Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Manfaat Ampuh Mendengarkan Musik bagi Kesehatan

Manfaat Ampuh Mendengarkan Musik bagi Kesehatan

- Jumat, 15 Februari 2019 | 09:47 WIB
Manfaat Ampuh Mendengarkan Musik bagi Kesehatan

Salah satu hiburan paling menyenangkan di saat segala aktivitas telah selesai di lakukan yaitu mendengarkan musik. Mungkin Anda setuju dengan pendapat tersebut. Musik memang bisa menjadi salah satu hiburan yang dapat menjangkau berbagai lapisan usia dari anak-anak, remaja dan dewasa serta usia tua. Tapi tahukah Anda, selain sebagai hiburan, mendengarkan musik juga sangat baik untuk kesehatan. Lalu, apa saja manfaat luar biasa musik bagi kesehatan kita?

Berikut beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan mendengarkan musik:
1. Baik untuk kesehatan jantung

Anda mungkin berpikir bahwa musik tidak ada kaitannya dengan jantung. Namun penelitian University Maryland Medical Center menemukan kaitan antara jantung yang sehat dan kebiasaan mendengarkan musik. Penelitian mengungkap bahwa orang yang mendengarkan musik ceria memiliki aliran darah yang lebih lancar hingga 26 persen. Namun jika mereka mendengarkan musik yang sedih, aliran darah akan menurun hingga enam persen.

2. Melindungi pendengaran
Selama ini mendengarkan musik dalam volume keras memang diketahui bisa merusak pendengaran. Namun sebuah penelitian pada tahun 2001 yang dimuat dalam Washington Post mengungkap bahwa orang yang sering bermain musik selama hidup mereka memiliki kemampuan mendengar yang lebih baik. Sama seperti ketika seseorang melatih otot mereka, begitu juga dengan pendengaran yang terlatih untuk mendengarkan musik. Namun tentu saja Anda tetap harus berhati-hati. Jangan mendengarkan musik dalam volume keras, terutama ketika menggunakan headphone.

3. Meredakan sakit
Penelitian di University of Utah Pain Research Center mengungkap bahwa mendengarkan musik bisa membantu partisipan untuk menurunkan rasa sakit dan nyeri. Ini disebut dengan pengalihan, musik ditengarai bisa membuat partisipan melupakan rasa sakit fisik mereka.

4. Memperkuat daya ingat
Berdasarkan penelitian dari Hong Kong, musik bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan otak anak-anak. Partisipan yang mengambil kelas musik diketahui memiliki nilai yang lebih baik dalam tes daya ingat dibandingkan partisipan yang tidak mendengarkan musik.

5. Musik menurunkan stres
Mendengarkan musik setiap sore hari atau ketika berangkat kerja membuat kondisi psikologis seseorang menjadi lebih baik. Berdasarkan penelitian di University of Gothenburg, mendengarkan musik yang disukai setiap hari bisa menurunkan tingkat stres.

6. Membuat otak awet
Berdasarkan survei yang dilakukan pada tahun 2001, orang yang sering mendengarkan musik memiliki otak yang lebih tajam. Penelitian dari University of Kansas Medical Center menemukan bahwa orang yang terkait dengan musik, seperti belajar musik dan terbiasa mendengarkan musik memiliki otak yang lebih awet muda dibandingkan dengan orang yang tidak menyukai musik.

Jangan remehkan kekuatan musik. Mendengarkan musik tidak hanya sekedar hobi atau karier, tetapi juga bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan pikiran dan fisik. Sudah mendengarkan musik apa Anda hari ini?

Cari Artikel Lainnya