Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Manfaat Ampuh dari Tauge untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Ampuh dari Tauge untuk Kesehatan Tubuh

- Kamis, 28 Februari 2019 | 16:00 WIB
Manfaat Ampuh dari Tauge untuk Kesehatan Tubuh

Tauge adalah jenis sayuran yang sangat terkenal di Indonesia. Akan tetapi, siapa yang menyangka kalau kecambah berbentuk kecil ini memiliki banyak manfaat. Diketahui bahwa tauge mengandung vitamin A, B, B1, B6, C, dan K. Selain itu, tauge juga menjadi sumber makanan yang kaya akan magnesium, zat besi, kalsium, fosfor, kalium, asam lemak omega 3 dan mangan. Tauge sangat baik dikonsumsi karena berfungsi sebagai sumber enzim bagi tubuh yang akan membantu tubuh meningkatkan energi.

Berikut ini beberapa manfaat tauge bagi kesehatan:
1. Mencegah Kanker

Salah satu manfaat tauge adalah mencegah kanker. Tauge membantu pengeringan partikel berbahaya dalam usus besar dengan cara menekan kotoran langsung dan meninggalkan usus besar sehingga tidak ada lagi zat beracun dalam kotoran yang tersisa. Selain itu, tauge juga dapat membantu menghindari penumpukan senyawa beracun yang akan meningkatkan risiko kanker.

2. Mencegah Anemia
Anda menderita anemia? Jika iya, mungkin tauge bisa menjadi solusi Anda. Tauge mengandung asam folat yang baik untuk memproduksi asam amino serta sel darah merah. Produksi sel darah merah yang stabil tentunya akan membantu dalam pencegahan anemia atau kekurangan sel darah merah.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Tauge juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara meningkatkan aktivitas sel-sel pembuluh darah. Tauge mengandung antioksidan tinggi yang akan mencegah tubuh dari radikal bebas.

4. Menurunkan Berat Badan
Serat yang terkandung di dalam tauge dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Nah jika Anda mengkonsumsi tauge dengan rutin maka Anda pun bisa mendapatkan berat badan sesuai dengan yang Anda inginkan.

5. Mencegah Serangan Jantung dan Stroke
Seseorang yang menderita stroke dan serangan jantung disebabkan oleh peningkatan kadar lemak darah. Untuk itulah, mereka dianjurkan untuk mengkonsumsi tauge karena dipercaya dapat membantu menghilangkan kolesterol jahat tanpa mengganggu lemak HDL.

6. Mencegah Osteoporosis
Estrogen yang terkandung di dalam tauge akan membantu meningkatkan ketebalan tulang, struktur tulang serta menghentikan kebusukan tulang.

7. Meningkatkan Kesuburan
Tauge dapat meningkatkan kualitas sperma. Kandungan vitamin E di dalamnya, khususnya vitamin E-alpha akan membantu meningkatkan kesuburan pada pria.

Nah, siapa sangka dengan ukurannya yang kecil, tauge mampu memberikan banyak manfaat kesehatan bagi manusia. Untuk itulah, mulai dari sekarang Anda bisa rutin mengkonsumsi tauge untuk mendapatkan manfaat kesehatan.

 

Cari Artikel Lainnya