0
63
0
Gak Kalah dengan Manusia, 10 Hewan Ini Punya Pencapaian Super Hebat!
3 months 'ago'

Berbicara tentang hewan peliharaan, mereka terkenal dengan kelucuannya, bukan saja fisiknya tapi juga tingkah lakunya. Namun tahukah kamu kalau di luar sana ada beberapa hewan yang bukan saja menggemaskan, namun mereka memiliki pencapaian luar biasa dalam hidupnya. Hewan-hewan tersebut mencapai prestasi yang mencengangkan di mata manusia.

Kira-kira apa ya yang sudah mereka perbuat?

1. Penguin yang dianugerahi gelar kebangsawanan

Gak Kalah dengan Manusia, 10 Hewan Ini Punya Pencapaian Super Hebat!

Di dunia ada satu penguin yang pernah menerima gelar ksatria. Kehormatan itu jatuh ke Nils Olav, seekor burung penguin dari Kebun Binatang Edinburgh. Kisah Olav dimulai pada tahun 1972, ketika ia diadopsi oleh Raja Pengawal Norwegia, gerakan simbolik antara Norwegia dan Skotlandia. Nils diangkat sebagai kopral tombak, dan pertama kali Pengawal Raja mengunjungi kebun binatang, penguin itu mendapat promosi.

Sayangnya, Nils meninggal pada tahun 1987, sehingga Penjaga mengadopsi seekor penguin baru dan memberinya nama Nils Olav II. Si penerus ini berhasil naik pangkat sebagai komando. Dan pada 2008, 50 anggota King's Guard dilantik oleh Raja Harald V sebagai ksatria burung kecil dan Nils Olav II sendiri mendapat gelar kolonel-in-chief menjadi Sir Nils Olav II.

Penguin tersebut bahkan harus memimpin pasukan sebelum menerima gelar ksatria. Sayangnya, Nils Olav II mati gak lama setelah itu dan digantikan oleh burung ketiga yang menjadi brigadir pada Agustus 2016.

2. Corgi Welsh mendapat gelar kehormatan

Gak Kalah dengan Manusia, 10 Hewan Ini Punya Pencapaian Super Hebat!

Mendapatkan gelar PhD bukanlah tugas yang mudah, tetapi sebelum dia meninggal pada tahun 2013, Elvis the Welsh Corgi dianugerahi gelar doktor kehormatan. Bagaimana bisa ya seekor anjing mendapat gelar besar? Itu karena ada hubungannya dengan pemiliknya, Tim Pennings, seorang profesor matematika di Hope College.

Semua ini bermula ketika Profesor Michigan itu bermain lempar bola dengan Elvis di Danau Michigan, Pennings memperhatikan sesuatu yang menarik ketika anjingnya mengambil bola tersebut. Elvis berlari untuk mengambil bola dalam waktu yang jauh lebih singkat, gak seperti anjing lain pada umumnya. Pemikiran Elvis jauh lebih istimewa.

Menurut Pennings, anjingnya menggunakan kalkulus untuk mendapatkan bola secepat mungkin. Penasaran, Pennings melakukan percobaan beberapa kali, merekam kecepatan Elvis dan menggunakan pita pengukur untuk menentukan jarak yang ditempuh Corgi. Menurut Pennings, Elvis memiliki bakat instingtual yang hebat.

3. Monyet yang bekerja sebagai pemberi sinyal kereta api

Gak Kalah dengan Manusia, 10 Hewan Ini Punya Pencapaian Super Hebat!

Jack Babac Chacma adalah seekor monyet yang pada tahun 1880-an dibeli oleh seorang pria Afrika Selatan bernama James Edin Wide. Lelaki ini bekerja sebagai petugas sinyal kereta api, meskipun dia mengalami kesulitan karena kehilangan kakinya akibat kecelakaan. Jadi Wide melatih Jack untuk mendorongnya berkeliling dengan troli. Namun prestasi terbesar Jack adalah ketika dia bisa mengelola seluruh stasiun kereta.

Setiap kali kereta mendekat, ia akan mulai meniup peluit dan jumlah siulan peluit menunjukkan jalur mana yang harus mereka turuni. Sebelum Jack muncul, Wide lah yang mengubah jalur, tetapi monyet itu dengan cepat belajar bagaimana mengoperasikan tuas. Lalu dia ditugaskan untuk memastikan lokomotif sampai ke tempat kereta harus pergi.

Manajer kereta api bahkan menguji si monyet kecil itu untuk melihatnya mengoperasikan sakelar, dan Jack lulus dengan sempurna. Kemudian Jack dibayar 20 sen sehari. Jack bekerja sebagai pengawas selama hampir sepuluh tahun sebelum akhirnya mati pada tahun 1890.

4. Sombra si polisi anti narkotika

Gak Kalah dengan Manusia, 10 Hewan Ini Punya Pencapaian Super Hebat!

Sombra adalah anjing yang bekerja dengan polisi anti narkotika di Kolombia, Resembling German ini menggunakan indera penciumannya yang kuat untuk menangkap penjahat yang menyelundupkan zat terlarang ke luar negeri. Dan anjing berusia 6 tahun ini selalu berhasil menghentikan orang jahat.

Pada Juli 2018, dia menemukan 9 ton kokain. Dia juga mengendus 245 tersangka pelari narkoba, dan gak perlu diragukan lagi, dia sudah menjadi pahlawan kepolisian di negara itu.

Di sisi lain, Sombra (yang berarti "bayangan") merupakan anjing yang sangat baik dalam pekerjaannya sehingga salah satu geng paling kuat di Kolombia yang dikenal sebagai Urabeños, menawarkan 70.000 dolar AS kepada siapa saja yang bisa membunuh Sombra.

Untungnya sejauh ini, anjing itu masih selamat dan sehat. Pemerintah telah memindahkan Sombra ke sebuah kota di luar geng Urabeños, dan pada tahun 2020, Sombra akan pensiun dari pekerjaan polisi.

5. Anjing yang menjadi bintang Hollywood

Gak Kalah dengan Manusia, 10 Hewan Ini Punya Pencapaian Super Hebat!

Hollywood Walk of Fame merupakan penghormatan bagi beberapa ikon terbesar dalam sejarah budaya pop dan ternyata gak semuanya adalah manusia lho. Di antara semua nama manusia, ada nama binatang Rin Tin Tin yang didedikasikan untuk seekor anjing jenis Resembling German yang dulunya adalah aktor.

Dikenal sebagai "Rinty," Rin Tin Tin adalah milik seorang veteran Perang Dunia I bernama Lee Duncan. Duncan menemukan Rinty, anak anjing yang berada di medan perang di Prancis.

Duncan melatih Rinty untuk menjadi bintang laga, dan anjing itu mendapat peran di tahun 1922, memainkan serigala di The Man from Hell's River. Setelah itu, Rinty semakin banyak bermain film, membintangi 27 film dan menjadi bintang film utama. Dia juga aktor yang berhasil masuk box office, dan kritikus memuji "kemampuan aktingnya" yang luar biasa.

Banyak yang mengatakan bahwa film-film Rin Tin Tin sangat populer sehingga dianggap menyelamatkan studio Warner Bros dari kegagalan. Dan saat anjing itu meninggal pada tahun 1932, program-program radio dihiasi oleh berita menyedihkan tentang kematiannya.

6. Gajah-gajah yang bermain alat musik

Membentuk band dan membuat musik umumnya dilakukan oleh manusia, tetapi di Thailand, ada sekelompok pachydermata yang memainkan beberapa lagu. Thai Elephant Orchestra didirikan oleh ahli konservasi Richard Lair dan ahli saraf David Sulzer (yang menggunakan nama panggung Dave Soldier), dan gajah-gajah tersebut tinggal di pusat konservasi di bagian utara negara itu. Pusat tersebut adalah rumah bagi gajah-gajah.

Dibutuhkan biaya agar center tetap hidup, Lair akhirnya bekerja sama dengan Sulzer untuk mengajari gajah cara bermain instrumen, dan ini juga menjadi kesempatan bagus untuk Sulzer, karena memberinya kesempatan untuk mempelajari kemampuan kognitif dari binatang yang luar biasa itu.

Sulzer merancang segala macam instrumen raksasa, dari gong dan drum hingga gambang yang sangat besar. Seekor gajah bahkan menggunakan harmonika. Sulzer berperan sebagai komposer dan memberi tanda kepada gajah kapan harus bermain. Dan orkestra gajah tersebut sangat sukses sehingga, dan percaya atau gak, mereka telah membuat tiga album.

7. Kucing yang mengumpulkan uang untuk acara amal

Gak Kalah dengan Manusia, 10 Hewan Ini Punya Pencapaian Super Hebat!

Cerita Lil Bub dimulai ketika ia dilahirkan dengan keadaan yang gak normal, terserang osteopetrosis, dan empat jari kaki yang besar. Menurut situs resminya, rahang bawahnya super pendek, dan dia gak punya gigi. Akibatnya, lidahnya terus menjulur keluar dari mulutnya.

Karena hal itu Lil Bub menjadi "anak kucing perma," yang berarti gak peduli berapa pun usianya, dia akan terlihat seperti anak kucing kecil yang manis. Namun terlepas dari penyakitnya, Lil Bub sudah menjalani kehidupan yang sangat menakjubkan dan telah membantu banyak hewan.

Pemilik Lil Bub merupakan seorang pria bernama Mike Bridavsky, dan dikutip dari Wired, Mike suka memposting foto dan video kucingnya yang tampak unik pada 2011. Yang akhirnya beberapa media online menulis tentang Lil Bub.

Kerennya lagi, Lil Bub memiliki bukunya sendiri dan seri web online menghadirkan Whoopi Goldberg sebagai bintang tamunya. Tetapi kontribusi terbesarnya bagi masyarakat adalah dia bekerja sama dengan ASPCA untuk mendirikan Lil Bub's Big Fund, sebuah badan amal yang mengumpulkan lebih dari 350.000 dolar AS untuk hewan peliharaan yang memiliki kebutuhan khusus.

8. Ham, simpanse heroik yang pergi ke ruang angkasa

Gak Kalah dengan Manusia, 10 Hewan Ini Punya Pencapaian Super Hebat!

Sebelum Alan Shepard atau Yuri Gagarin ke luar angkasa, ada Ham simpanse yang ke sana terlebih dahulu. Nah, sebelum dia dikenal sebagai Ham, para ilmuwan NASA memanggilnya "Number 65". Simpanse heroik itu merupakan kandidat sempurna untuk mewakili jenis primata. Dia dipilih dari 40 simpanse, diajari cara menarik tuas bersamaan dengan cahaya dan suara tertentu, dan pada Januari 1961, dia diterbangkan ke luar angkasa.

Namun penerbangannya ke ruang angkasa agak bermasalah, karena seharusnya ia terbang setinggi 115 mil tetapi malah menempuh jarak 42 mil lebih tinggi. Akibatnya, kapsulnya bahkan kehilangan tekanan, tetapi dia bertahan dengan menarik pengungkit-pengungkit seperti seorang ahli, membuat para ilmuwan di Bumi memiliki data berharga tentang kontrol motorik manusia di ruang angkasa.

Dan ketika dia kembali ke Bumi, dia diberi nama Ham, singkatan dari Holoman Aerospace Medical Center, dan menjadi pahlawan. Dia kemudian pensiun dan ditempatkan ke Kebun Binatang Nasional di Washington, dan setelah meninggal pada usia 26, dia dimakamkan di Museum Sejarah Luar Angkasa New Mexico dengan sebuah plakat untuk memperingati jasanya yang luar biasa.

9. Seekor anjing yang membantu penangkapan Osama bin Laden

Gak Kalah dengan Manusia, 10 Hewan Ini Punya Pencapaian Super Hebat!

Belgian Malinois bukanlah anjing yang ingin kamu pelihara. Menyerupai Resembling German, anjing yang memiliki gigi taring yang kuat itu digunakan oleh militer dan Dinas Rahasia untuk menjaga tokoh-tokoh terkemuka dan menangkap orang-orang jahat. Saat SEAL Team Sixditugaskan ke Pakistan dan memburu Osama bin Laden, mereka membawa Malinois Belgia bernama Cairo.

Dilansir dari Washington Post, anjing yang mematikan itu dilengkapi dengan segala macam perlengkapan teknologi tinggi, seperti rompi Kevlar dan kacamata penglihatan malam. Ketika tim mendarat di luar halaman bin Laden, Cairo dan beberapa SEAL membuat garis pembatas tempat anjing itu berdiri, mengawasi siapa saja yang terlalu dekat atau siapa pun yang melarikan diri dari kompleks pemimpin al-Qaeda tersebut. Selain itu, jika keadaan menjadi sangat gawat, SEAL akan menggunakan Cairo untuk mencium aroma bom atau mengendus bin Laden sendiri.

Presiden Obama memberikan selamat kepada SEAL atas misi sukses mereka, ia juga menyempatkan waktu untuk bertemu dengan Cairo dan memberinya tepuk tangan kebanggaan.

10. Kuda yang menjadi pahlawan Perang Korea

Gak Kalah dengan Manusia, 10 Hewan Ini Punya Pencapaian Super Hebat!

Reckless adalah kuda kelahiran Korea, dan pada tahun 1952, seorang letnan Marinir membelinya seharga 250 US dolar dari seorang anak yang membutuhkan uang untuk membelikan kaki palsu adiknya yang lumpuh.

Saat Reckless bergabung dengan militer, ia menjadi favorit di antara rekan-rekan Marinirnya, terutama karena nafsu makannya yang tinggi. Dia akan memakan apa saja mulai dari telur dadar, pancake hingga soda dan bir.

Tapi Reckless memiliki sejarah sebagai kuda yang membawa amunisi ke Marinir untuk mengoperasikan senapan recoilless, senjata yang sangat berbahaya untuk dioperasikan sehingga pasukan sering menggambarkannya sebagai senapan "sembrono". Dan selama Battle for Outpost Vegas, Reckless melakukan lebih dari 50 perjalanan bolak-balik membawa hampir 400 amunisi.

Reckless pernah terluka dalam pertempuran ketika membawa amunisi ke medan perang, namun dia gak pernah mengabaikan tugasnya. Berkat keberaniannya di Korea, Reckless mendapatkan dua Purple Hearts dan dipromosikan menjadi sersan staf. Dan menurut CNN, ketika dia meninggal pada tahun 1968, kuda heroik ini dimakamkan dengan penghormatan militer seutuhnya.

Mengaggumkan ya aksi-aksi binatang di atas. Bukan hanya saja cerdas, tapi mereka juga memiliki keberanian yang luar biasa.

Follow Us On :
Ranking
1
Lencana
Kongkow