0
68
0
Inilah Perlengkapan Sekolah yang Digunakan di Zaman Dahulu
2 months 'ago'

igunakan di sabak atau papan tulis kecil milik siswa. Kapur juga digunakan sebagai alat tulis bagi guru di papan tulis kelas. Mungkin Anda masih mengalami dimana guru Anda menggunakan kapur untuk menulis di papan tulis hitam atau blackboard. Sebenarnya hingga hari ini beberapa sekolah masih ada yang menggunakan kapur sebagai alat tulis di papan tulis hitam. Namun sekarang ini kapur sudah kalah popular dari spidol, karena sekolah umumnya sudah memakai whiteboard sebagai papan tulis. Kapur sendiri memiliki variasi warna yang cukup beragam namun  tidak sebanyak spidol. Selain itu penggunaan kapur juga dinilai kotor dan membuat polusi udara kecil di kelas.

Tipe-X Kuas

Tipe-X Kuas

Penggunaan pulpen biasanya digunakan saat Anda sudah berada di kelas 2 atau 3 sekolah dasar. Mulai dari sana Anda membutuhkan benda yang bisa menghapus coretan pulpen seperti penghapus karet membersihkan coretan pensil. Mungkin sekarang jenis penghapus pulpen sudah mulai beragam mulai dari tipe-x umum yang cara pakainya ditekan lalu diarahkan pada objek. Kemudian  jenis yang lebih praktis yang tinggal menggeser saja dengan hasil yang lebih bagus dan rapi. Dibalik itu semua, ternyata tipe-x jaman dulu masih menggunakan kuas kecil untuk memoles coretan dari apa yang Anda tulis. Tipe-x dengan kuas ini lebih mirip mengecat di buku, karena kuasnya seperti kuas untuk mengecat.

Sempoa

Sempoa

Mungkin sekarang di setiap ponsel sudah pasti ada aplikasi kalkulator untuk menghitung. Kini, saat Anda akan menghitung sesuatu Anda bisa menggunakan kalkulator atau kalkulator di posel. Namun jaman dahulu, anak-anak bukan hanya sekedar menggunakan jari sebagai alat untuk menghitung. Namun mereka menggunakan sempoa sebagai alat hitung di sekolah.

Bagaimana menurut Anda jika Anda harus kembali mengalami perlengkapan sekolah yang tidak semudah dan sehebat zaman sekarang? Perlengkapan sekolah jaman dulu jauh lebih sedikit dan kurang efektif jika dipikirkan di zaman sekarang. Namun jika nenek moyang kita tidak menggunakan alat tulis jadul itu, maka mungkin saja kita bisa mengenal yang namanya pensil, pulpen, kalkulator, buku kertas, dan blackboard.

Follow Us On :
Ranking
1
Lencana
Kongkow