0
47
0
Mau Mendapat Ide Usaha Yang Luar Biasa, Begini Caranya
1 month 'ago'

Siapa sih orang yang tidak mau atau tidak ingin dikaruniai ide ide cerdas dan kreatif yang biasanya cuma dimiliki terutama oleh seorang pengusaha yang telah sukses? Saya rasa kita semua setuju ingin memiliki nya.
Sayangnya mendapat Ide usaha yang kreatif dan berbeda ternyata sangat sulit di dapatkan, sayapun meyakini mereka para enterpreneur sukses, pengusaha kelas kakap dan startup kreatif lainnya membutuhkan kerja keras untuk mendapatkan ide ide brilian-nya.

JADI MENDAPAT IDE USAHA ITU GAK MUDAH MAS YA?

Ya yang pasti yang namanya sesuatu yang berharga itu sudah pasti sulit untuk didapatkan, dan proses yang harus dilaluipun tak semudah membuat mie instan tinggal buka, seduh, bumbu di tambahkan, sajiikan, sudah. Tidak semudah itu.
Dibalik kesuksesan yang besar dan mampu bertahan lama, selalu ada sosok sosok pemikir yang telah melewati jutaan kali brainstorming (badai pemikiran/proses pemikiran panjang). 
Setelah ketemu sebuah ide yang baguspun merealisasikannya nggak kalah sulitnya dengan proses penemuan idenya, nggak percaya saya akan mencoba merangkumkan step by step nya bagaimana sih sebuah ide usaha yang kreatif itu diciptakan. Yuk silahkan baca posting ini sampai selesai, selamat membaca. 

1. Berubah Menjadi Seorang Inspirator

Siapa inspirsi terbesar anda? Apakah orang tua, dosen, saudara, teman, mentor atau mungkin ada orang orang yang telah mengispirasi anda lainnya?
Jika ada berarti anda belum kreatif karena masih terinspirasi dari orang lain.Untuk menjadi kreatif berarti anda harus siap untuk berhenti menirukan orang lain. dan menjadi diri sendiri.

KOK GITU MAS?

Iya itu adalah harga yang harus di tawarkan untuk menjadi kreatif, ingat kratif itu bukan Cuma sekedar pengakuan, misal :
Ada produk A yang pernah anda liat entah dinegara mana, anda buat produk serupa di indonesia, terus orang lain nggak tau kan yang aslinya dan anda di anggap kreatif karena menciptakan hal baru? 
apakah anda sudah kreatif?
Belum, anda masih bergantung dengan ide orang lain, setelah ide itu di tinggalkan saya yakin anda tidak akan mampu membuat sesuatu yang lebih baik atau minimal serupa.
Berbeda dengan orang kreatif, seperti banyak orang besar di luaran sana yang idenya di claim oleh orang lain, mereka akan tetap mampu berkarya menciptakan ide ide baru bahkan yang lebih baik berapa kalipun ide mereka diakui orang lain sebelumnya.

2.Menjadi kreator

Creatif berasal dari kata creat yaitu membuat.
Dan Kreator adalah istilah lain untuk menyebut pembuat, sedangkan “sang” kreator adalah sang Pencipta (saya biasa sebuat dengan tuhan, Allah.SWT).

LOH EMANG PENCIPTA DENGAN PEMBUAT ITU BEDA YA MAS?

Beda lah, kalau mencipta-kan itu adalah membuat sesuatu dari yang semula tidak ada menjadi ada, sedangkan membuat Cuma “membuat sesuatu dari yang semula belum ditemukan, dari materi materi yang sudah ada”.
Nah berdasarkan uraian diatas berarti untuk menjadi seorang yang kreatif artinya kita harus mampu membuat sesuatu yang baru dengan memanfaatkan hal hal yang sudah anda, contohnya :

Sejak tahun 1990-an internet itu sudah ada dan website website itu sudah banyak di luncurkan, tapi akses untuk memperoleh informasi dari website yang ada dan betearan di internet itu yang nggak ada, nah lalu munculan larry page dan serge brin yang akhirnya membuat dan memunculkan sebuah mesin telusur yang tugasnya sebebernya Cuma simpel yaitu menghubungkan para pencari informasi dengan website website penyedia informasi melalui mesin telusurnya yaitu google.
Yang mungkin juga temen temen gunakan browsing sampe akhirnya bisa membaca tulisan saya ini. hehehe

Catatan : 
Sekedar mengingatkan hati hati dalam menjadi kreator dan membuat hal baru dari yang telah ada ya, jangan sampai melanggar hak cipta, Contoh kreator yang salah :

Saya liat banyak penyanyi di negara kita ini yang Cuma sekedar asal comot lagu dari luar terus ganti lirik, bikin sensasi, lagunya terkenal. apakah ini kreatif? Nggak, saya tekankan ini nggak kreatif, karena merugikan orang lain, malah ujung ujungnya banyak dari mereka yang akhirnya kena pelanggaran hak cipta.

3.Diciptakan berulang ulang Hingga menjadi sesuatu Yang Sangat Berguna, dan tidak bisa di tolak keberadaannya

SETELAH IDE DI TEMUKAN APAKAH SELESAI SAMPAI DISINI? 

Belum..
Sama saja dengan mencari ide kreatif dan unik, Untuk Membuat sebuah hal  yang menakjubkan juga nggak kalah sulit. kan logikanya kalau ide itu mudah didapatkan saya yakin sudah di dapatkan orang lain duluan.
jadi untuk dapet ide yang bagus banget kita akan mengalami puluhan sampai ratusan kali trial error, atau istilah kita nya “gagal coba lagi” berkali kali. Sampai pada akhirnya kita ketemu dengan  satu takaran yang fix dan pas banget dengan apa yang kita harapkan. 
Ada beberapa krioteria yang harus dipenuhi, dalam sebuah ide kreatif setidaknya harus terdapat faktor 3D di dalamnya, yaitu  :

  • Di perlukan = Buat apa dibuat kalo emang tidak diperlukan?
  • Di inginkan = Walaupun diperukan orang masih pikir pikir kalau produknya ternyata tidak diinginkan.
  • Di sukai = Ingin sudah pasti suka, tapi suka belum tentu pingin, contohnya : “beli baju”.

4. Jadilah Unik

Unik adalah kata lain dari Berbeda, jadi buatlah sesuatu yang berbeda dari kebanyakan. Berbeda dalam artian yang positif tapi loh ya, jangan malah “nyeleneh”.  
Ingat kita memang lagi membahas tentang membuat sesuatu yang unik dan berbeda tapi harus tetap di fikirkan kita membuat sesuatu itu tujuannya untuk agar bisa di terima. Ingat salah satu faktor 3D diatas kan, yaitu “di inginkan”.

KALO TERNYATA SAYA NGGAK BISA BUAT SESUATU YANG BERBEDA GIMANA MAS?

Gampang kita tinggal membuat lagi dari sesuatu yang telah ada, menjadi sesuatu yang baru tapi dengan kwalitas yang lebih baik.

5.Membuka diri dan bersiap untuk menjadi pemilik ide cemerlang

Sudah tau bagaimana caranya memperoleh ide, sekarang saatnya anda mempersiapkan diri untuk didatangi ide.
Ide itu datang nya bisa datang dari mana aja, terutama lingkungan. Jadi mari mulai dari sekarang membuka diri untuk menjadi orang yang peka terhadap ide ide yang muncul bersliweran.
Seringlah memperhatikan dengan seksama detail keadaan sekitar kita.
Baik saat kita duduk, berjalan, bahkan di kamar mandi sekalipun kita harus siap siap. 

penting juga untuk terus memperluas wawasan dengan banyak banyak bergaul, membaca buku, bersosialisai.
wawasan itu kayak wadahnya ide, jadi untuk siap menampung ide yang banyak kita harus punya wadah yang besar pula. 
Dan jangan lupa yang terpenting, sesekali manfaatkan waktu untuk mendekatkan diri kepada sang kuasa karena Dia sang pemilik dan pemberi ide.

6. Action

sudah dapet ide sekarang saat nya anda terapkan ide ide cemerlang anda ke dalam usaha.
ingat ide hanya akan menjadi sebuah ide siap sia, jika tidak direalisasikian, ide itu gak akan ada harganya kalau kalau belum jadi kenyataan, so tunggu apa lagi..? nanti keburu ide ide usaha anda di rebut orang lain loh..

Mungkin Cuma itu yang bisa saya bagikan kali ini semoga bermanfaat dan sukses dengan ide ide anda.

Follow Us On :
Ranking
1
Lencana
Kongkow