0
30
0
Sering Bangun Siang Berbahaya Gak Sih? Ternyata Ini 6 Faktanya
2 weeks 'ago'

Kebiasaan bangun tidur orang itu terbagi hanya menjadi dua, yakni mereka yang selalu bangun pagi tiap hari atau mereka yang sering bangun di siang hari. Nah kamu mungkin sudah tahu bahwa bangun pagi itu banyak manfaatnya. Namun bagaimana dengan bangun siang? Apalagi saat akhir pekan cenderung membuat kamu bangun lebih siang lagi.

Banyak juga sih yang bilang kalau bangun siang itu bahaya buat kesehatan kamu. Tapi, sebenernya ini fakta atau bukan sih? Nah, buat kamu yang ingin cari tahu, yuk simak faktanya dulu berikut ini!

1. Kebiasaan bangun tidur kamu berasal dari genetik dan sangat sulit untuk diubah

Sering Bangun Siang Berbahaya Gak Sih? Ternyata Ini 6 Faktanya

Mungkin kamu berpikir bahwa orang yang bangun siang itu cenderung malas bangun pagi. Padahal sebenarnya ini bukan kemauan mereka lho. Tubuh manusia memiliki ‘jam’ masing-masing yang berbeda tiap orang. Sebagian besar manusia di bumi memiliki jam tubuh yang dikategorikan normal, yakni orang yang tidur dan bangun antara jam 11 malam hingga jam 7 pagi.

Sementara itu, ada segelintir orang yang tubuhnya baru mulai aktif di siang dan sore hari. Orang-orang ini umumnya baru bisa tidur di pagi hari sekitar jam 2 atau 3, dan baru bisa bangun antara jam 10-11 pagi.

Nah, kebiasaan ini berasal dari genetik masing-masing orang yang tidak bisa diubah begitu saja. Ketika mereka dipaksakan harus bangun pagi sementara jam tidur mereka hanya sedikit, risikonya bisa berpengaruh ke kondisi kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes, atau obesitas.

2. Orang yang aktif di malam hari lebih kreatif

Sering Bangun Siang Berbahaya Gak Sih? Ternyata Ini 6 Faktanya

Guys, apakah kamu merasa di malam hari kamu sering dipenuhi ide-ide kreatif yang siap kamu tuangkan ke dalam sebuah karya? Yap, banyak orang yang bangun siang disebabkan karena ia baru bisa tidur di pagi harinya. Eits, tapi kebanyakan orang memakai waktunya di malam hari untuk menuangkan ide kreatifnya lho. Pasalnya, sebuah studi menunjukkan bahwa mereka yang cenderung aktif di malam hari memiliki kemungkinan untuk lebih kreatif dibanding mereka yang aktif di pagi hari.

3. Bangun siang terkadang membuat orang lebih malas-malasan

Sering Bangun Siang Berbahaya Gak Sih? Ternyata Ini 6 Faktanya

Kebiasaan sering bangun siang memang kerap membuat orang lebih sering bermalas-malasan. Gak jarang karena tahu ia sudah bangun siang, ia jadi menyepelekan waktu dan tidak semangat untuk menjalani aktivitas. Meski tidak selalu, biasanya momen ini paling sering kejadian di akhir pekan, misalnya di Minggu siang. Kamu kayak gini juga?

4. Merasa tidak nyaman saat bangun siang

Sering Bangun Siang Berbahaya Gak Sih? Ternyata Ini 6 Faktanya

Sebetulnya, bangun siang tidak akan mempengaruhi kesehatan karena sejatinya kamu telah tidur dan bangun sesuai dengan kemampuan tubuh kamu. Namun saat kamu bangun siang, mungkin kamu akan mengalami tidak nyaman yang disebabkan karena banyak faktor, misalnya karena kamu merasa waktumu terbuang cukup banyak.

5. Bangun pagi tidak akan membuat kamu kerja lebih efektif

Sering Bangun Siang Berbahaya Gak Sih? Ternyata Ini 6 Faktanya

Pasti kamu pernah mendengarkan perkataan semacam ini yang menyebutkan semakin pagi kamu bangun, maka kamu akan semakin produktif. Kenyataannya tidak semudah itu. Jika kamu terus memaksakan diri untuk bangun pagi dan kerja lebih awal, semakin lama kamu akan  kehilangan banyak waktu tidur.

Ada yang harus kamu bayar atas hal ini, yakni kesehatanmu: risiko diabetes, penyakit jantung, hipertensi, depresi, mudah lelah, dan masih banyak hal lainnya. Di lain pihak, walaupun kamu bangun siang, selama kamu memiliki kualitas tidur yang baik hal itu akan membuat kinerja kamu lebih efisien dan meningkatkan kualitas hidup.

6. Banyak orang yang buktikan mereka bisa sukses tanpa bangun pagi lho!

Sering Bangun Siang Berbahaya Gak Sih? Ternyata Ini 6 Faktanya

Ada pepatah yang menyebutkan kalau ‘orang sukses itu bangunnya pagi.’ Faktanya? Gak juga kali! Ada beberapa orang yang mengkategorikan dirinya sebagai ‘morning person’ dan ada juga mereka yang berasal dari golongan ‘evening person.’ Mulai dari CEO hingga pemimpin dunia, banyak yang memiliki kebiasaan untuk mengawali hari di siang hari, bahkan beberapa di antaranya baru mulai aktif di malam hari. Karena pada dasarnya setiap orang memiliki jam biologis yang berbeda-beda.

Itu lah tadi beberapa fakta mengenai kebiasaan manusia dalam aktivitas tidur-bangunnya. Bagaimana dengan kamu? Termasuk yang bangun pagi atau siang nih?

Follow Us On :
Lencana
Sandrina M.Drone
Good Badges
Kongkow