999 +
0
71
0
Berbagai Manfaat Minum Air Hangat, Mulai dari Pelangsing Tubuh Hingga Atasi Migrain
3 months 'ago'

Sudahkah Anda mengkonsumsi air hangat pagi ini? Yuk konsumsi air hangat sebelum menjalani aktivitas harian.

Bukan tanpa sebab, kebiasaan mengonsumsi air hangat ternyata memiliki manfaat luar biasa untuk tubuh, apa manfaat minum air hangat pagi hari?

Manfaat Minum Air Hangat Bagi Kesehatan

1. Membantu menurunkan berat badan

Mengkonsumsi air panas tidak akan membuat kehilangan berat badan, tetapi itu akan membantu prosesnya. Ahli Nutrisi Cara Walsh, RD, merekomendasikan minum air hangat dipagi hari dan lemon dapat meningkatkan metabolisme, yang memberi tubuh kemampuan untuk membakar lebih banyak kalori sepanjang hari.

Ahli Nutrisi Cara Walsh, RD juga mengatakan bahwa minum air panas juga membersihkan usus untuk mencegah kembung di tubuh, dengan demikian dapat menyingkirkan kelebihan berat air yang mungkin ada.

 

2. Membantu membersihkan racun

Manfaat minum air hangat setiap hari dapat meningkatkan suhu tubuh inti, merangsang proses berkeringat, yang merupakan salah satu cara tubuh menghilangkan racun. Ketika dikonsumsi secara teratur dengan lemon, air panas dapat membantu menyeimbangkan semua makanan asam yang kita konsumsi setiap hari, kata Dr. Petre.
Jika Anda bukan penggemar lemon, cobalah teh hijau yang dapat menurunkan aktivitas radikal bebas di dalam tubuh.

 

3. Mengatasi migrain

Sebagian besar orang yang menderita serangan migrain atau sering sakit kepala karena kekurangan cairan di dalam tubuh. Manfaat minum air hangat yang bisa didapatkan saat adalah membebaskan seseorang dari sakit kepala.

Melihat banyak manfaat air hangat yang bisa didapatkan tubuh, masihkah Anda ragu untuk tidak mendapatkan manfaat minum air hangat?

 

4. Membantu mengatasi aklasia

Manfaat minum air hangat setelah bangun tidur yang jarang diketahui adalah berguna untuk orang dengan akalasia. Akalasia adalah kondisi kerongkongan mengalami kesulitan mendorong makanan ke lambung. Contohnya seperti mengalami kesulitan menelan dan kadang-kadang merasa seperti ada makanan yang terjebak di kerongkongan.
 

5. Meredakan hidung tersumbat 

Air hangat akan menghasilkan uap panas yang baik untuk hidung tersumbat. Menghirup uap ini sambil pelan-pelan meminumnya dapat membantu melonggarkan sumbatan lendir yang berkumpul di rongga hidung, dan meredakan sakit kepala. Manusia memiliki selaput lendir di seluruh leher dan tubuh bagian atas, meminum air hangat dapat membantu menghangatkan area tersebut dan meredakan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh adanya penumpukan lendir.

Dokter dari New York, Nesochi Okeke-Igbokwe, MD, MS mengatakan bahwa manfaat minum air hangat cukup efektif untuk mengatasi hidung tersumbat dibandingkan air dingin, sebab suhu yang tinggi dapat mempercepat laju pengeluaran lendir.
 

6. Membantu melancarkan sembelit

Apa manfaat minum air hangat setiap pagi? Sembelit memang sangat mengganggu dan membuat orang tersiksa. Masalah pencernaan ini terjadi karena usus tidak bekerja dengan optimal. Penyebab terbesarnya adalah kurang asupan air. Mengkonsumsi air hangat di pagi hari saat perut kosong dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Ini ampuh mengurangi sembelit.

Metsovas mengatakan, "Wanita biasanya merasakan dampak langsung dari minum air putih, karena siklus hormon ini membuat sembelit menjadi masalah."

Follow Us On :
Ranking
1
Lencana
Kongkow