999 +
0
94
0
Trik Ampuh Memotivasi Anak untuk Belajar Lebih Baik
3 months 'ago'

Motivasi merupakan hal yang begitu penting. Sebab bersama dengan motivasi, seseorang akan terpacu untuk meraih dan menggapai prestasi dalam hidupnya. Berbeda dengan orang dewasa yang dapat dengan mudah mengatasi kurangnya motivasi, anak-anak memiliki kesulitan yang cukup besar dalam mendapatkan inspirasi jika tidak ada dorongan atau motivasi dari orang tertentu yang dapat mereka percayai. Anda mungkin pernah mendapati anak Anda mendapatkan nilai yang tidak diharapkan, padahal Anda tahu anak Anda bisa mendapatkan nilai yang lebih baik. Kekhawatiran seperti ini dapat dimengerti, mengingat kenyataan setiap orangtua yang selalu menginginkan dapat memberikan anak mereka masa depan yang lebih baik serta pendidikan yang lebih tinggi agar nantinya ia bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuannya.

Lantas apa yang akan terjadi jika anak Anda mengalami malas belajar? kekhawatiran kondisi anak yang malas dapat berlanjut mungkin akan terus menghantui Anda setiap saatnya. Untuk itu satu-satunya cara agar anak mau belajar adalah peran orang tua yang dapat mengupayakan segala cara agar semangat anak untuk belajar bisa kembali hadir. Cara memotivasi anak biasanya berbeda-beda, tergantung bagaimana pola didik orangtuanya.

Berikut beberapa trik memotivasi anak untuk belajar lebih baik:
1. Membangun hubungan yang baik dengan anak

Orang tua harus menjadi orang yang paling berpengaruh bagi anak-anak mereka. Sayangnya, banyak orang tua yang mengandalkan ancaman, hukuman dan manipulasi untuk mendapatkan otoritas atas anak-anak mereka. Metode ini pasti hanya akan merusak hubungan Anda. Tidak peduli seberapa marah atau frustrasi Anda, usahakan untuk tidak menampilkan emosi-emosi tersebut di depan anak. Sesering mungkin lakukan dialog terbuka dengan anak Anda. Percakapan seperti ini akan membuat anak dapat dengan mudah berbagi pikiran dengan Anda tanpa takut dikritik dan dihukum. Anak-anak sering ingin tahu tentang berbagai hal dan mereka dapat dengan mudah termotivasi ketika mereka memahami segala sesuatunya.

2. Meneliti kepribadian anak
Setiap anak membutuhkan pendekatan yang berbeda, itu sebabnya Anda harus memberi perhatian dan mengawasi setiap detail tentang karakter dan temperamen anak Anda. Misalnya, apakah mereka memeiliki kepribadian yang introvert atau ekstrovert. Anda juga harus memperhatikan periode ketika anak Anda menjadi lebih energik dan ceria. Beri anak waktu yang cukup untuk beristirahat sebelum meminta mereka untuk belajar.

3. Libatkan permainan dalam belajar
Trik ini sangat penting khususnya bagi anak-anak kecil. Mereka hanya dapat berkonsentrasi selama 10 hingga 15 menit dan lebih cepat lelah. Itulah mengapa Anda harus memikirkan bagaimana caranya agar Anda dapat membuat anak untuk belajar lebih baik. Cobalah menggunakan alat tulis bergambar karakter kartun dengan pena berwarna-warni, ini akan menarik perhatian anak Anda. Namun ingat untuk memberi jeda dari waktu ke waktu agar anak tidak bosan.

4. Fokus pada poin yang kuat
Sulit untuk menjadi sempurna dalam segala hal bahkan untuk orang dewasa, apalagi bagi anak-anak. Dengan demikian akan jauh lebih cerdas untuk fokus pada hal atau pelajaran yang anak Anda sukai. Jika anak Anda pandai matematika, beri dukungan agar mereka dapat mendalaminya lebih baik. Namun saat Anda meminta anak berkonsentrasi pada mata pelajaran favoritnya, mereka juga harus terus mempelajari bidang lainnya. Cobalah untuk tidak mencela dan menghukum anak saat mereka mendapat nilai yang buruk.

5. Hargai prestasi anak
Orang dewasa bekerja untuk mendapatkan penghargaan berupa gaji, itu adalah motivasi yang baik bagi siapa saja, begitu pula halnya dengan anak-anak. Bila mereka mendapatkan nilai yang baik, Anda bisa sesekali memberi penghargaan berupa waktu bermain lebih banyak, uang saku tambahan, atau hal lainnya yang dapat membantu anak termotivasi untuk berbuat lebih baik lagi di sekolah. Namun terkadang senyuman, pelukan dan acungan jempol dapat menjadi penghargaan terbaik untuk anak.

Itulah trik memotivasi anak agar semangat belajar. Memotivasi anak harus dilakukan dengan menggunakan cara yang tepat dan tentunya menyenangkan. Buat anak merasa bahwa Anda sebagai orangtua selalu peduli dan memberi dukungan padanya. Dengan begitu, diharapkan supaya kelak jika anak sudah dewasa akan membuat Anda bangga dengan segala prestasi dan keberhasilannya. Semoga berhasil.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow