999 +
0
37
0
Tanya Jawab Seputar SNMPTN, SBMPTN & Bidikmisi 2019
1 month 'ago'

Dengan telah dibukanya dan diluncurkan jadwal untuk SNMPTN & SBMPTN, maka kami dari Tim Ruang Mahasiswa akan membantu adik – adik untuk berbagai pertanyaan terkait masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun 2019.

Berikut pertanyaan – pertanyaan umum yang sering ditanyakan seputar SNMPTN, SBMPTN & Bidikmisi 2019:

Silahkan ajukan pertanyaan kamu di kolom komentar, dan kami akan menjawab-nya.

PERTANYAAN SEPUTAR SNMPTN, SBMPTN, DAN BIDIK MISI

1. Apakah jalur SNMPTN mempertimbangkan nilai Ujian Nasional, khususnya jika berkenaan dengan jurusan yang dipilih?

Jawab :

Beberapa dari mahasiswa yang lulus di jurusan yang di UN kan (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi) pernah saya tanya tentang nilai UN mereka. Mereka mengaku bahwa nilai ujian nasional mereka rendah.

Bahkan untuk 2019 ini, nilai UN tidak berpengaruh pada SNMPTN, seleksi SNMPTN dilihat dari nilai raport semester 1 – 5 dan prestasi pendukung lainnya yang dibuktikan melalui piagam atau sertifikat.

2. Apa yang perlu dipersiapkan untuk mengurus bidik misi jalur SNMPTN?

Jawab :

Yang perlu dipersiapkan adalah surat – surat, seperti surat keterangan miskin, kartu keluarga, tagihan listrik, tagihan air (kalau ada), dan foto.

Foto – foto, diantaranya pas photo, foto rumah tampak depan dan dalam rumah. Semuanya itu dalam bentuk softcopy.

Data yang diisi harus sesuai dengan keadaan yang sebenarnya ya, untuk menghindari adanya pembatalan dana bidik misi kalau misalnya lulus karena kecurangan data.

Pernah ada mahasiswa yang merekayasa datanya, setelah lulus ia didatangi pihak pemberi bidikmisi, akhirnya beasiswa dibatalkan karena datanya gak sesuai dengan kondisi kehidupannya.

Untuk selengkapnya, boleh dibaca di:

3. Apakah kalau sudah lulus jalur SNMPTN masih boleh mengikuti SBMPTN?

Jawab :

Pertanyaannya yang sangat bagus. Dulu banyak calon mahasiswa yang merasa tidak puas lulus di PTN yang dipilih melalui jalur SNMPTN, kemudian mencoba jalur SBMPTN.

Namun mulai tahun ini, sistem SBMPTN tidak menerima calon mahasiswa yang telah lulus jalur SNMPTN. Jadi jangan asal pilih ya sobat untuk menghindari kemungkinan salah jurusan.

4. Mohon pencerahannya tentang sistem berbasis komputer untuk SBMPTN 2019?

Jawab :

Sistem berbasis komputer untuk SBMPTN 2019 dikenal dengan istilah UTBK (Ujian Tulis Berbasi Komputer).

Ini sama seperti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Berbeda dengan SBMPTN tahun sebelumnya, nilai yang diperoleh dalam ujian akan diketahui oleh peserta ujian. Nanti, nilai itu yang akan menjadi modal untuk mendaftar di PTN yang kamu targetkan.

5. Apa itu passing grade?

Jawab :

Passing grade itu bisa dikatakan sebagai nilai batas minimum untuk jurusan yang dipilih. Misalnya kalau kamu memilih jurusan Matematika Unimed yang passing gradenya 38%, maka minimal kamu harus mendapat nilai passing grade 38% untuk bisa lulus di jurusan tersebut.

Namun passing grade ini hanya sebagai gambaran atua prediksi saja, karena panitia SBMPTN juga belum pernah secara resmi mengeluarkan informasi passing gradeprodi secara resmi.

Saran, sebaiknya kamu rajin mengikuti try out SBMPTN yang diselenggarakan oleh organisasi tertentu agar kamu tahu berapa passing grade mu. Jadi, bisa lebih terarah dalam memilih jurusan.

6. Apakah passing grade seseorang memberikan pengaruh dalam SNMPTN?

Jawab:

Tidak. Dalam SNMPTN, yang memberikan pengaruh adalah perolehan nilai rapor.

Passing grade hanya berlaku untuk kamu yang mencoba jalur SBMPTN dan Mandiri. Namun perlu untuk diingat, passing grade akan berubah – ubah sesuai dengan pendaftar di jurusan tersebut. Jadi jangan terlalu berpatokan dari passing grade saja.

7. Berapa pilihan jurusan yang bisa dipilih untuk jalur SBMPTN?

Jawab :

Untuk tahun ini, pilihan jurusan hanya ada 2. Berbeda dengan tahun sebelumnya. Sistem SBMPTN tahun ini memang banyak mengalami perubahan.

Untuk info SBMPTN 2019 selengkapnya bisa kamu baca di:

8. Berapa soal yang disajikan dalam SBMPTN?

Jawab :

Berdasarkan pengalaman saya dua tahun yang lalu, ujian SBMPTN terdiri dari 2 materi yaitu TPA dan Saintek (Soshum untuk yang memilih jurusan IPS). Soal Saintek terdiri dari 60 soal dan TPA terdiri dari 90 soal.

Total soal ada 150 soal. Untuk tahun ini, belum tahu total soalnya ada berapa. Namun jenis tesnya masih sama, Tes Potensi Skolastik (TPS) dam Tes Kemampuan Akademik (TKA) yang terdiri dari Saintek (untuk IPA) dan Soshum (untuk IPS).

9. Kalau memilih jurusan seni dan olahraga melalui jalur SBMPTN apakah masih ada Tes Keterampilan?

Jawab :

Untuk tahun ini, tes Keterampilan resmi dihapuskan. Tes Keterampilan digantikan dengan melampirkan portofolio sama seperti pada SNMPTN.

10. Apakah akreditasi sekolah memberikan pengaruh bagi lulus tidaknya peserta ujian dari jalur SBMPTN?

Jawab :

Akreditasi sekolah memberikan pengaruh bagi penilaian dalam SNMPTN. Bagi sekolah yang akreditasinya A, penerimaan mahasiswa melalui jalur SNMPTN akan lebih banyak dibandingkan sekolah yang akreditasinya B atau C, karena dianggap kualitas pendidikannya lebih baik.

  • Namun akreditasi sekolah tidak berpengaruh pada SBMPTN. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, SBMPTN dipengaruhi oleh nilai ujian yang diperoleh pada UTBK.

11. Bagaimana cara menghitung passing grade secara manual?

Jawab :

Cara menghitung passing grade secara manual bisa menggunakan rumus ini :

Dengan :

B = jumlah jawaban benar

S = jumlah jawaban salah

JS = jumlah soal

Karena jenis ujian ada 2 yaitu TKA dan TPS, maka hitung terlebih dahulu passing grade TKA (bobot 30%) dan TPS (bobot 70%)

Untuk nilai akhirnya bisa dihitung dengan (30% TKA + 70% TPS)/100

Sekali lagi, jika punya pertanyaan lainnya, atau jawaban atas pertanyaan kamu belum ada di artikel ini, silahkan tanyakan di kolom komentar.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow