0
201
0
Intip Kebiasaan Orang Sukses di Pagi Hari
7 months 'ago'

Banyak orang memasang alarm di pagi hari, tapi sebagian besarnya menunda atau mematikan alarm yang sudah dipasang. Entah masih ngantuk atau tidak biasa, bangun pagi bukan hal mudah bagi sebagian orang. Itu mengapa orang yang rajin pagi memiliki sebutan khusus "morning person". Kalau kamu sulit bangun pagi, semoga tulisan di bawah ini menginspirasi untuk membiasakan bangun di pagi hari, ya.

Bangun Pagi Berdampak Positif pada Produktivitas

Studi yang dikutp melalui situs self.com menyebutkan waktu paling produktif manusia adalah pagi hari. Pasalnya, bangun pagi memungkinkan kamu menyiapkan banyak hal, termasuk berolahraga pagi sambil menghirup udara segar. Tak mengherankan jika siswa yang bangun pagi cenderung lebih berprestasi dibandingkan siswa yang suka tidur malam dan sulit bangun pagi. Kesiapan untuk beraktivitas ini yang membuat para "morning person" lebih siap, lebih sehat, dan lebih bahagia.

Mengingat banyaknya manfaat, ada tips bangun pagi bagi orang yang sulit melakukannya. Antara lain matikan lampu dan benda elektronik menjelang tidur, ketahui waktu tidur yang dibutuhkan untuk menentukan kapan harus tidur dan bangun, letakkan alarm di tempat yang memaksa kamu berdiri untuk mematikannya, dan segera duduk sambil menggerakkan tubuh agar lebih siap bangun dari tempat tidur.

Kebiasaan Baik Dimulai Saat Pagi

Bagi yang tidak terbiasa, beraktivitas di pagi hari bukan hal mudah. Rasa kantuk sering menggagalkan rencana bangun pagi karena tanpa disadari, tubuh memiliki jam biologis yang membuat kamu tidur dan bangun di waktu yang sama. Maka itu, kamu perlu membiasakan diri bangun pagi dan melawan rasa kantuk hingga tubuh terbiasa melakukannya. Jika kamu membutuhkan motivasi, ingat banyak orang sukses memiliki kebiasaan bangun pagi sambil menyiapkan banyak hal sebelum beraktivitas.

1. Olahraga

Cukup lakukan olahraga ringan (seperti jalan kaki, lari, dan bersepeda) selama 20 - 30 menit sambil menghirup udara segar di pagi hari. Selain bikin bugar, olahraga pagi bermanfaat dalam memperbaiki suasana hati, menjaga tekanan darah, membantu menurunkan berat badan, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Meditasi

Sebagian orang memulai hari dengan meditasi. Pasalnya, meditasi dapat memperbaiki suasana hati dan membuat tubuh lebih rileks dalam beraktivitas. Kamu dapat melakukannya di mana saja (termasuk di atas kasur), lalu duduk dengan mata tertutup, tarik napas, tahan selama beberapa detik, dan hembuskan perlahan. Lakukan selama 20 menit dan pastikan untuk cuci muka dan sikat gigi sebelum melakukannya.

3. Minum Air Putih

Sediakan satu gelas air putih di samping kasur, lalu minum setelah bangun tidur. Meski terlihat sepele, minum air putih setelah bangun berfungsi menghilangkan racun dalam tubuh, meningkatkan metabolisme, mencegah kenaikan berat badan, mencegah gangguan pencernaan, menyehatkan kulit, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Sarapan

Manfaat sarapan tidak boleh dianggap sepele. Sarapan berfungsi melindungi tubuh dari penyakit, memperbaiki suasana hati, mencegah makan berlebihan di siang hari, serta bikin lebih fokus dan produktif. Menu sarapan yang direkomendasikan adalah kombinasi karbohidrat kompleks, serat, protein, dan sedikit lemak. Contoh menu sarapan sehat adalah roti berisi telur dan sayuran, bubur ayam, dan nasi goreng telur. Pastikan untuk memasukkan buah dan sayuran ke dalam menu sarapan yang dibuat.

5. Atur Rencana

Setelah olahraga, minum air putih, atau sarapan, mulai atur rencana harian. Ingat aktivitas apa saja yang harus dijalani dan buat jadwal. Tujuannya agar tidak ada aktivitas yang terlewat dan mencegah tidur malam karena banyaknya aktivitas yang belum selesai. Dalam membuat jadwal harian, pastikan mendapatkan jatah beristirahat di sela - sela aktivitas, setidaknya 20 - 30 menit.

Follow Us On :
Ranking
1
2
Arifah
75
Lencana
Kongkow