999 +
0
39
0
Cara Sederhana Mengembangkan Diri agar Hidupmu Sukses
3 weeks 'ago'

Memiliki kepribadian menyenangkan dengan berbagai potensi menjadi keinginan banyak orang, mungkin kamu salah satunya. Potensi harus selalu diasah atau digali lebih dalam sehingga betul-betul terlihat jelas arahnya. Dengan memaksimalkan potensi atau bakat yang ada, kamu akan lebih percaya diri dalam berkarier.

Sayangnya, tak semua orang menyadari, bahkan tak memahami setiap potensi yang ada di dalam dirinya. Walhasil potensi tak pernah muncul dan berkembang. Hal itu terjadi karena banyak yang tak tahu cara untuk mengenali diri mereka sendiri dengan baik.

Pengenalan diri sangat penting dilakukan agar kamu benar-benar memahami diri dengan baik, termasuk potensi tersebut. Hal ini akan membawa dampak positif dalam kehidupanmu, sehingga kamu bisa mengembangkan potensi diri dan membuat kualitas hidup jauh lebih maksimal dari sebelumnya.

Pengembangan diri ini tidak harus dengan cara ekstrem. Ada cara mudah dan sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan dirimu, antara lain:

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

1. Move on dari masa lalu dan menata masa depan

Move on dari masa lalu dan menata masa depan

Tak sedikit orang terbebani dengan berbagai kenangan di masa lalunya. Entah itu masa lalu yang menyenangkan, bahkan menyedihkan. Mau sampai kapan larut dalam kubangan masa lalu? Sementara hidup harus terus berjalan. Mumpung momennya pas di tahun baru, waktunya kamu berdamai dengan masa lalu dan dirimu sendiri.

Belajarlah mengikhlaskan berbagai hal yang terjadi di masa lampau, terutama kejadian atau peristiwa yang tidak menyenangkan dalam hidupmu. Apapun yang terjadi di masa lalu, biarkan berlalu karena kamu juga berhak bahagia, bukan?Move on, dan mulai menata hati dan masa depanmu, sehingga kamu bisa lepas dari bayang-bayang masa lalu. Keputusan ini merupakan sebuah titik perubahan penting untuk memulai pengembangan dirimu ke depan.

2. Menata pola hidup

Cara mudah pengembangan diri lainnya adalah menata pola hidup. Jika sebelumnya pola hidupmu kacau balau, seperti sering mengonsumsi makanan tidak sehat, begadang, jarang olahraga, kecanduan media sosial (medsos), dan aktivitas lainnya yang dapat mengancam kesehatan, maka mulai sekarang tinggalkan. Lakukan pola hidup normal dan seimbang, di antaranya tidur lebih awal sehingga bangun lebih cepat, datang ke kantor tidak telat, sehingga akhirnya produktivitasmu meningkat. Hal ini akan membuat dirimu berkembang secara maksimal.

3. Menghadiri seminar, pelatihan, dan aktivitas positif lain

Untuk mengembangkan diri secara maksimal, kamu bisa ikutan seminar, workshop, pelatihan, atau kelas motivasi yang berkaitan dengan hal tersebut. Kamu bisa bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang baru. Pilihlah kegiatan yang paling sesuai dengan kebutuhanmu, sehingga dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan dirimu.

4. Mengubah penampilan

Penampilan sangat penting karena menunjukkan pengembangan dirimu. Tentunya melalui padu padan baju yang akan kamu kenakan sehari-hari. Saat berada di rumah dengan bekerja pastinya penampilan berbeda. Kamu juga harus berusaha mengkombinasikan atasan dan bawahan dengan pas, jangan tabrakan.

Cara kamu berpakaian bisa menjadi salah satu poin yang menghambat pengembangan dirimu selama ini, terutama jika kamu terbiasa tidak rapi. Ada banyak kondisi di mana kamu harus tampil bersih dan rapi, sehingga aura dan rasa percaya dirimu terpancar. Pastikan kamu memahami hal ini dengan baik dan mulai mengubah cara berpakaianmu menjadi lebih baik lagi.

5. Fokus pada kemampuanmu

Tidak perlu susah-susah melakukan pengembangan diri. Fokus saja pada kemampuanmu dalam hal apapun, termasuk pekerjaan. Jika kamu memiliki kelebihan menulis misalnya, gali terus mengenai tulis menulis. Dengan begitu, kamu bisa berkembang dan mendapat pencapaian terbaik dalam hidupmu. Fokus pada kemampuan dan kelebihan akan membuatmu lebih percaya diri dan akan meninggalkan hal-hal negatif yang selama ini menjadi titik kelemahanmu.

6. Menjaga hubungan baik

Menjaga Hubungan Baik

Pengembangan diri dapat dilakukan dengan dukungan dari keluarga, teman, dan kerabat dekat lain. Oleh sebab itu, pentingnya untuk menjaga hubungan dengan mereka yang selalu senantiasa menyayangimu. Menjalin hubungan bersama orang-orang yang satu visi misi, berpikiran positif akan memberi efek positif luar biasa untuk hidupmu.

Jadilah Pribadi yang Lebih Baik

Pengembangan diri jangan dianggap sepele karena manfaatnya sangat besar di dalam kehidupanmu, baik itu untuk karier, hubungan sosial, dan lainnya. Awali pengembangan diri dengan mengenali dirimu sendiri, sehingga kamu dapat menemukan hal-hal yang harus diperbaiki, dipertahankan, dan yang perlu dikembangkan.

Follow Us On :
Lencana
Sandrina M.Drone
Good Badges
Kongkow