0
20
0
Ini Dia Kunci Sukses bagi Wirausahawan Muda!
2 weeks 'ago'

Membangun bisnis saat usia masih muda? Kenapa tidak! Usia bukan penentu dalam memulai sebuah bisnis. Meskipun Anda tergolong muda, Anda memiliki kesempatan yang sama dengan orang dewasa untuk memulai sebuah bisnis.

Berbisnis di usia belia membutuhkan sejumlah persiapan dan rencana. Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai tips untuk membuka usaha di usia muda.

Prinsip 3M

Lena Thong, CEO sebuah perusahaan penyedia jasa kantor siap pakai, menggunakan prinsip 3M dalam berbinisnya, yaitu Mau, Mampu, Money. Menurutnya, bagi anak muda yang ingin mendirikan sebuah bisnis, perlu mengecek 3 faktor yaitu Kemauan, Kemampuan, dan Modal. Selain itu, Anda perlu tahu dan menguasai bidang yang Anda geluti dalam bisnis, harus memanfaatkan peluang, dan memiliki passion atau kemauan keras untuk berbisnis.

Miliki mental juara

Seorang pemenang bisa menjadi pemenang suatu waktu, tapi belum akan memiliki kemenangan tersebut kembali. Hanya seorang juara yang mampu meraih kemenangan, lagi dan lagi. Begitu juga dalam menjalankan sebuah bisnis, kita harus siap menghadapi pertandingan dan perjuangan tiada henti.

Kenali tujuan bisnis

Salah satu kunci sukses dalam bisnis adalah menentukan dan membayangkan puncak bisnis Anda. Sehingga, ketika kita sudah memiliki fokus tanpa disadari segenap potensi yang kita miliki akan tercurah pada tujuan tersebut.

Jika Anda suka kenali kunci sukses untuk berbisnis, berikut ini contoh - contoh bisnis yang bisa Anda terapkan sebagai calon wirausahawan muda:

Servis reparasi komputer

Bagi anda yang mencintai elektronik, inilah pekerjaan sambilan yang cocok sembari bersekolah. Daripada anda hanya membetulkan alat-alat elektronik dirumah saja, lebih baik anda juga menawarkan jasa tersebut kepada tetangga disekitar rumah, ataupun pihak sekolah dan kampus.

Berjualan kue kering

Remaja umumnya suka camilan ringan untuk menemani mereka dalam mengerjakan tugas, atau belajar dalam menghadapi ujian kampus. Merupakan peluang yang sangat cemerlang bagi anda untuk membuka sebuah usaha kue kering atau camilan lainnya seperti keripik kentang.

Penulis freelance

Apabila anda suka menulis namun tidak ingin menjadi seorang blogger, anda juga dapat menjadi seorang penulis freelance.

Toko online

Inilah usaha yang paling diminati oleh para remaja bahkan sekarang oleh seluruh orang. Cara memulai usaha ini sangat mudah. Tidak perlu memerlukan modal apapun, cukup sebuah ponsel dan koneksi internet, maka anda dapat membuka usaha ini.

Guru les private

Ini pekerjaan cocok bagi anda yang memiliki IP tinggi atau pintar dalam pelajaran tertentu. Umumnya, guru yang paling dicari adalah guru matematika, fisika, kimia, ekonomi, dan bahasa. Pelajaran inilah yang biasanya menjadi batu sandungan bagi para murid-murid.

Follow Us On :
Ranking
1
Leen
20
2
Ummi
-5
3
4
Lencana
Kongkow