0
62
0
Mau Kuliah bagi Keluarga Kurang Mampu? Ini Tipsnya
2 months 'ago'

Keterbatasan ekonomi seringkali membuat seseorang merasa pesimis untuk bisa melanjutkan kuliah, apalagi biaya kuliah akhir-akhir ini sangat tinggi. Bukan biaya pendaftarannya saja, biaya persemesternya, biaya buku, biaya sehari-hari tentunya akan membutuhkan banyak sekali uang. Mengingat kita berasal dari keluarga dengan keterbatasan ekonomi, tentu tidak mudah untuk mencukupi itu semua. Hal itu sering menimbulkan rasa patah semangat dan pesimis sehingga kita pada akhirnya memutuskan untuk tidak melanjutkan kuliah.

Jika hal itu yang selalu menjadi alasan, lalu sampai kapan kehidupan kita akan berubah. Keterbatasan tidak melulu menjadi penghalang dalam meraih sesuatu. Keterbatasan seharusnya menyadarkan kita bahwa kita harus bisa menjadi lebih baik untuk memperbaiki keadaan. Salah satu hal untuk memperbaiki keterbatasan ekonomi adalah dengan mendapatkan pendidikan yang tinggi. Dengan pendidikan yang tinggi, kita berpeluang untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

Optimis 

Tidak ada yang tidak mungkin jika kita berusaha. Percayalah bahwa akan ada jalan jika kita berusaha. Optimis membuat kita semakin semangat berusaha, sedangkan pesimis membuat kita berhenti berjuang. Hanya karena kita berasal dari keluarga kurang mampu, bukan berarti kita tidak punya kesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi.

Tingkatkan prestasi

Belakangan ini pemerintah kita sangat mengapresiasi pelajar-pelajar kurang mampu yang berprestasi. Pemerintah menyediakan bagi mereka beasiswa-beasiswa agar mereka tetap bisa melanjutkan pendidikannya. Jadi, meskipun kita punya keterbatasan dana untuk dapat melanjutkan kuliah kita tetap punya kesempatan asalkan kita mau terus belajar dan menunjukkan prestasi yang memuaskan.

Carilah informasi beasiswa

Langkah yang sangat direkomendasikan bagi mereka yang ingin kuliah tapi kurang mampu adalah mencari beasiswa. Jangan sungkan-sungkan menanyakan ke senior yang pernah kuliah tentang informasi-informasi beasiswa. Lembaga-lembaga sosial seperti Rumah Zakat, Dompet Dhuafa, PKPU biasanya menyediakan beasiswa untuk keluarga kurang mampu. Walau ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, paling tidak itu jalan keluar yang masuk akal untuk dilakukan. Biasanya beberapa pemerintahan provinsi dan pemerintahan kota/kabupaten pun juga ada yang menyediakan beasiswa bagi putra daerah yang berhasil lulus di perguruan tinggi negeri. Informasi mengenai beasiswa dapat dicari di menu Kesekolah.com di sini

Jangan merasa rendah diri

Ketika kita sudah memasuki dunia yang bernama kampus, kita sering merasa kita berbeda dengan orang lain. Ya, kita melihat orang-orang dengan penampilan yang trendy, kita melihat orang-orang dengan pergaulan yang mewah. Tidak sedikit yang pada akhirnya merasa rendah diri dan malu bergaul bersama mereka. Hal itu terkadang memberi semacam tekanan kepada kita hingga ada yang memutuskan untuk berhenti karena tidak bisa mengikuti pergaulan yang glamour.

Jangan biarkan hal itu terjadi, fokuslah pada tujuan untuk kuliah. Kita kuliah untuk memperbaiki kehidupan kita untuk masa depan bukannya mengikuti pergaulan masa kini. Tidak perlu merasa rendah diri. Jangan lihat mereka yang diatas kita, lihatlah, masih banyak orang yang tidak punya kesempatan kuliah, sedangkan kita diberi kesempatan untuk itu.

Tidak ada yang tidak mungkin jika kita mau berusaha. Sekali lagi, keterbatasan bukanlah halangan, keterbatasan justru cambuk agar kita terus berjalan.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow