Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 6 Bahaya Mendengkur Bagi Kesehatan Tubuh

6 Bahaya Mendengkur Bagi Kesehatan Tubuh

- Kamis, 21 Februari 2019 | 10:24 WIB
6 Bahaya Mendengkur Bagi Kesehatan Tubuh

Mendengkur merupakan salah satu gangguan tidur yang sering dialami banyak orang. Biasanya mendengkur terjadi ketika seseorang tidur terlalu nyenyak.

Ketika tidur kita menarik dan menghembuskan nafas, otot dalam saluran udara akan menyempit, lidah akan bergerak ke belakang mulut menuju saluran aliran udara dan bergetar berlawanan langit-langit mulut yang lunak dan anak lidah.

Semakin nyenyak kita tidur, maka otot-otot akan semakin rileks dan pada kondisi ini tubuh akan berusaha lebih keras menghirup udara. Mendengkur tidak dialami oleh semua orang, hal ini terjadi hanya pada penderita gangguan saluran udara yang melewati hidung dan mulut bagian belakang.

Ada beberapa penyebab mengapa seseorang mendengkur saat tidur, misalnya tidur terlentang, gangguan pada hidung dan tenggorokan, berat badan berlebih, faktor usia, penggunaan obat penenang, perokok atau kelelahan.

Banyak orang mengatakan bahwa mendengkur menandakan bahwa orang itu tidur nyenyak. Padahal sebenarnya mendengkur adalah suatu gangguan tidur yang dapat memicu penyakit-penyakit lain sampai kematian.

Berikut beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan akibat dari mendengkur untuk kesehatan tubuh Anda.

1. Diabetes

Proses metabolisme dalam tubuh akan terganggu ketika mendengkur. Metabolisme yang terganggu mengakibatkan tubuh tidak dapat mentoleransi glukosa dan juga resisten terhadap insulin. Hal ini menyebabkan tubuh tak dapat memanfaatkan insulin dengan efektif dan memicu penyakit diabetes tipe 2 yang berujung kematian.

2. Hypertensi

Hypertensi atau tekanan darah tinggi menjadi salah satu penyakit yang timbul akibat mendengkur. Penelitian mengatakan bahwa semakin sering dan semakin besar gangguan tidur seperti mendengkur maka semakin berat pula tekanan darahnya.

3. Depresi

Seseorang yang mendengkur saat tidur cenderung cepat lelah padahal ia memiliki waktu tidur cukup. Ketika tidur ia harus terbangun beberapa kali karena merasa tak enak pada tenggorokan. Karena kelelahan inilah yang dapat memicu depresi.

4. Stroke

Mendengkur menyebabkan darah menjadi lebih kental yang meningkatka risiko terkena stroke. Semakin sering mendengkur, semakin tinggi risiko terkena stroke.

5. Kerusakan pada otak

Mendengkur dapat merusak bagian otak untuk mengontrol ingatan, tekanan darah dan emosi. Kerusakan ini dapat menjadi kerusakan yang permanen pada otak.

6. Penyakit Jantung

Ketika mendengkur, denyut jantung menjadi tidak beraturan. Hal ini dapat memicu penyakit jantung koroner dan penyakit jantung kongestif.

Cari Artikel Lainnya