999 +
0
63
0
Ingin Sukses Interview Kerja? Berikut Waktu yang Tepat untuk Menaklukannya
3 months 'ago'

Jika ingin bekerja di suatu perusahaan, wawancara menjadi sebuah syarat penting untuk bisa lolos dan mengetahui kemampuan si calon karyawan. Mulai dari pengetahuan, kelemahan dan kelebihan, hingga hobi.

Namun, tahukah Anda jika ada waktu-waktu yang tidak tepat untuk dapat melakukan wawancara kerja?

Hal ini diungkapkan dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Pennyslvania. Penelitian tersebut membuktikan bahwa di jam-jam tertentu pewawancara sudah tidak terlalu mempedulikan kemampuan dan pengalaman kita.

Penelitian yang melibatkan 9.000 lulusan bergelar MBA ini dianalisa lewat wawancara di hari yang sama. Diantara ribuan lulusan tersebut, 5 diantaranya memiliki kualifikasi yang sama. Namun, hasil tidak serupa didapatkan kandidat yang melakukan wawancara paling akhir.

Dari penelitian tersebut, tim peneliti dari University of Pennsylvania’s Wharton School and Harvard Business School menyebutkan bahwa waktu terburuk untuk melakukan wawancara kerja adalah pukul 16.00-18.00. Hal ini terjadi karena sebelumnya pewawancara yang bertugas telah memiliki kandidat yang diunggulkan sebelumnya. Jadi ketika berhadapan dengan kandidat wawancara saat pukul 16.00-18.00 sore hari, ia akan mulai meragukan kandidat tersebut dan mengindentifikasi dengan nilai yang lebih rendah atau buruk.

Hal ini juga dapat dikaitkan dengan survei yang dilakukan situs thetrainline.com yang mengatakan bahwa ada waktu terbaik untuk mengambil keputusan, yaitu pukul 11: 59. Dikarenakan waktu tersebut orang biasanya berpikiran terdesak dan mengambil keputusan tepat akibat lapar ingin makan siang.

Dengan mengetahui waktu-waktu tersebut, Anda bisa mensiasati dengan mengatur jadwal wawancara dan cobalah minta agar melakukannya sebelum pukul empat sore dan akan lebih baik lagi jika bisa mendapatkan waktu wawancara sebelum makan siang tiba.

 

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow