999 +
0
28
0
5 Beasiswa yang Bisa Digunakan Untuk Kuliah S1 di Luar Negeri!
3 weeks 'ago'

Kuliah ke luar negeri mungkin menjadi salah satu impianmu. Mungkin kamu telah memimpikan untuk bisa kuliah ke luar negeri untuk jenjang sarjana atau S1. Tapi bagi sebagian besar siswa yang baru saja lulus sekolah ada kendala terbesar yang menghantui pikiran. Salah satunya adalah biaya. Yap, biaya menjadi momok terbesar pemupus harapan seseorang yang ingin kuliah ke luar negeri.

Tidak bisa dipungkiri jika seseorang memang perlu mempertimbangkan masalah dan atau biaya kuliah untuk bisa melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Tapi bukan berarti ini menjadi masalah yang tidak bisa dipecahkan lho! Salah satu cara untuk bisa membuatmu tetap kuliah ke luar negeri pada jenjang sarjana adalah dengan beasiswa.

Memang tak banyak orang mengira jika ada beasiswa jenjang sarjana untuk kuliah di luar negeri. Kebanyakan orang berpikir beasiswa tersebut hanya diberikan kepada jenjang post-graduate atau pascasarjana saja. Padahal jika mau jeli ada banyak jenis beasiswa kuliah ke luar negeri untuk jenjang sarjana.

Kira-kira beasiswa apa saja ya yang mau membiayai pendidikan sarjanamu ke luar negeri? Jangan khawatir, kami akan merangkumkannya untukmu.

1. Orange Tulip Scholarships (OTS)

Orange Tulip Scholarships adalah beasiswa yang diberikan khusus kepada warga negara Indonesia yang ingin melanjutkan perkuliahannya di Belanda. Beasiswa ini sendiri diberikan dan didukung oleh perguruan tinggi  dan perusahaan Belanda, serta Pemerintah Indonesia yang tergabung sebagai sponsor. 

Seperti beasiswa lainnya, OTS juga punya daftar perguruan tinggi yang menjadi mitra. Hampir seluruh perguruan tinggi di Belanda memiliki kerja sama dengan OTS ini. Jadi kamu bisa sedikit bernapas lega. Meski begitu, kamu tetap mengecek apakah universitas dan jurusan yang kamu impikan ada di dalam daftar tersebut.

OTS sendiri menyediakan beasiswa untuk berbagai jenjang. Mulai dari jenjang diploma, sarjana, hingga pascasarjana. Skema pembiayaannya pun tak hanya satu macam. Ada beasiswa penuh maupun parsial. Itu semua karena sponsor dari OTS sendiri terdiri dari banyak pihak. Jadi tergantung pihak mana yang akan mau mendanai pendidikanmu di Belanda nanti.

2. Beasiswa Monbukagakusho

Mungkin kamu kurang akrab dengan beasiswa Monbukagakusho. Yap, itu karena beasiswa ini punya nama popular lain yaitu MEXT. Beasiswa ini merupakan beasiswa yang sangat terkenal bagi kamu yang ingin kuliah di negara Jepang. Tepatnya, beasiswa ini merupakan beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Jepang untuk warga negara Indonesia. 

Pilihan jenjang studi dalam beasiswa MEXT ini cukup beragam. Mulai dari jenjang sarjana, diploma, hingga pascasarjana. Jenis beasiswa ini memberikan pembiayaan penuh untuk kuliahmu. Dengan kata lain, MEXT akan memberikan biaya kuliah, biaya hidup, hingga tiket pesawata pulang pergi dari Indonesia ke Jepang. Wah, sangat menarik ya?

3. Beasiswa ISRA

Bagi kamu yang menjadikan Malaysia sebagai negara tujuanmu untuk berkuliah, tidak ada salahnya mencoba beasiswa ISRA ini. Beasiswa ini merupakan beasiswa yang diberikan oleh International Shari’ah Research Academy for Islamic Finance yang berada di Kuala Lumpur, Malaysia. Lembaga ini akan memberikan bantuan pembiayaan kuliah bagi kamu yang menekuni bidang terkait keuangan syariah.

Beasiswa ini dibuka sepanjang tahun atau dengan kata lain tidak ada deadline untuk mendaftar. Ini bisa menjadi sebuah keuntungan bagimu karena akan mematangkan proses persiapanmu. Setelah semua persiapan sudah siap, kamu bisa mendaftar kapan saja. Kemudian, kamu hanya tinggal menunggu email dari pihak ISRA untuk mengetahui kapan jadwal seleksi wawancaramu. Pemberitahuan ini paling lambat diberikan dua bulan setelah kamu mengajukan aplikasi. Jadi, jangan terburu-buru menyimpulkan kamu tidak lolos seleksi administrasinya ya!

4. New American University Scholarship – International

New American University Scholarship – International  adala salah satu contoh beasiswa yang diberikan oleh pihak universitas. Beasiswa ini diberikan bagi kamu yang ingin melanjutkan perkuliahan di Arizona State University, Amerika Serikat. Ada tiga jenis beasiswa yang ditawarkan melalui New American University Scholarship – International. Ketiganya adalah President's Award, Provost's Award, Dean's Award.

Pembiayaan beasiswa ini pun bermacam-macam. Mulai beasiswa penuh, ¾, ½, dan juga kurang dari ½. Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan dengan kemampuan finansialmu. Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan dengan kemampuan akademikmu. Sesedikit apapun beasiswa yang diberikan akan tetap membantu kamu agar bisa kuliah ke luar negeri kok!

5. International Student Academic Performance Scholarship

Sama seperti beasiswa yang sebelumnya kita bahas, International Student Academic Performance Scholarship juga merupakan beasiswa yang diberikan pihak universitas. Universitas yang memberikan beasiswa ini adalah Centennnial College, Kanada. Jadi, bagi kamu yang mengincar universitas yang satu ini bisa segera anacang-ancang untuk mendaftar ya!

Beasiswa yang satu ini ditujukan bagi berbagai jenjang. Mulai dari sarjana hingga pascasarjana. Biasanya beasiswa ini punya deadline. Untuk kelas musim gugur deadline pendaftarannya tidak lebih dari 15 Juli setiap tahunnya. Sedangkan untuk kelas musim semi deadline diadakan pada 15 Oktober setiap tahunnya. Dengan skema dua kali pendaftaran ini bisa membantu kamu untuk mempersiapkan segala persyaratanannya dengan matang. Jadi, tunggu apalagi? Segera siapkan aplikasimu!

Follow Us On :
Ranking
1
2
3
Lencana
Dewi Chusnul Khotimah, S.Pd.SD
Stupid Badges
Dewi Chusnul Khotimah, S.Pd.SD
Good Badges
Kongkow