999 +
0
32
0
6 Tips Buat Kamu Supaya Menjadi Mahasiswa Baru Yang Cerdas
1 week 'ago'

Hmm.. tahun akademik baru sebentar lagi akan dimulai. apakah kamu termasuk mahasiswa yang baru? wah, jika kamu termasuk mahasiswa baru, kali ini saya akan membahas 6 Tips menjadi mahasiswa baru. Ya, mahasiswa memang sedikit berbeda jika di bandingkan dengan keadaan saat masih di bangku SMA. Lingkungan baru, teman teman baru, sistem pembelajaran yang baru mungkin saja membuat kamu bngung karna berbeda dengan sistem waktu Sma ya.

Nah, kali ini kita akan membahas 6 tips menjadi mahasiswa baru namun, artikel ini bukanlah bermaksud untuk mengajarkan kepada teman teman. melainkan ini hanya merupakan sekumpulan pendapat saja, dan inilah beberapa tips menjadi mahasiswa baru yang ideal.

1. Rumuskan Cita cita Kamu

Tujuan kamu kulliah apa? mengejar cita cita mungkin merupakan salah satu tujuan kuliah kita. awal masa perkuliahan merupakan titik awal yang sangat menentukan masa depan kuliah kamu. merumuskan kembali cita cita kamu adalah hal yang sangat penting sebagai awal kesuksesan kamu di universitas. jika mungkin awalnya kamu kesulitan menentukan pilihan program studi kamu, maka cita cita akan sangat membantu kamu dalam memilih program studi yang tepat. jika sudah dapat program studi yang cocok, sekarang kembali berpikir, jika kuliah sudah selesai, saya akan menjadi apa? agar tidak salah, rumuskanlah kembali cita cita kamu sejak awal. Okeyy.

2. Targetkan IP Kamu Sejak Awal

Sebagai mahasiswa baru, mungkin kamu belum mengenal yang namanya apa sih IP itu? Apakah sama dengan raport? Tentu berbeda. IP adalah singkatan dari indeks prestasi, hasil akademik kamu selama satu semester. ada juga dikenal istilah IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) yang merupakan gabungan IP IP setiap semester. sebagai mahasiswa baru, menargetkan IP sejak awal akan sangat membantu kamu menjadi mahasiswa yang hebat. sesuaikanlah dengan cita cita yang sudah kamu rumuskan, jika kamu ingin lanjut di program S2 yang berkualitas, maka IP tinggi adalah harga mati. tapi jika kamu hanya ingin menjadi seorang politikus, yang lebih suka berorganisasi, yang kupu-kupu (kuliah pulang-kuliah pulang) atau kutu-kutu (kuliah tugas-kuliah tugas), IP Yang secukupnya saja gak masalah, asalkan lulus tentunya.

3. Pandai Memilih Teman Baru

Memilih teman juga merupakan kunci keberhasilan kamu dikampus. memilih teman, berarti kamu memilih masa depan kamu. yakin saja, kamu akan kesulitan menjadi mahasiswa hebat jika kamu tidak berteman dengan orang orang yang hebat. begitu pula sebaliknya, kamu akan kecipratan ilmu jika kamu berteman deengan orang orang yang rajin belajar. ya, pilihlah teman baru yang baik, berkualitas, karena itu sedikit banyak akan sangat mempengaruhi pribadi kamu. sekali lagi, memilih teman, berarti memilih masa depan. Tapi jangan terlalu apatis okey.

4. Jangan Gegabah Mengikuti Organisasi

Organisasi memang penting buat kita. apalagi dikampus, begitu banyak organisasi bermacam jenis yang kamu dapat temukan. dalam mengikuti organisasi, sebaiknya kamu pertimbangkan dulu, jangan gegabah. kembali ke tujuan awal kamu, apakah kamu ingin mendapatkan IP tinggi? waktu belajar wajib ada buat kamu, oleh karenanya, pilihlah organisasi yang sekiranya tidak mengganggu waktu belajar kamu.

5. Jangan Cepat Down

Dalam dunia kampus, memang sering terjadi masalah masalah yang sangat tidak terduga sebelumnya. begitu banyak kesulitan kesulitan yang kamu akan hadapi. tapi sebaiknya kamu tetap tenang, anggap saja kesuitan kesulitan kamu itu sebagai pelatihan akan diri kamu yang terus berkembang dan suatu proses untuk menjadi dewasa. ingat, seseorang bisa menjadi hebat, karena banyak belajar dari masalah. oleh karenanya, jadikanlah masalah sulit kamu sebagai guru yang sangat berharga bagi kamu menuju arah perbaikan. jika kamu selalu mendapatkan yang ampang gampang saja bahasa kasarnya kurang greget, maka kamu tidak akan berkembang. kemampuan kamu akan segitu saja tidak ada perkembangan, jadi, tetaplah tenang dalam menghadapi masalah yang sulit sekalipun.

6. Bersenang senanglah Sesekali

Hmmm.. Sebagai mahasiswa baru, kamu mungkin sangat merasakan perbedaan antara cara belajar kamu waktu SMA/SMK dengan cara belajar di dunia kampus. begitu banyak tekanan yang akan kamu hadapi dalam masa perkuliahan awal kamu, mulai dari tugas tugas yang menumpuk, jadwal ujian yang padat, aktivitas organisasi yang bertabrakan dengan jam kuliah, dan lain lain. saat pressure begitu banyak, kamu tentu saja memerlukan kegiatan bersenang senang atau refresing sejenak untuk melemaskan otak . tapi, cobalah kegiatan fun yang berbeda dari kebiasaan kamu waktu SMA. jika wakru SMA kamu suka bersenng senang di mall, maka sekarang cobalah melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat, misalkan olahraga, mendaki gunung dan lain lain.

Follow Us On :
Lencana
Sandrina M.Drone
Good Badges
Kongkow