999 +
0
52
0
Tips untuk Kerja Cepat dan Pintar
4 weeks 'ago'

Ada pepatah yang mengatakan bahwa, ‘kerjalah dengan pintar, bukan keras’. Seiring dunia kerja yang semakin dinamis, pepatah tersebut tak lagi berlaku. Pada kenyataannya setiap orang yang bekerja dituntut kerja cepat dan pintar.

Kerja cepat dan pintar sudah amat lazim di dunia kerja saat ini. Orang tak lagi dituntut untuk bisa bekerja dalam tempo yang lama. Alasannya adalah kalau suatu pekerjaan bisa diselesaikan dalam waktu yang lebih sedikit, mengapa harus menghabiskan banyak waktu.

Menghabiskan banyak waktu untuk suatu pekerjaan bukanlah hal yang buruk–tetapi bekerja keras dalam waktu lama mudah membuat Anda cepat mengalami kelelahan. Toh, saat ini perusahaan lebih menyukai kultur untuk kerja cepat, bukan dengan lambat.

Meski demikian, untuk melakukan kerja cepat dan pintar bukan hal yang mudah. Terkadang, seorang pekerja yang telah terbiasa bekerja dalam ritme yang lambat merasa kesusahan. Anda tak perlu risau, kami memiliki beberapa tips yang bisa Anda coba untuk menghasilkan pekerjaan yang memuaskan, tanpa waktu lama.

Menyusun Rencana Kerja

Merencanakan, menggunakan bantuan alat produktivitas, dan menjadwalkan tugas di kalender dapat membantu Anda kerja cepat dan pintar. Dengan melakukan itu semua, niscaya pekerjaan Anda akan lebih teratur dan bisa menyelesaikan semua tugas dengan lebih cepat dan memuaskan.

Untuk mempraktikkan cara tersebut, Anda bisa memulainya dengan memecah tugas menjadi beberapa bagian. Anda bisa membaginya dalam berdasarkan seberapa penting hingga tenggat waktu yang diberikan. Setelahnya, Anda bisa menggunakan pengingat waktu agar Anda bisa kerja cepat.

Jangan Melakukan Pekerjaan secara Bersamaan

Ada falsafah yang mengatakan bahwa melakukan banyak hal sekaligus adalah bukti seberapa produktif seseorang. Meski demikian, banyak yang tak setuju dengan itu. Sebaliknya, menyelesaikan kerja secara bersamaan membuat Anda tak fokus. Anda perlu kerja cepat untuk sebuah pekerjaan.

Menurut Isabel Thottam dari Glassdoor, menyelesaikan kerja secara bersamaan membuat Anda tidak kerja cepat. Baginya, kerja cepat adalah menyelesaikan satu pekerjaan dalam waktu singkat dan berpindah ke pekerjaan lain apabila rampung. Ia menyarankan untuk mengatur pengatur waktu demi terjaganya tenggat.

Kurangi Distraksi di Sekeliling Anda

Saat mengerjakan sebuah pekerjaan, cobalah untuk meminimalkan gangguan di sekitar Anda. Anda bisa memulai mencoba mengurangi distraksi dengan menurunkan dering pada ponsel Anda hingga menyimpannya dalam tas atau menaruhnya jauh dari sekitar Anda.

Bridget Baker dari Lifehack menyarankan Anda untuk menggunakan mesin penjawab di telepon genggam Anda untuk mengurangi gangguan. Dengan mempraktikkan cara-cara tersebut, bukan tidak mungkin Anda akan kerja cepat dan pintar. Tak hanya memuaskan Anda, tapi juga bisa atasan.

Ambil Istirahat di Setiap Jeda

Ketika Anda mencoba untuk kerja cepat dan pintar, Anda juga perlu memastikan untuk tidak cepat lelah. Untuk menjawab itu, tidur siang adalah ide yang bagus. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa tidur siang setelah mempelajari informasi mempercepat proses penyimpanan informasi.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Glassdoor, waktu terbaik untuk melakukan tidur siang adalah antara jam 1 siang dan 6 sore. Hasil tersebut sebenarnya dipraktikkan oleh beberapa perusahaan yang berorientasi pada kerja cepat dan pintar. Jadi mengapa tidak coba tidur siang?

Berani Katakan ‘Tidak’ untuk Setiap Ajakan

Biasanya, godaan terbesar untuk kerja cepat disebabkan oleh rekan kerja. Ada kalanya mereka meminta Anda untuk menemani ke kantin saat Anda membutuhkan konsentrasi penuh. Demi mengatasi hal tersebut, satu-satunya jalan bagi Anda adalah berani mengatakan ‘tidak’ pada setiap ajakan.

Anda perlu ingat untuk mengatakan “ya,” sampai Anda menyelesaikan sebuah pekerjaan. Di samping itu, jangan biarkan orang tersebut karena semakin ia menunggu, Anda akan semakin tidak enak. Anda juga harus berani untuk menegaskan bahwa Anda baru bisa menemani apabila pekerjaan telah selesai.

Coba Bekerja di Ruangan Tertutup

Sebagian besar kantor milik perusahaan menerapkan open-space office. Cara tersebut dinilai ampuh untuk meningkatkan koordinasi sesama karyawan. Tak hanya itu, ide tersebut dinilai mampu membuat setiap karyawan terpacu apabila melihat rekan sekantornya kerja cepat.

Namun terkadang, cara tersebut tak bisa digunakan untuk kerja cepat. Pasalnya, ruangan terbuka memunculkan banyak distraksi. Cara mengatasi itu, ya, dengan coba mengerjakan sebuah tugas di ruangan tertutup. The Balance Career percaya bahwa ruangan tertutup adalah tempat terbaik untuk kerja cepat dan pintar.

Daftar di atas adalah tips-tips yang bisa Anda gunakan untuk bisa kerja cepat dan efisien. Hal tersebut tidak hanya bertujuan untuk menghemat energi, waktu, dan pikiran. Lebih daripada itu, kerja cepat dan pintar akan memberimu kesempatan yang besar untuk bisa terus diapresiasi dan meningkatkan nilai jualmu.

Jika Anda membutuhkan tips yang lain, jangan lupa untuk sign up ke Glints! Glints punya banyak cara untuk memaksimalkan karier hingga menemukan berbagai lowongan kerja  full-time, part-time, magang, hingga project-based. Semoga Anda bisa mempraktikkan hal di atas, ya!

Follow Us On :
Lencana
Sandrina M.Drone
Good Badges
Kongkow