999 +
0
33
0
Terapkan 6 Hal Ini untuk Menjadi Pemimpin Sejak Mahasiswa
1 month 'ago'

Mahasiswa merupakan sebutan bagi seseorang yang telah mencapai strata tertinggi penuntut ilmu  dalam dunia pendidikan.

Apa Harapan & Tuntutan kepada Kita Mahasiswa

Mahasiswa dipahami sebagai seseorang yang telah memiliki perilaku kematangan berfikir, keteguhan hati dan kemandirian dimana hal ini dapat dibuktikan dengan kegiatan yang ia jalani setiap harinya di perkuliahan.

Perilaku-perilaku itulah yang nantinya akan menunjukkan kepada khalayak ramai tentang jati diri seorang mahasiswa.

Mahasiswa sendiri dituntut untuk menguasai keadaan lingkungan sekitarnya, sehingga dengan  itu mahasiswa diharapkan memiliki pribadi yang peka terhadap apa yang terjadi disekitarnya.

Mahasiswa diproyeksikan untuk menjadi kelompok yang mewakili klaster akademisi guna mengabdikan diri kepada orang-orang disekitarnya.

Mahasiswa juga diharapkan menjadi orang yang meneruskan kepemimpinan di suatu negara dikarenakan ilmu dan karakteristik pejuang dan pengabdi yang ada dalam diri mahasiswa itu sendiri.

Masyarakat tentu mendambakan mahasiswa dengan perilaku  pemimpin yang ideal untuk menjadikan negeri mereka sejahtera maupun lebih bak daripada yang sebelumnya.

Berikut 6 hal yang bakal menjadikanmu memiliki perilaku kepemimpinan yang ideal ;

1. Rendah Hati

Rendah hati merupakan suatu perilaku dasar ketika kamu ingin disukai oleh orang lain. Ketika kamu memiliki perilaku rendah hati di dalam dirimu maka itu akan menjadi suatu nilai berharga yang ada padamu.

Rendah hati itu sendiri akan memunculkan perilaku respect orang lain terhadap diri kamu, yang nantinya akan berdampak kepada kondisi sosial mu kedepannya.

Seorang pemimpin yang ideal itu dikatakan bahwa ketika seorang pemimpin mampu  mendapatkan respect dari orang-orang yang dipimpinnya

2. Objektif

Objektif merupakan suatu pemikiran maupun pendapat tentang suatu hal berdasarkan fakta yang terjadi.

Pandangan objektif ini sangat kamu perlukan terlebih kamu sebagai seorang mahasiswa maupun calon pemimpin karena dengan pandangan objektif ini  kamu mampu membedakan mana yang benar maupun mana yang salah.

Seorang pemimpin ideal harus memiliki perilaku objektif agar tidak salah menyatakan pendapat maupun menentukan sikap terhadap suatu hal yang telah tejadi yang nantinya akan menghindari dirinya dari perilaku tergesa-gesa maupun sembarangan dalam keduanya.

3. Open Minded

Aspirasi ataupun pendapat orang lain menjadi hal yang paling penting ketika menjadi seorang mahasiswa terlebih seorang pemimpin, dengan hal tersebut pula penting bagi kamu untuk menjadi orang yang berperilaku  open minded dimana kamu harus memposisikan dirimu juga sebagai pendengar yang baik.

Kamu akan mendapatkan respect atas hal tersebut karena kamu dianggap mampu untuk bersikap terbuka atas apa-apa saja yang terjadi disekitarmu dan tidak bersikap egois ketika ada sesuatu opsi penawaran yang lebih baik atas suatu permasalahan.

4. Moderat

Perilaku dimana kamu untuk lebih modern, update ataupun tidak ketinggalan dengan perkembangan zaman, sehingga perilaku ini juga dapat kamu gunakan untuk menjadi fit di setiap kondisi lingkungan di sekitar kamu, kamu juga akan menjadi seseorang yang nyaman bagi setiap orang disekitar kamu.

Kamu juga dituntut untuk mempunyai pemikiran yang merupakan solusi terbaru untuk suatu permasalahan di sekitarmu dan menjadi penengah untuk setiap permasalahan diantara 2 sisi yang berlawanan.

5. Prestatif

Adinda Mawaddah, Mahasiswi USU yang Berprestasi dalam Pencak Silat

Hal ini merupakan perilaku yang mencerminkan bahwa kamu memiliki anggapan bahwa kamu adalah seorang juara disetiap seluk beluk lingkungan.

Perilaku prestatif juga merupakan dorongan ingin selalu menjadi yang terbaik dari setiap tantangan yang ada membuat kamu dipandang sebagai orang yang unggul dan memiliki kelebihan dari orang lain.

Fakta menunjukkan bahwa dengan prestasi pulalah timbul simpati dari orang-orang ada yang ada disekitarmu. Pencapaian yang berhasil kamu dapatkna seolah-olah menjadi sinyal bahwa kamu tidak hanya hebat berteori tetapi juga hebat dalam hal action

6. Kontributif

Orang lain tidak memandang dari penampilanmu yang bagus, hartamu yang berlimpah ataupun parasmu yang elok, tetapi orang lain melihat apa kontribusi yang dapat kita lakukan untuk orang di sekitarmu.

Luas dan banyaknya kebermanfaatan yang kamu sebarkan menjadi tolak ukur orang lain untuk memandangmu sebagai mahasiswa yang memiliki kepemimpinan yang ideal.

Kembali lagi bahwa mahasiswa bukan diproyeksikan menjadi orang lemah dan pengecut, tetapi mahasiswa diproyeksikan menjadi pemimpin yang ideal bagi setiap orang karena sejatinya mahasiswa merupakan akademisi yang benar-benar paham tentang seluk beluk yang terjadi di negerinya.

Tugasmu sekarang bukanlah untuk tidak peduli keadaan di sekitarmu melainkan untuk menjadi pemimpin ideal yang mampu hadir bak pelita diujung jalan dan jalan setapak di pegunungan.

Follow Us On :
Lencana
Sandrina M.Drone
Good Badges
Kongkow