Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Manfaat Tersembunyi dari Bawang Prei

Manfaat Tersembunyi dari Bawang Prei

- Jumat, 01 Maret 2019 | 16:15 WIB
Manfaat Tersembunyi dari Bawang Prei

Bawang prei adalah jenis bawang yang tidak memiliki umbi. Bawang prei memiliki batang yang besar dan tebal dengan daun yang panjang pipih. Terkadang terdapat rongga pada batangnya. Bawang prei merupakan salah satu jenis tumbuhan yang sangat sering digunakan untuk bumbu masakan. Sayuran ini juga sangat serbaguna karena Anda dapat mengolahnya dalam berbagai macam masakan. Bahkan, Anda juga dapat mengkonsumsinya dalam keadaan mentah atau tidak dimasak.Cobalah untuk mengkreasikan berbagai jenis masakan dengan menggunakan bawang prei sebagai bahannya. Tapi, tahukah Anda jika bawang prei mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Mau tahu?

Membantu mengatur gula darah

Bawang prei merupakan gudang allyl propyl dan kromium. Allyl propyl berguna dalam mengurangi kadar glukosa dalam darah, sedangkan kromium mengatur gula darah dan menurunkan tingkat insulin dalam tubuh. Oleh karena itu, bawang prei adalah sayuran yang terbaik untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh Anda.

Meningkatkan kesehatan jantung

Bawang prei merupakan suplemen yang baik bagi jantung. Kromium yang ada dalam vitamin B6 serta belerang bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung Anda. Kromium tidak hanya mengurangi trigliserida dan kolesterol jahat tetapi juga meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh, sehingga melindungi jantung Anda dari berbagai potensi penyakit lainnya. Bawang prei juga mengandung kalium yang berfungsi mengatur tekanan darah. Alhasil, jika kolesterol dan tekanan darah dalam tubuh Anda diatur dengan baik, risiko serangan jantung dan stroke juga bisa diminimalisir.

Membuat tulang kuat

12 gram batang bawang prei mengandung 20 mikrogram vitamin K dan 1,6 mg vitamin C. Kedua vitamin tersebut sangat penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang. Pada wanita khususnya, timbulnya osteoporosis dan kemungkinan patah tulang dapat dicegah dengan mengkonsumsi bawang prei secara teratur.

Membantu untuk mencegah kanker

Ketika Anda mengkonsumsi bawang prei secara teratur, Anda juga menurunkan risiko terkena beberapa jenis kanker. Hal ini karena adanya kandungan flavonoid dalam bawang prei. Quercitin merupakan flavonoid dalam bawang prei yang dapat mencegah perkembangan sel-sel kanker di usus besar, sehingga mengurangi kemungkinan terkena kanker usus besar. Kaempferol dalam bawang prei juga memiliki manfaat yang sangat besar khususnya bagi perempuan karena flavonoid ini menurunkan risiko terkena kanker ovarium hingga mencapai 40 persen.

Membantu dalam mengurangi peradangan

Peradangan atau inflamasi dalam tubuh tenyata dapat diatasi dengan bawang prei. Hal ini karena sayuran ini mencegah terbentuknya enzim yang menyebabkan peradangan di dalam tubuh. Oleh karena itu, mengkonsumsi bawang prei sangat baik karena bersifat anti-inflamasi dan anti-histamin.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Bawang prei merupakan sumber makanan yang kaya akan phytochemical. Zat ini bertugas untuk menjaga sistem kekebalan tubuh serta menghilangkan enzim yang bertanggung jawab untuk penciptaan radikal bebas dalam tubuh manusia. Dengan cara ini, potensi kerusakan jaringan sel dan DNA dapat diminimalisir dengan baik.

Meningkatkan penglihatan

Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan berbagai jenis gangguan penglihatan termasuk kebutaan. Satu tangkai bawang prei mengandung 24 mikrogram vitamin A yang diubah menjadi retinol. Retinol sangat baik bagi kesehatan mata Anda.

Bawang prei merupakan sumber nutrisi penting dan vitamin yang bertanggung jawab untuk kesehatan fungsi mata, jantung serta kesehatan tubuh secara keseluruhan. Terlepas dari cara Anda mengkonsumsinya, Anda tidak perlu ragu lagi tentang manfaat dari bawang prei bagi kesehatan Anda.

 

Cari Artikel Lainnya