999 +
0
73
0
Catat, Inilah Turnamen Bulu Tangkis di Bulan Februari 2019
3 months 'ago'

Tahun 2019 sudah memasuki bulan kedua. Januari berganti Februari. Dan, bagi para pebulu tangkis top dunia, Februari merupakan 'bulan jeda'. Termasuk bagi pebulu tangkis top Indonesia. Ya, setelah tampil berjibaku di beberapa turnamen BWF World Tour selama Januari, pebulu tangkis senior akan sejenak rehat.

Namun, bukan berarti Februari sepi turnamen. Ada beberapa turnamen BWF yang digelar. Diantaranya dua turnamen di Eropa. Meski PBSI memprioritaskan pemain-pemain muda dan pelapis di Pelatnas yang akan turun karena turnamennya memang levelnya Super 300 dan International Challenge, tetapi beberapa pemain utama juga tampil, meski jumlahnya tidak banyak.

Berikut beberapa turnamen bulu tangkis selama Februari 2019.

1. Iran Fajr International Challenge 2019 jadi turnamen pembuka di awal Februari

Catat, Inilah Turnamen Bulu Tangkis di Bulan Februari 2019

Kejuaraan bulut angkis di bulan Februari akan dibuka dengan turnamen Iran Fajr International Challenge 2019. Turnamen level International Challenge ini akan digelar di Theran, Iran mulai 4 Februari hingga 7 Februari 2019. Iran Fajr International 2019 hanya akan memainkan empat nomor, yakni tunggal putra dan tunggal putri serta ganda putra dan ganda putri. Tidak ada sektor ganda campuran.

Dikutip dari bwftournamentsoftware, beberapa pemain Pelatnas Indonesia masuk dalam daftar unggulan (seeded). Diantaranya dua pemain tunggal putra, Firman Abdul Kholik dan Chico Aura Dwi Wardoyo yang menjadi unggulan 1-2 di sektor tunggal putra.

Menjadi unggulan, Firman atau Chico diharapkan bisa meraih gelar dan mennjadi tunggal putra pertama yang meraih gelar di tahun 2019 ini. Sementara di nomor tunggal putri, beberapa pemain Indonesia yang tampil yakni Bening Sri Rahayu, Choirunnisa dan Aurum Oktavia Winata.

2. Barcelona Spain Masters 2019 jadi pembuka tur Eropa di bulan Februari

Catat, Inilah Turnamen Bulu Tangkis di Bulan Februari 2019

Di pertengahan Februari, pemain-pemain Indonesia akan tampil di turnamen Barcelona Spain Masters 2019 yang digelar di Barcelona, Spanyol pada 19 Februari hinga 24 Februari 2019. Merujuk pada level turnamen yang merupakan BWF World Tour Super 300, ada beberapa pemain utama Indonesia yang ikut tampil di turnamen ini.  

Dikutip dari badmintonforum, Indonesia akan menurunkan 11 pemain di turnamen berhadiah 150 ribu dolar ini. Diantaranya beberapa pemain pelatnas utama seperti Fitriani dan Ruselli Hartawan di tunggal putri. Lalu pasangan Ni Ketut Mahadewi/Rizki Amelia Pradipta di ganda putri. Pasangan yang mendapat prioritas berjuang tampil di Olimpiade 2020 ini menempati unggulan 5.

Sementara di ganda campuran, Tontowi Ahmad setelah ditinggal pensiun Liliyana Natsir, rencananya akan tampil berpasangan dengan pasangan barunya, Winny Octavia. Ini akan menjadi debut bagi keduanya bermain bersama.

3. German Open 2019 menjadi penutup turnamen di bulan Februari

Catat, Inilah Turnamen Bulu Tangkis di Bulan Februari 2019

Setelah dari Barcelona, pemain-pemain Indonesia akan melanjutkan tur Eropa. Mereka akan tampil di turnamen German Open 2019. Turnamen BWF World Tour Super 300 yang menjadi penutup di bulan Februari ini akan mulai digelar pada 26 Februari. Ada lebih banyak pemain Indonesia yang akan tampil di turnamen yang telah digelar sejak 2001 ini.

Dikutip dari badmintonforum, Indonesia akan menurunkan 16 wakilnya. Wakil terbanyak ada di tunggal putri, ganda putri dan ganda campuran. Di tunggal putri, Gregoria Mariska akan ikut tampil, menyusul Fitriani dan Ruselli Hartawan yang sebelumnya sudah tampil di Spain Masters sebagai pembuka tur Eropa.

Sementara di ganda putri, Indonesia tampil dengan kekuatan terbaik dengan menurunkan Greysia Polii/Apriani Rahayu dan Ni Ketut/Rizki Amelia serta Della Destiara Haris/Tania Oktaviani. Juga di ganda campuran, dua pasangan yang diprioritaskan tampil di Olimpiade 2020, Hafiz Faizal/Gloria Widjaja dan Praveen Jordan/Melati, juga akan tampil.

4. Pebulu tangkis top Indonesia tampil di Kejuaraan Beregu Djarum Superliga Badminton 2019

Catat, Inilah Turnamen Bulu Tangkis di Bulan Februari 2019

Selain tiga turnamen internasional tersebut, di Indonesia juga akan digelar kejuaraan bulu tangkis Djarum Superliga Badmiton 2019. Kejuaraan beregu ini akan digelar di GOR Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Bandung, Jawa Barat pada 18-24 Februari 2019 mendatang.

Dikutip dari badmintonindonesia.org, deretan pebulu tangkis top Indonesia dipastikan turun untuk memperebutkan total hadiah sebesar 300 ribu dollar AS. Diantaranya Kevin Sanjaya Sukamuljo, Marcus Fernaldi Gideon, Hendra Setiawan, Mohammad Ahsan, Greysia Polii, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie.

Tak hanya itu, pebulu tangkis top luar negeri juga akan tampil seperti Sai Praneeth (India), Lee Yong Dae (Korea), Vladimir Ivanov (Rusia), Zhang Beiwen (Amerika Serikat) dan Li Michelle (Kanada). Mereka akan tampil membela klub masing-masing.

Tahun ini, sebanyak 13 klub yang akan bertanding di Djarum Superliga Badminton. Ke-13 klub yang bertanding ialah Djarum Kudus, Jaya Raya Jakarta, Berkat Abadi, Musica, Daihatsu Astec, Mutiara Cardinal Bandung, Jatim United, Tiket.com Champion Klaten, Samurai Japan Reptiles, Sports Affairs Malaysia, Hitachi Japan, Grabular Thailand dan Saishunkan Unisys Japan.

Merujuk pada komposisi pemain yang diturunkan di turnamen BWF World Tour di bulan ini, pemain-pemain Indonesia berpeluang meraih gelar di bulan Februari ini. Utamanya di sektor tunggal putri, ganda putri dan ganda campuran karena menurunkan kekuatan terbaik.

Follow Us On :
Ranking
1
Lencana
Kongkow