999 +
0
28
0
Usir Masuk Angin dengan Merendam Kaki dalam Air Dingin
4 weeks 'ago'

Masuk angin memang bukan penyakit yang berat dan biasanya suka sembuh dengan sendirinya. Namun tetap saja, ketika masuk angin tubuh terasa lemah dan tidak nyaman. Akibatnya aktivitas kerja jadi terganggu.

Sayangnya kebanyakan orang suka minum obat dari warung agar masuk angin cepat sembuh. Memang sembuhnya bisa sangat cepat, tapi ada efek sampingnya yang cukup berbahaya untuk jangka panjang. Daripada meminum obat yang tidak jelas, lebih baik gunakan cara lebih aman untuk menyembuhkan masuk angin.

Yaitu dengan merendam kaki dalam air dingin. Kok bisa, bagaimana caranya merendam kaki dalam air dingin bisa menyembuhkan masuk angin?

Seorang dokter asal Rusia, Sergei Bubnovsky, mengklaim bahwa merendam kaki dalam air dingin bisa meningkatkan sistem imun, mengusir masuk angin dan flu dengan cepat.

Begini caranya!

Caranya rendam kaki Anda dalam air dingin selama 10-15 detik sebelum tidur. Meskipun Sergei tidak menyebutkan berapa tepatnya suhu air yang digunakan, cukup saja asalkan air yang digunakan agak dingin.

Untuk bagian kaki yang direndam lebih bagusnya dari lutut sampai tumit, tapi jika tidak memungkinkan cukup sampai pergelangan kaki saja.

Bagi yang memiliki daya tahan tubuh lemah, disarankan untuk merendam kaki 4 jam sekali sesuai kebutuhan.

Metode ini memang belum bisa dibuktikan secara ilmiah, tapi menurut beberapa studi menjelaskan bahwa air dingin memang memiliki efek yang baik bagu tubuh. Salah satunya dapat memicu hormon norepinephrine yang mirip adrenalin.

Hormon tersebut berfungsi merangsang pelepasan glukosa dari cadangan energi dalam tubuh, meningkatkan alirah darah ke otot rangka dan mampu meningkatkan kinerja detak jantung dalam tubuh.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow