Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 5 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Ngerjain Skripsi Tanpa Stress

5 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Ngerjain Skripsi Tanpa Stress

- Selasa, 12 Februari 2019 | 09:24 WIB
5 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Ngerjain Skripsi Tanpa Stress

Tahun terakhir kamu di Universitas Indonesia, bagi sebagian mahasiswa, seringkali dianggap sebagai tahun yang penuh stress dan sangat panas. Harapan-harapan akan berakhirnya kehidupanmu sebagai mahasiswa sangat berdegup kencang. Namun, membayangkan apa yang akan kamu kerjakan dan menyimak gak sedikitnya pejuang yang berjatuhan, seringkali membuat kamu panik dan tidak berpikir jernih. Dan semua itu akan semakin memuncak, saat kamu menyadari bahwa di tahun terakhir ini, ada 1 raja terakhir yang harus kamu lewati… SKRIPSI.

Karena itulah kali ini kami memberikan artikel yang akan membuat skripsi kamu bisa berjalan teratur dan terencana. Setidaknya, bisa mengurangi stress di kepalamu karena gak tau mesti mulai dari mana dan bakal ngerjain apa.

One thing for sure, kamu harus menyadari bahwa kuliah kamu selama tahun-tahun belakangan bukanlah perjalanan lari sprint. Melainkan sebuah maraton, dimana kamu harus melewati berbagai stage dan ragam halang rintang. Dan sekarang hanya tinggal 1 halang rintang besar yang perlu kamu lewati and soon… you will be free… chill’n as you’re in Costa Rica.

Sekarang, jika kamu ingin mengakhiri deritamu yang selalu dihina sebagai mahasiswa tua yang membuat tukang bakso langganan sampai satpam dan tukang parkir kini menjadi Best Friend Forever-nya kamu, maka sadarlah, menyelesaikan skripsi hingga maksimal adalah sebuah keharusan.

Dan berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan jika kamu benar-benar ingin menyelesaikan Si Raja itu.

Planning is the key

Tenangkan pikiranmu, tarik napas dalam, dan tutup matamu via sudutpengetahuan

Tenangkan pikiranmu, tarik napas dalam, dan tutup matamu via sudutpengetahuan

Wets, jangan langsung buka laptop terus buru-buru ngerjain Bab I, tenangkan pikiranmu, simak lingkungan sekitarmu, tarik napas dalam, dan tutup matamu.

Bayangkan secara perlahan, apa masalah yang benar-benar kamu bisa angkat. Jangan angkat masalah yang hanya akan memberatkan kamu. Cari yang sesuai dengan kapasitas kamu, baik dari segi knowledge, referensi, koneksi, dan waktu.

Most students failed karena mereka kebanyakan gegayaan memilih permasalahan yang tidak mereka kuasai. Mereka memilih entah karena isunya lagi ngetrend atau karena temennya juga memilih isu yang serupa. Well, our advice, DON’T DO THAT!

Setelah kamu benar-benar mengetahui apa permasalahan yang diangkat, jangan langsung buru-buru nge-draft dan presentasi ke dospem. Teliti lebih dulu, tulis dalam 1-2 halaman lalu ceritakan apa yang kamu ketahui tentang isu dan permasalahan yang kamu angkat dan tulis juga apa dan kenapa kamu ingin meneliti hal tersebut. Dan setelah itu, baca lagi dan resapi secara mendalam. Yup, tulisan ini bukan buat dospem ataupun kata pengantar, ini hanya akan dibaca oleh kamu sendiri. Ini hanyalah salah satu cara yang bisa membantumu untuk mengetahui apakah kamu benar-benar menguasai permasalahan yang akan kamu angkat atau tidak.

Jika setelah menulisnya kamu merasa gak nyaman atau merasa kurang referensi atau bahkan kamu gak bisa menyelesaikannya dalam 1-2 halaman, maka baiknya kamu ganti permasalahanmu hingga kamu menemukan yang benar-benar sesuai dengan kapasitasmu.

advertisement

Setelah itu, kamu bikin deh, task list apa saja, step by step yang perlu kamu lakukan jika memang kamu mau meneliti sesuatu. Misal, jika kamu memutuskan untuk meneliti Grafologi, maka tentunya mewawancari atau mengobservasi cara kerja grafologis juga harus masuk dalam daftar step by step kamu.

Mulailah menulis step by step dari langkah yang paling sederhana, seperti menulis apa saja benda yang akan kamu butuhkan untuk membantumu menulis dan lainnya. Like they say, one small step for human, one giant leap for the world.

Review your plan

Cek lagi, apakah plan kamu sudah relevan? via youthmanual

Udah nulis bayangan kamu, dan nulis plan step by step harus ngapain dan harus nanya-nanya ke siapa?

Yuk, cek lagi, apakah plan kamu sudah relevan? Apakah kamu melihat ada orang lain yang lebih tepat untuk ditanyai hal-hal tertentu? Jangan takut untuk mengubah plan yang sudah kamu buat, karena plan itu akan kamu gunakan sebagai guidance untuk menyelesaikan skripsimu hingga akhir, so make it more flexible.

Feedback

Second or third opinion akan membantumu untuk melihat permasalahan via astiqie

Udah yakin banget sama every single detail of your plan? Coba kasih unjuk enyakmu, bapakmu, adikmu, teman kosmu, tetanggamu atau siapa pun yang menurutmu relevan.

Biasanya second or third opinion akan membantumu untuk melihat permasalahan dan plan yang kamu buat dari sudut pandang yang berbeda. Ditambah lagi, orang lain akan memiliki memori yang lebih fresh ketimbang kamu yang udah memikirkannya berhari-hari.

Tambahkan setiap saran dan kritik ke plan kamu, tentunya itu akan membuatmu menemukan hal baru atau bahkan cara baru untuk menyelesaikan skripsimu lebih cepat atau bahkan lebih baik dari yang kamu bayangkan.

Tulis

Siapkan draft dan presentasi kamu ke dosen pembimbing via youthmanual

Nge-plan udah, review plan udah, feedback udah, well sekarang siapkan mentalmu, siapkan draft dan presentasi kamu ke dosen pembimbing.

Di saat kamu presentasi, one thing to remind, bahwa kamu presentasi bukan buat keren-kerenan atau gegayaan, melainkan untuk meneliti suatu permasalahan. So, make sure every single thing yang kamu present itu relevan dan saling berkorelasi. Jangan sampai di draft kamu nulis apa, pas presentasi kamu malah ngomongin apa. Yang ada, kamu diminta untuk mikirin judul baru or worst, kamu tiba-tiba udah dikasih judul dan kamu gak ngerti itu barang apaan. So, avoid that situation as possible as you can.

Dan di saat semua di-acc, mulailah menulis. Dan beranikan dirimu untuk revisi, revisi, revisi, revisi, revisi, daaaan revisi.

Olahraga

Skripsi itu menyita waktu, menghabiskan uang, dan yang paling utama, menyiksa tubuhmu via kaskus

Seriusan. Skripsi itu menyita waktu, menghabiskan uang, dan yang paling utama, menyiksa tubuhmu.

Karena kamu harus duduk berjam-jam begadang mengejar tenggat yang sangat amat padat. So, jika kamu gak ingin muncul di hadapan dospem dengan muka terkantuk-kantuk, pastikan setiap pagi kamu berolahraga. Minimal lari-lari kecil keliling gang depan rumah selama 1 jam.

Olahraga, melatih fisikmu untuk tetap prima dan fokus dalam mengerjakan segala sesuatu. Olahraga, juga dapat membuat pikiranmu lebih tenang dan fresh. Karena setiap pagi kamu menghirup udara pagi dan menikmati kenyamanan hidup sebagai manusia seutuhnya.

So, take your time and enjoy your morning exercise.

Demikian tips sederhana dari kami untuk membantu kamu menyelesaikan skripsimu. 

Cari Artikel Lainnya