0
97
0
Gak Melulu Buruk, Stres Juga Bisa Memberikan 5 Manfaat Ini Buatmu!
5 months 'ago'

Pekerjaan menumpuk, problem dengan teman kerja, dan deadline skripsi sering menyiksa dan bikin stres. Stres sering dianggap sebagai emosi negatif akibat ketidakseimbangan tantangan eksternal dengan kemampuan diri untuk menghadapinya. Stres kronis pun sering dikaitkan dengan pola makan tidak sehat, gangguan kulit, ukuran otak yang lebih kecil dan peningkatan risiko terjangkit penyakit kronis.

Menurut Kathleen Gunthert, seorang profesor di bidang psikologi American University, terdapat dua jenis stres. Distress, jenis stres yang berefek negatif dan eustress yang berefek positif pada individu. Tidak seperti distresseustress menimbulkan reaksi positif berupa rasa antusias, kepuasan, dan percaya diri yang distimulasi oleh penyebab stres. Selain itu, stres juga punya manfaat lain, lho!

1. Stres menumbuhkan motivasi

Gak Melulu Buruk, Stres Juga Bisa Memberikan 5 Manfaat Ini Buatmu!

Stres berat cenderung menghambatmu untuk berkegiatan atau berkarya. Kontras dengan stres berat, stres tingkat sedang mampu meningkatkan motivasimu. Misalnya saja stres saat menghadapi seleksi beasiswa.

Stres jenis ini akan memotivasimu untuk menyiapkan performa sebaik mungkin. Kamu juga akan lebih fokus belajar dan menyiapkan semua keperluan dengan penuh semangat demi meraih impianmu. 

2. Meningkatkan fungsi kognitif otak

Gak Melulu Buruk, Stres Juga Bisa Memberikan 5 Manfaat Ini Buatmu!

Stres dalam tingkat sedang akan meningkatkan koneksi antar sel-sel saraf dalam otak yang mampu menguatkan memori dan menambah konsentrasi. Hal ini terbukti saat menghadapi deadline, kamu akan cenderung lebih fokus dan cepat dalam menyelesaikan tugas.

Saat menghadapi tugas yang menantang pun, pikiran akan lebih tercurah pada satu masalah tersebut. Dalam jangka lama, otak akan lebih terlatih dan produktivitas pun meningkat.

3. Stres mampu melatih resiliensi dan percaya diri

Gak Melulu Buruk, Stres Juga Bisa Memberikan 5 Manfaat Ini Buatmu!

Terkadang stres memang terasa berat untuk dihadapi, tapi stres bisa memacu seseorang untuk melakukan penyelesaian masalah yang pada akhirnya menumbuhkan rasa percaya diri dan mengasah keterampilan baru. Stres juga mampu melatih resiliensi karena seseorang yang biasa terpapar stres akan berusaha beradaptasi dan bekerja keras. Lama-kelamaan, resiliensi dan rasa percaya diri pun tumbuh.

Misalnya saat menghadapi tantangan baru di tempat kerja. Awalnya kamu mungkin akan stres dan merasa takut gagal. Namun, kamu akan berusaha menemukan cara untuk menghadapi tantangan tersebut. Pada akhirnya, kamu pun lebih terlatih dan siap menyelesaikan tantangan yang lebih besar.

4. Stres akan membangun hubungan interpersonal yang lebih baik

Gak Melulu Buruk, Stres Juga Bisa Memberikan 5 Manfaat Ini Buatmu!

Saat merasa stres, salah satu respon alami adalah berusaha menemukan orang lain yang bisa membantu atau sekedar mencurahkan isi hati. Secara tidak langsung, kamu akan membentuk interaksi sosial yang menjadi salah satu faktor untuk menjaga kesehatan mental. Seseorang yang mampu berinteraksi dengan orang lain saat stres, akan terhindar dari merasa kesepian.

Interaksi dengan keluarga atau sahabat terdekat ini bisa mempererat hubungan satu sama lain. Saling membantu dan menguatkan selama masa sulit bisa menjadi salah satu solusi yang memperbaiki hubunganmu dengan orang lain. 

5. Hidup akan lebih bermakna bila kita merespon stres dengan positif

Gak Melulu Buruk, Stres Juga Bisa Memberikan 5 Manfaat Ini Buatmu!

Hidup tanpa stres itu membosankan. Tanpa stres, kamu tidak akan berkembang sebagai individu. Tidak ada tantangan yang memacu kita untuk berusaha dan bekerja keras untuk menyelesaikan masalah. Kamu pun akan kehilangan makna hidup dan akhirnya menjadi pribadi yang tidak berkembang.

Bila kamu biasa menghadapi tantangan dan hidup dengan stres, baik itu meraih pekerjaan baru atau berusaha lulus dengan nilai terbaik, kamu akan meraih kepuasan dan kebanggaan. Hidup pun menjadi lebih bermakna karena ada sesuatu yang bisa kamu kenang dan ajarkan untuk anak dan cucu di masa depan. 

Itu dia alasannya kenapa stres tidak selalu berefek buruk. Kebalikannya, dalam tingkat sedang, stres bisa melatih diri menjadi individu yang lebih baik. Jadi, jangan takut keluar dari zona nyamanmu dan nikmatilah sedikit stres dalam hidup, ya!

Follow Us On :
Lencana
Kongkow