Home » Kongkow » Tips & Trik » Biar Sukses di Usia Muda, 10 Trik Sederhana Dapat Kerja Sebelum Ijazah Keluar

Biar Sukses di Usia Muda, 10 Trik Sederhana Dapat Kerja Sebelum Ijazah Keluar

- Jumat, 25 Januari 2019 | 10:04 WIB
Biar Sukses di Usia Muda, 10 Trik Sederhana Dapat Kerja Sebelum Ijazah Keluar

Di era yang semakin kompetitif ini menjadikan mendapatkan pekerjaan pun semakin sulit. beragam alasan sulitnya mendapatkan pekerjaan saat ini seperti pengalaman yang kurang mumpuni, tingkat pendidikan dan jurusan yang tidak sesuai, dan hingga kriteria fisik yang tidak masuk dalam standar perusahaan.

Well, dibalik semua itu ada satu hal lagi yang sering kita lewatkan yaitu kesempatan di saat yang tepat. seringkali kita menunda untuk melamar sebuah perusahaan karena beberapa hal- hal seperti berkas lamaran belum siap, ijazah belum ada, sampai-sampai alasan klasik seperti tidak ada informasi mengenai kebutuhan karyawan di perusahaan tersebut.

Pastikan kalian lakukan hal- hal sederhana ini agar memperbesar peluang kalian untuk dapat diterima bekerja!

1. Siapkan Softcopy Surat Lamaran Kerja dan Data Diri Kamu

Data Diri

Hal yang paling menyebalkan adalah ketika kita mendapatkan informasi mengenai kebutuhan di suatu perusahaan, tetapi dokumen belum siap sama sekali. Mulai saat ini, pastikan di komputer, FD, atau bahkan ponselmu selalu ada surat lamaran kerja dan data diri kamu yang selalu kamu update.

Supaya ketika kamu mendapatkan informasi mengenai kebutuhan karyawan bisa kamu kirim secepatnya.

2. Scan Dokumen yang Diperlukan untuk Melamar Kerja

Dokumen Pendukung

Selain surat lamaran kerja dan data diri, dokumen-dokumen pendukung pun diperlukan untuk memperkuat nilai kamu di mata perusahaan. Seperti Ijazah terakhir, sertifikat kemampuan, sertifikat penunjang, kartu identitas, dan dokumen lainnya.

Untuk dokumen tersebut tidak membutuhkan update yang terlalu sering seperti surat lamaran dan data diri. Agar tidak begitu menghabiskan penyimpanan di ponsel kamu, kamu bisa mengubah formatnya menjadi PDF.

3. Jika Ijazah Belum Keluar, Coba Dapatkan Dokumen Pengganti

Form Ijazah

Ijazah memang hanya secarik kertas, namun dalam secarik kertas tersebut mengandung kerja keras yang kita lakukan untuk mendapatkannya. Bagaimana jika kesempatan datang namun Ijazah belum kunjung terbit?

Sebenarnya ada dokumen pengganti sementara sebelum Ijazah keluar misalnya saja surat keterangan lulus dan transkrip nilai sementara. Selain itu juga kamu bisa menggunakan surat keterangan kuliah atau surat keterangan dari sekolah kamu dan didukung oleh transkrip nilai kamu.

Sebagai penguatnya kamu dapat memberikan keterangan bahwa kamu sebenarnya sudah lulus namun Ijazah belum terbit.

4. Ikuti Akun-Akun Lowongan Kerja di Sosial Media

Web Penyedia Informasi Pekerjaan

Mulai dari Facebook, Instagram, Linked.in, dan akun sosial media lainnya sudah banyak yang membagikan mengenai lowongan pekerjaan di berbagai daerah. Semakin banyak yang kamu ikuti, semakin tinggi juga kesempatan kamu untuk mendapatkan pekerjaan.

5. Memiliki Akun di Web Khusus Pencari Kerja

Web Khusus

Selain sosial media, ada pula situs- situs yang khusus untuk memberikan lowongan pekerjaan. sebut saja yang paling terkenal adalah JobStreet dan Indeed yang bahkan sudah tersedia dalam bentuk aplikasi di smartphone dan kamu hanya perlu sekali klik untuk melamar pekerjaan.

Cari Artikel Lainnya