999 +
0
64
0
Berikut Ini Fakta Menarik Tentang Manfaat Kunyit Bagi Tubuh
1 month 'ago'

Kunyit merupakan salah satu tanaman herbal yang sering digunakan untuk bumbu memasak.

Tahukah anda apa manfaat kunyit bagi kesehatan? Berikut ini manfaat kunyit bagi kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

1. Anti peradangan alami

Peradangan yang terjadi dalam tubuh menjadi salah satu penyebab dari munculnya penyakit, baik penyakit ringan hingga penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, kanker, Alzheimer, dan berbagai kondisi degeneratif lainnya. Tingginya kandungan kurkumin memberi manfaat kunyit sebagai agen anti inflamasi.
 

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kurkumin yang ada di dalam kunyit adalah salah satu zat anti oksidan yang kuat. Zat ini mampu mencegah radikal bebas yang mengganggu sistem DNA. Sistem DNA yang kuat berkontribusi pada meningkatnya imunitas atau sistem kekebalan tubuh
 

3. Mengurangi gas pada pencernaan

Buang gas (kentut) sangat penting untuk memastikan bahwa pencernaan Anda baik-baik saja, tapi kalau sudah berlebihan? Ada masalah di dalam perut Anda.

Manfaat kunyit untuk pencernaan ini, ampuh untuk mengurangi tekanan gas dalam perut. Senyawa kunyit berfungsi mengurangi asam pada perut yang berlebih, yang juga membuat perut menjadi kembung.
Caranya:

  • Tuangkan satu sendok kunyit halus(bubuk juga boleh), 
  • Masukkan ke dalam satu gelas air hangat berukuran sedang. 
  • Lihat hasil selama 2 minggu dengan konsumsi rutin.

4. Mengurangi mual

Ada banyak kondisi kesehatan yang menjadi penyebab timbulnya rasa mual, seperti stres, dehidrasi, atau bahkan infeksi pada pencernaan. Jika mual yang dirasakan disebabkan oleh masalah pencernaan, kunyit sebagai rempah alami bisa mengurangi rasa mual pada pencernaan.
Kandungan phytochemical pada kunyit ini, berfungsi untuk menambah antioksidan di tubuh yang dapat menetralisir racun sehingga mual Anda bisa diredakan.

 

5. Meredakan diare

Obat, keracunan makanan, virus, dampak alergi, dan makanan yang tidak sehat dapat mengakibatkan diare. Dengan meminum ramuan herbal kunyit, diare Anda bisa disembuhkan. Kandungan magnesium dan kalium pada kunyit membantu melawan dehidrasi dan menyeimbangkan cairan tubuh yang terkuras akibat serangan diare.
 

6. Sebagai antioksidan

Apa manfaat kunyit asam? Sejumlah penelitian membuktikan bahwa kunyit asam bermanfaat sebagai antioksidan. Pasalnya, senyawa kurkumin pada kunyit diketahui memiliki aktivitas antioksidan yang tinggi, sama halnya dengan asam jawa yang juga mengandung senyawa antioksidan yang baik untuk tubuh.
Kandungan antioksidan pada manfaat jamu kunyit asam juga mempunyai aktivitas yang lebih besar dibandingkan dengan antioksidan sintetis.

 

7. Menjaga kesehatan pencernaan

Apa manfaat kunyit putih? Sama dengan manfaat kunyit oranye,kunyit putih telah lama digunakan untuk mengobati masalah pencernaan. Minyak esensial kunyit ini dapat bermanfaat dalam pengobatan kolik, kejang otot, penurunan nafsu makan, cacingan, perut kembung, jarang buang air besar, dan lidah yang terasa pahit. Ini juga merupakan bantuan alami dalam mencegah peradangan usus akibat stres.

Apa manfaat kunyit untuk kecantikan? Selain baik untuk kesehatan tubuh, kunyit mengandung antioksidan dan antiradang. Keduanya memberikan sejumlah manfaat kunyit untuk wajah yang bisa memberikan kilau dan cerah alami pada kulit.

Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan 

1. Masker kunyit kasturi

Di samping fungsinya sebagai bumbu rempah makanan tradisional, masker kunyit bisa digunakan sebagai cara untuk menghilangkan komedo. Tapi perlu diingat juga kalau jenis kunyit biasa dapat menodai kulit, dampaknya kulit bisa berwarna kuning jingga. Kunyit yang bisa digunakan dalam membuat masker kunyit adalah kunyit kasturi.

Cara membuat masker kunyit kasturi:

  • Ambil satu sendok makan kunyit kasturi.
  • Masukkan ke dalam campuran minyak kelapa hingga teksturnya seperti pasta.
  • Oleskan ke bagian wajah yang terdapat komedo, diamkan sampai 10 menit.
  • Pijat lembut di bagian T zone (jidat, hidung dan dagu).
  • Bilas dengan air hangat dan lakukan dengan rutin untuk mencegah komedo datang lagi.

2. Masker kunyit dan pepaya

Masker dari buah pepaya umumnya cocok untuk semua jenis kulit wajah, termasuk kulit wajah sensitif. Pepaya mentah mengandung enzim yang disebut “papain” yang dapat meminimalisir pertumbuhan rambut halus dengan memecah folikel tempat rambut bertumbuh.

Cara membuatnya sebagai berikut:

  • Kupas pepaya mentah dan potong kecil-kecil.
  • Tumbuk pepaya hingga menjadi adonan kasar.
  • Ambil 2 sendok adonan pepaya yang sudah ditumbuk.
  • Campurkan dengan 1/2 sdt bubuk kunyit. Aduk rata.
  • Oleskan masker pada wajah atau bagian tubuh  yang diinginkan.
  • Pijat lembut kulit yang telah dilapisi masker selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air.
  • Ulangi prosedur 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

3. Masker kunyit dan yoghurt

Manfaat kunyit untuk wajah tidak hanya sekadar untuk mengecilkan pori-pori atau membuat kulit nampak lebih cerah saja. Masker kunyit dan campuran yoghurt juga mampu membantu mengurangi jerawat dan bekas luka yang dihasilkan. Kandungan zat anti-inflamasi pada masker kunyit dapat membuat jaringan bekas jerawat tidak meradang.

 Anda bisa menggunakan masker kunyit dan yoghurt untuk wajah dengan cara berikut ini:

  • Ambil 2 sendok teh kunyit bubuk, 4 sendok makan yoghurt plain dingin, dan madu.
  • campurkan yoghurt dan kunyit bubuk perlahan hingga warna kuning merata.
  • Diamkan dan dinginkan di lemari pendingin 10-15 menit.
  • Sesudahnya campurkan dengan madu.
  • Oleskan ke wajah yang telah dibersihkan dengan perlahan-lahan. 
  • Hindari bagian mata dan hidung.
  • Biarkan masker kunyit di wajah selama 15-30 menit lalu bersihkan dengan air.
Follow Us On :
Lencana
Sandrina M.Drone
Good Badges
Kongkow