Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Berikut Alasan Pendidikan Jadi Warisan Terbaik Orangtua kepada Anak

Berikut Alasan Pendidikan Jadi Warisan Terbaik Orangtua kepada Anak

- Sabtu, 16 Februari 2019 | 11:00 WIB
Berikut Alasan Pendidikan Jadi Warisan Terbaik Orangtua kepada Anak

Sebagai Orangtua, warisan terbaik apa yang akan Anda berikan kepada anak-anak ketika mereka sudah tumbuh dewasa? Mungkin di antara Anda ada yang menjawab rumah, perhiasan, kendaraan, tanah, pabrik, dan sebagainya. Akan tetapi, pernahkah Anda memikirkan sesuatu yang berbeda, sesuatu yang tidak akan pernah lekang oleh waktu, sesuatu yang bersifat abadi yang bisa dimiliki hingga akhir hayat. Ya, jawabanya adalah ilmu pengetahuan.

Ilmu pengetahuan adalah sesuatu yang tidak akan pernah lekang dimakan waktu, bahkan hingga seseorang menginjak masa tua pengetahuan yang dimiliki akan tetap menjadi hartanya yang paling berharga. Namun, ilmu pengetahuan tidak bisa diperoleh secara cuma-cuma karena salah satu cara untuk mendapatkannya hanya melalui proses pendidikan.

Berikut alasan mengapa pendidikan adalah warisan terbaik yang bisa diberikan oleh orangtua kepada anak:
1. Untuk karier dan masa depan

Pendidikan saat ini sangat penting tanpanya seseorang tidak akan memiliki nilai jual saat melamar pekerjaan. Melalui pendidikan pula seseorang akan memiliki lebih banyak peluang untuk mengembangkan karier dan memiliki masa depan yang jauh lebih baik.

2. Memberikan pencerahan
Efek langsung pendidikan yang dapat dirasakan adalah memberikan pencerahan. Pendidikan memberikan informasi kepada manusia mengenai segala sesuatu yang ada di sekitarnya dan mampu mengubah perspektif salah dalam memandang kehidupan.

3. Memberikan keterampilan
Fungsi pendidikan sebenarnya tidak hanya bertujuan untuk menciptakan manusia-manusia cerdas, tapi juga untuk memberikan keterampilan pada seseorang sehingga mampu menjawab kebutuhan pasar akan tenaga kerja terampil.

4. Mengubah karakter seseorang
Dalam dunia pendidikan memiliki banyak trik-trik jitu untuk mengubah karakter seseorang menjadi lebih baik, contoh: Anak yang dulu manja kemudian jadi lebih mandiri, anak yang dulunya suka berantem menjadi anak yang lebih penyabar, anak yang dulunya malas kini jadi lebih rajin, dan sebagainya.

5. Mengentaskan seseorang dari kemiskinan
Kemiskinan identik dengan kebodohan, tapi melalui pendidikan yang baik dapat membantu mengentaskan seseorang dari jurang kemiskinan. Namun, untuk bisa mewujudkannya dibutuhkan keseriusan dan kesediaan untuk mau bekerja dengan keras.

6. Membantu kemajuan sebuah bangsa
Sebuah negara dikatakan kuat bukan dilihat dari berapa banyak jumlah personil militer yang dimiliki atau berapa banyak sumber daya alam yang dimiliki, tapi dinilai dari seberapa banyak sumber daya manusia berkualitas yang dimiliki. Oleh sebab itu, melalui pendidikan bila hal ini terus didukung akan mampu membantu kemajuan sebuah bangsa secara luas.

Perkembangan zaman yang semakin pesat membutuhkan manusia-manusia dengan kemampuan yang memadai. Oleh sebab itu, orangtua berkewajiban mempersiapkan buah hati mereka dengan pendidikan yang baik agar mereka kelak tidak hidup sengsara. Namun, meskipun pendidikan sangat penting, jangan pernah melupakan pentingnya pendidikan spritual agar kehidupan jasmani dan rohani seimbang.

 

Cari Artikel Lainnya