0
81
0
Mahasiswa Baru: Hal-Hal yang Harus Dilakukan di Perguruan Tinggi
3 months 'ago'

Semester baru merupakan saat yang dinanti-nantikan oleh para mahasiswa baru untuk segera merasakan bagaimana atmosfer belajar di perguruan tinggi. Ketika sudah memasuki dunia kampus, mereka tentunya akan menemui dan merasakan berbagai hal yang berbeda dari sebelumnya, masa saat melewati masa-masa transisinya dari siswa SMA menjadi mahasiswa. Tentunya ada perasaan bahagia, sedih, khawatir, percaya diri, bingung, atau perasaan lainnya yang mewakili rasa yang dialami oleh mahasiswa baru di awal masa perkuliahannya, khususnya di semester baru. 

Bagi kamu yang saat ini masih berstatus menjadi mahasiswa baru, berikut beberapa tips yang harus kamu ketakui dan lakukan, yang dapat mempermudah kamu saat menjalani hari-harimu. 

1. Kamu tidak perlu membawa segala sesuatu yang kamu miliki saat berangkat ke kampus. Hal ini tentunya berbeda ketika masih duduk di bangku SMP atau SMA, saat kamu harus membawa satu tas ransel besar yang berisi penuh dengan buku-buku pelajaran. Saat kuliah, kamu cukup membawa barang-barang yang menurutmu sangat diperlukan saja.

2. Kamu harus menjadi pribadi yang percaya diri ketika telah menjadi seorang mahasiswa. Hanya saja, kamu harus menjaga diri untuk tidak memiliki musuh di lingkunganmu. Perbanyaklah berteman. 

3. Mulailah untuk membuat kelompok belajar. Kelompok belajar akan membuat belajarmu lebih menyenangkan. Berdiskusi dan menjelaskan hal-hal yang sudah kamu pahami kepada orang lain akan semakin membuatmu lebih memahami dan mengingatnya. Bahkan, ilmu kamupun akan semakin bertambah banyak. 

4. Gunakan sandal ketika ke kamar mandi. Bersihkan kamar mandi ketika selesai menggunakannya dan cuci tanganmu. Kamu harus membiasakan diri unutk hidup bersih.

5. Hubungi keluargamu. Kamu pasti akan sibuk dengan segala aktivitas yang ada, tapi ingatlah bahwa kamu masih punya keluarga yang menunggu kabar darimu.

6. Bereksplorasilah! Kamu cukup beruntung karena bisa tinggal di sebuah kota baru ataupun negara baru. Ada begitu banyak hal baru yang dapat kamu lihat dan amati di sana. Maka, gunakanlah waktu senggangmu untuk menjelajahi dan memahami seluk beluk lingkungan barumu, selain sebagai cara untuk merefreshingkan diri. 

7. Mulailah mendaftar dan ikut kegiatan di beberapa aktivitas mahasiswa. Hal itu akan membantumu menemukan banyak ilmu baru yang tidak akan kamu temukan di bangku kuliah. Selain itu, kamupun dapat menemukan teman baru dan memperluas pergaulanmu. 

8. Rajinlah hadir di kelas. Ada beberapa penelitian yang membuktikan bahwa rajin masuk dan hadir di kelas berkaitan dengan tingkat konsentrasi yang lebih tinggi. Tapi, pada kenyataannya banyak mahasiswa yang mengabaikan hasil penelitian ini dan mereka memiliki kebiasaan buruk malas berada di kelas dan memboloskan diri. 

9. Mulailah untuk mencari tempat magang kerja jika kamu memiliki banyak waktu luang. Jika kamu tidak dapat melakukan itu, maka cobalah untuk mencari pekerjaan paruh waktu. Tapi ingat, jangan sampai kamu mengabaikan dan menjadi tidak fokus dalam perkuliahan karena waktumu yang terbagi untuk bekerja.  

10. Buatlah resume. Jika kamu belum membutuhkannya saat ini, tetaplah untuk membuatnya karena suatu saat kamu pasti akan membutuhkannya, khususnya jika telah menjelang masa ujian. 

11. Sering ke kampus akan memiliki banyak manfaat. Gunakan kesempatan itu untuk meminjam buku di perpustakaan atau menggunakan fasilitas lainnya. 

12. Ingatlah seberapa sering kamu menggunakan jasa binatu atau laundry. Cobalah untuk mencuci sendiri semua pakian dan barang-barang milikmu.

13. Gunakan sepeda. Menggunakan sepeda merupakan salah satu bentuk dukunganmu terhadap program Go Green yang ramah lingkungan. Sebagai mahasiswa, kamu harus memberikan contoh yang baik kepada masyarakat. Selain itu, tentunya dengan bersepeda akan membuat tubuhmu menjadi lebih sehat. 

14. Membawa buku catatan. Buku catatan akan sangat berguna untuk menulis atau merangkum materi dari dosen. Selain itu, kamu bisa menuliskan tugas dan tanggal pengumpulannya di sana.

15. Pelajari keterampilan baru. Keterampilan baru akan lebih meningkatkan kualitas hidupmu. Jadi, gunakan waktu kuliah untuk mengasah keterampilan baru, seperti seni bela diri, menari, paduan suara, dan lain sebagainya.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow