999 +
0
64
0
6 Tips dan Trik Liburan Murah ke Luar Negeri
3 months 'ago'

1. Berangkat Saat Musim Dingin

Apabila destinasi liburan Anda berada di negara empat musim maka waktu terbaik untuk berangkat adalah saat musim dingin tiba. Kenapa? Karena harga tiket pesawat dan biaya penginapan sangat murah, sehingga Anda bisa menghemat 50% dibandingkan saat liburan di musim panas.

Musim dingin biasanya berlangsung selama 2-3 bulan. Jika Anda ingin merasakan sensasi udara yang menusuk hingga ke tulang rusuk, bulan kedua di musim dingin adalah waktu terbaik untuk berangkat.

2. Menukarkan Poin dengan Promo Menarik

Apakah Anda menggunakan kartu kredit? Jika ya, giatlah mengumpulkan poin kartu kredit. Poin yang sudah terkumpul dapat Anda tukarkan dengan berbagai promo menarik, termasuk promo untuk mendapatkan potongan tiket pesawat terbang.

Selain promo tiket pesawat, Anda juga berkesempatan untuk menikmati diskon untuk hotel dan tempat makan selama berada di negara yang dikunjungi. Dengan demikian, Anda dapat memangkas pengeluaran menjadi lebih kecil.

3. Mengajak Orang Lain Liburan Bersama

Ternyata yang suka traveling bukan cuma Anda, tapi juga orang lain yang ada di luar sana. Bagaimana kalau Anda mengajak mereka untuk liburan bersama-sama? Dengan cara ini, Anda dapat liburan dengan budget yang terbatas.

Semakin banyak orang yang berhasil diajak maka pengeluaran akan semakin kecil. Jika teman atau kerabat Anda tidak mau liburan bersama, Anda bisa bergabung ke komunitas backpacker. Selain seru-seruan bersama, liburan bersama para backpacker sangat baik untuk memperluas jaringan pertemanan di kalangan traveller.

4. Menjadi ‘Pemburu’ Fasilitas Gratis

Ada beragam fasilitas gratis yang bisa Anda manfaatkan di luar negeri seperti fasilitas isi air gratis atau Wi-Fi gratis. Jangan malu menjadi ‘pemburu’ fasilitas gratis ini. Dengan memanfaatkan fasilitas gratis, pengeluaran Anda selama di luar negeri akan berkurang hingga 20%-30%.

Apabila pengeluaran yang seharusnya sebesar Rp 20 juta, namun dengan pemanfaatan fasilitas gratis dengan baik maka uang yang dikeluarkan menjadi Rp 15 juta. Lumayan kan Rp 5 jutanya bisa Anda simpan untuk traveling dilain waktu.

5. Menabung dengan Biaya Administrasi yang Kecil

Bagi Anda yang sering mengalami kesulitan saat menabung, buatlah rekening tabungan yang baru dengan sistem auto-debit. Pada saat tanggal gajian tiba, perusahaan akan otomatis memotong gaji Anda untuk ditabung, sehingga jumlah gaji yang diterima tidak sama dengan jumlah semula.

Tetapi, pastikan bank yang Anda pilih hanya mengenakan biaya administrasi bulanan yang kecil. Alhasil, uang yang ditabung di rekening kelihatan jumlahnya.

6. Menetapkan Budget Selama di Luar Negeri

Sebelum Anda berangkat ke luar negeri, tetapkan berapa budget per hari yang akan dihabiskan selama di luar negeri. Apakah itu Rp 200 ribu per hari atau lebih. Dengan menetapkan budget, Anda memiliki gambaran kasar mengenai besar kecilnya uang yang akan dihabiskan selama liburan berlangsung.

Apabila negara yang dituju memiliki biaya hidup yang tinggi, Anda perlu melakukan penghematan. Salah satunya dengan memasak makanan sendiri.

4 Negara Termurah yang Bisa Anda Kunjungi

laos

1. Laos

Negara seperti Laos menawarkan biaya hidup yang lebih rendah dibandingkan negara di Asia Tenggara lainnya. Di negara ini, Anda hanya perlu mempersiapkan Rp 140 ribuan per hari untuk biaya penginapan dan makan selama 2 kali sehari.

2. India

Salah satu negara dengan penduduk terbanyak di dunia yaitu India juga menawarkan biaya hidup yang ramah di kantong Anda. Biaya yang dibutuhkan setiap hari hanya sebesar Rp 130 ribuan yang didalamnya sudah termasuk biaya penginapan, biaya makan 2 kali sehari dan biaya untuk membeli aneka snack.

3. Irlandia

Beberapa tahun terakhir, biaya akomodasi ke Irlandia sudah semakin murah. Bayangkan saja, biaya penginapan di hostel hanya 6 US Dollar atau Rp 90 ribu saja per hari. Namun, biaya makan sedikit lebih mahal. Jadi Anda harus pintar-pintar memilih makanan yang on budget ya!

4. Hungaria

Negara sekelas Hungaria juga menawarkan biaya liburan murah! Biaya penginapan di Hungaria dihargai sebesar Rp200 ribu per malam. Biaya ini jelas jauh lebih murah jika dibandingkan dengan biaya penginapan di negara Benua Eropa lainnya.

Sudah Siap Liburan?

Sebelum liburan, lakukan persiapan dengan matang agar liburan Anda kali ini menjadi lebih berkesan dan tentunya lebih hemat. Rencanakan mulai dari penginapannya, tanggalnya dan uang cash yang harus disiapkan. Jika menggunakan kartu kredit khusus untuk traveling, jangan lupa untuk mengecek promo apa yang disediakan oleh kartu kredit Anda di tempat liburan yang akan dikunjungi.

Follow Us On :
Ranking
1
Lencana
Kongkow