Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Inilah 5 Dampak Negatif Bagi Tubuh Kamu Jika Main HP Sebelum Tidur

Inilah 5 Dampak Negatif Bagi Tubuh Kamu Jika Main HP Sebelum Tidur

- Kamis, 14 Februari 2019 | 10:21 WIB
Inilah 5 Dampak Negatif Bagi Tubuh Kamu Jika Main HP Sebelum Tidur

Sulit pastinya ketika kita sudah terbiasa menggunakan smartphone dan harus meninggalkan smartphone tersebut untuk beberapa waktu atau ketika melakukan aktivitas tertentu. Tetapi banyak yang terlalu kecanduan smartphone hingga sebelum tidur pun sempat mengecek smartphone walaupun tidak ada tujuan tertentu dan dalam keadaan gelap pula. Hal ini tentunya sudah menjadi tidak baik jika dilakukan terus menerus.

efek-bahaya-bermain-hp-sebelum-tidur-pada-tubuh-4

Masalah ini disebabkan oleh cahaya biru yang dipancarkan oleh smartphone yang sebenarnya berguna untuk membuat pengguna bisa melihat layar dengan nyaman di bawah sinar matahari. Tetapi dalam penggunaan gelap, cahaya smartphone yang terlalu terang justru tidak baik untuk kesehatan dan malah dapat berbahaya bagi tubuh kamu. Berikut ini beberapa bahaya bermain HP sebelum tidur yang berefek pada tubuh kamu.

Bahaya Bermain HP Sebelum Tidur Pada Tubuh

1. Kelelahan Otak

efek-bahaya-bermain-hp-sebelum-tidur-pada-tubuh-1

Biasanya yang terjadi ketika bermain HP justru membuat kamu lupa waktu dan melewati jam tidur kamu. Hal tersebut membuat otak kamu menjadi lelah dan untuk hari berikutnya akan kesulitan untuk belajar atau bekerja akibat kurang tidur dan otak yang masih lelah untuk beraktivitas.

2. Kerusakan Mata

efek-bahaya-bermain-hp-sebelum-tidur-pada-tubuh-2

Hal ini juga merupakan salah satu kerusakan yang cukup sering terjadi karena terlalu lama menatap layar smartphone dan terpapar cahaya biru dari smartphone membuat retina mata menjadi tegang bahkan beberapa peneliti menyebutkan jika terlalu lama dengan kebiasaan tersebut dapat menyebabkan katarak.

3. Obesitas

efek-bahaya-bermain-hp-sebelum-tidur-pada-tubuh-3

Kurangnya tidur juga menyebabkan terganggunya hormon lain yang mengendalikan rasa lapar. Semakin sering terjaga hingga larut malam maka hormon tersebut akan berupaya untuk selalu memberikan sinyal untuk menambah energi dengan cara rasa lapar. Hal ini berkaitan dengan seringnya makan di jam yang sudah larut malam hingga menyebabkan resiko obesitas.

4. Gangguan Saraf

GANGGUAN-SARAF

Kebiasaan menggunakan smartphone sebelum tidur hingga menyebabkan kamu kurang tidur akan membuat neurotoxin meningkat. Hingga akhirnya menyebabkan akan sulit kamu mendapatkan tidur yang nyenyak atau biasa disebut tidur berkualitas. Tentu saja bahaya menggunakan hp sebelum tidur ini bisa berakibat ke penyakit serius lainnya.

5. Depresi

efek-bahaya-bermain-hp-sebelum-tidur-pada-tubuh-5

Melatonin merupakan hormon yang diproduksi tubuh untuk memberikan tidur yang nyenyak pada tubuh. Tetapi jika melatonin sudah terganggu tentunya akan menyebabkan kamu menjadi kurang tidur. Bahaya bermain hp sebelum tidur ini tentunya dapat menyebabkan depresi jika terlalu sering kurang tidur.

efek-bahaya-bermain-hp-sebelum-tidur-pada-tubuh-6

5 Efek bahaya bermain HP sebelum tidur tersebut dikutip dari TechInsider. Inti dari artikel ini menjelaskan mengapa bahaya main hp sebelum tidur karena pada waktu malam, otak akan siap beristirahat dan memproduksi melatonin. Tetapi dengan adanya cahaya yang ditangkap mata, membuat otak menjadi bingung dan berhenti memproduksi melatonin.

Efek ini membuat kamu susah tidur, insomnia, dan tidak akan mendapatkan tidur yang berkualitas. Jika hal ini terus menerus dilakukan maka dapat mengakibatkan masalah serius lain, contohnya 5 efek bahaya bermain hp sebelum tidur di atas.

Solusinya adalah selalu matikan hp atau jauhkan hp dari jangkauan tangan kamu dan dari kasur untuk mencegah kamu iseng mengecek hp sebelum tidur.

Cari Artikel Lainnya