasi untuk Belajar Mengetik Sepuluh Jari

Solusi lain jika ingin lancar mengetik dengan semua jari maka Anda bisa menggunakan aplikasi atau software yang banyak dipakai para pemula. Tujuan utamanya adalah untuk latihan dan mengulang-ulang semua fungsi tombol agar bisa menguasai letaknya tanpa harus melihat lagi. Saran saya gunakan yang simple dan mudah pengoperasiannya serta tidak memakan banyak space pada komputer PC Anda. Umumnya dalam pemakaian Apk semacam ini ada semacam tantangan yang harus dilakukan dan terkadang juga dibuat bertingkat atau ber-level untuk menguji sudah seberapa mahir anda dari praktek yang sudah lakukan sebelumnya.

Sebenarnya aplikasi semacam ini banyak yang dibuat berbayar alias harus beli, tapi karena yang namanya developer software ada ribuan di dunia ini, jadi ada saja yang sengaja dibuat secara gratis dan bisa didownload bebas oleh siapa pun. Untuk mengunduh dan menginstal langsung di komputermu.

C.  Praktek secara Online langsung

Kalau di atas kamu harus mendownloadnya dulu, kali ini lagi karena tanpa mengunduh dan menginstall sama sekali, hanya saja dibutuhkan koneksi internet untuk menggunakannya, ya namanya juga online.  Sebenarnya ada banyak sekali jenis latihan yang ditawarkan untuk layanan seperti ini, ada yang hanya menguji kecepatan ketik dan ada juga yang memang menekankan kebenaran penggunaan semua jari tangan mulai dari kelingking hingga jempol. Dan bagi Caraspot sebenarnya yang terbaik adalah yang mengajarkan kita menggunakan semua 10 jari yang kita miliki karena baru dengan demikian kita bisa benar-benar lancar. Dan beberapa yang kami rekomendasikan adalah:

1.  typing.com

latihan cara mengetik 10 jari

Dari alamat websitenya saja sudah premium karena bisa memiliki domain cantik seperti itu, pasti belinya mahal sekali. Lalu bagaimana dengan layanannya? Nah ini saya sudah cek dan test sendiri. Pertama kali masuk kamu akan disuguhi langsung pilihan yang menarik karena disesuaikan banget dengan kebutuhan berbagai tingkat kemampuan, mulai dari Beginner, Intermediate, dan Advance. Anda bisa lihat dari gambar yang di sajikan di atas yang memang penulis screenshot langsung dari membuka dan latihan langsung di situsnya.

2.  typeonline.co.uk

Kalau yang kedua ini mungkin kurang baik layanan latihan mengetik onlinenya karena tidak menampilkan keyboardnya langsung, tapi dari berbagai pilihan fitur yang disedikan saya kira layak kita jadikan tempat belajar, dan di antara ragam pilihan praktek yang disedikan, seperti Typing Lesson 1 -5, Copy Practice dan juga Speed Test yang tujuannya untuk menguji kecepatan ketikmu dengan tidak melihat keyboard.

3.  typingtutor-online.com

Yang menarik dan menjadi alasan layanan latihan belajar teknik cara mengetik 10 jari ini dikatakan terbaik adalah karena pengguna website atau situsnya diberikan pilihan latihan pada tombol keyboard yang mana dari pihak pembuatnya sendiri menyediakan beberapa sesi, yaitu mulai dari Upper row atau baris tombol teratas, yakni dari Q sampi dengan huruf P, Home Row (tombol huruf A sampi L) dan juga Bottom Row (huruf Z-M). Dengan cara ini saya kira jauh lebih baik karena kita akan latihan secara bertahap menggunakan semua jari yang kita miliki dan pastinya semua akan menggunakan tugasnya sesuai dengan yang direkomendasikan. Mengenai tampilannya saya kira juga bagus karena menampilkan bentuk keyboard juga seperti yang pertama.

4.  www.tipp10.com/en/online

Kalau website yang satu ini jauh lebih lengkap lagi layanan belajar mengetik online-nya karena selain menyediakan praktek online langsung tanpa harus download, juga menyediakan software yang bisa diunduh lalu diinstall dalam komputer kita, jadi tak butuh lagi internet untuk menggunakan aplikasinya. Hanya saja kalau anda tak suka buat akun dan login segala maka mungkin ini tidak menyenangkan, tapi kalau Apk nya memang bagus kenapa tidak kita meluangkan sedikit waktu untuk mengisi beberapa kolom pendaftaran. Apalagi kita bisa memilih jenis software-nya apakah untuk Mac, Windows, Linus, Apple dan lainnya.

Bisa dibilang ini adalah artikel terlengkap yang mengulas Teknik Cara Mengetik 10 Jari dengan Cepat karena semua cara dijelaskan, mulai dari melihat video Youtube, menggunakan aplikasi yang di download lalu di install dalam laptop/komputer PC, hingga latihan dan praktek langsung secara online lewat website. Menariknya lagi karena semua sub penjelasan disedikan berbagai pilihannya yang semuanya dibuat dan diciptakan dari developer berbeda yang tentunya masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan.

Cari Artikel Lainnya