0
100
0
Sebelum Memilih, Yuk Kenali Jurusan Psikologi!
5 months 'ago'

Agar tidak salah memilih jurusan, kenali terlebih dahulu jurusan yang ingin dipilih. Untuk itu, kesekolah.com ingin membantu kamu mereview jurusan perkuliahan agar Anda tidak salah pilih. Kali ini, kesekolah.com ingin membahas tentang salah satu jurusan yang paling diminati banyak lulusan SMA, terutama kaum perempuan. Yap, yakni jurusan psikologi. Yuk simak ulasannya berikut.

Banyak orang menngira anak psikologi itu bisa baca pikiran, perasaan, dan lain - lain. Psikologi merupakan suatu displin ilmu mengenai penelitian ilmiah tentang perilaku mental. Kata psikologi dapat diartikan sebagai ilmu tentang jiwa, diambil dari bahasa Latin "psychologia".

Bukan hanya menjelaskan apa yang kita lakukan dan bagaimana kita berperilaku, namun juga meneliti alur pemikiran dan alasan di balik tindakan kita. Untuk itu bagi Anda yang minat untuk mengerti orang lain, mempelajari perilaku - perilaku manusia, maka psikologi menjadi jurusan yang tepat.

Tapi bukan hanya dilandasi dengan hal tersebut, Anda juga perlu memiliki daya analisa yang kuat dan dapat mengaplikasikan teori - teori psikologi pada kasus kehidupan nyata.

Adapun salah satu mata kuliah pada jurusan psikologi yang paling dikenal dengan keabstrakannya, yakni Filsafat. Mengapa disebut abstrak? Sebab ada beberapa tugas yang akan buat Anda bingung, seperti menjelaskan mengapa sapi berkaki empat, mengapa manusia bisa berjalan, mengapa kamu ada di sini, dan pertanyaan lainnya. Tapi tidak boleh dikaitkan dengan takdir, ketentuan Tuhan, dan sejenisnya. Filsafat dibagi menjadi empat, yaitu Pengantar Filsafat, Filsafat Ilmu & Logika, Filsafat Manusia, dan Filsafat Fenomenologi.

Walaupun belajar tentang perilaku dan jiwa manusia, bukan semua pelajaran mengenai hal tersebut. Masih ada pelajaran - pelajaran umum seperti Bahasa dan juga statistika. Pelajaran statistika ini akan berguna untuk menyusun skripsi.

Psikologi dibagi beberapa program, seperti psikologi umum, psikologi klinis, spesialis psikologi, dan psikologi perilaku. Banyak juga keuntungan jika kamu memiliih jurusan psikologi, seperti dapat diterima di beragam karir, bisa lebih mengetahui perilaku dan sifat seseorang, serta bisa membuat perubahan dalam kehidupan masyarakat.

Semoga bermanfaat!

Follow Us On :
Lencana
Kongkow