0
90
0
Favorit Kita Semua, Tapi 5 Makanan Ini Bikin Cepat Pikun Lho!
5 months 'ago'

Pasti ada aja teman atau orang sekitar kita yang mencela seperti itu saat kita merasa lupa dengan suatu hal. Tapi, harus bagaimana lagi jika kondisi kita saat itu benar-benar tidak ingat? Untuk sekali atau dua kali mungkin masih termasuk hal yang wajar.

Tapi, beda ceritanya kalau kita selalu lupa hingga berulang-ulang kali. Itu berarti ada sesuatu yang salah pada diri kita dan bisa jadi salah satu penyebabnya adalah makanan yang kita konsumsi tiap hari.

Meskipun makanan yang kita santap itu benar-benar lezat, ternyata ada efek yang gak bagus bagi diri kita lho, terutama pada bagian otak. Ditambah lagi, kalau kita mengonsumsinya terlalu banyak.

Jangan heran, kalau kamu lama-lama menjadi pikun. Nah, ini dia 5 makanan yang patut kamu hindari biar kamu gak pelupa lagi.

1. Mie Instan

Favorit Kita Semua, Tapi 5 Makanan Ini Bikin Cepat Pikun Lho!

Siapa yang gak suka sama mie instan? Makanan penyelamat ketika malam hari saat perut udah mulai memanggil untuk diisi. Hampir semua orang suka dengan mie instan ini karena rasanya yang enak dan tentunya mudah untuk dimasak.

Tetapi di balik itu, makanan yang disebut "penyelamat di tanggal tua" ini gak sepenuhnya bisa menjadi penyelamat bagi tubuh kita. Alasannya, karena bahan pembuatan pada mie instan ini terdapat zat kimia yang berbahaya seperti pengawet dan MSG yang dapat memengaruhi sel-sel pada otak.

Bisa kamu bayangkan kalau kamu coba memakan mie instan terus-terusan. Sel-sel jaringan pada otakmu semakin lama semakin menipis dan akhirnya menjadi rusak. Hal yang kemungkinan bisa terjadi selanjutnya adalah kepikunan. 

2. Nasi putih dan tepung-tepungan

Favorit Kita Semua, Tapi 5 Makanan Ini Bikin Cepat Pikun Lho!

Bagi orang Indonesia, nasi putih adalah makanan yang wajib ada saat kita makan. Namanya bukan makan kalau diatas piring tidak ada nasi putih selain lauk pauk. Pada dasarnya, tidak ada yang salah dari kita yang selalu mengonsumsinya saat makan.

Tetapi, menaruh porsi nasi putih yang terlalu banyak, ternyata tidak baik bagi tubuh dan juga untuk otak kita. Ini dikarenakan nasi putih memiliki kandungan karbohidrat yang sangat tinggi. Bagi otak, efeknya bisa mengurangi fungsinya dan terjadi peradangan, sehingga daya ingat kita bisa menurun. 

Gak cuma nasi, makanan yang berkabohidrat tinggi dan berbahan dasar tepung-tepungan, seperti roti pun juga dapat mengakibatkan efek pelupa.

3. Camilan seperti keripik

Favorit Kita Semua, Tapi 5 Makanan Ini Bikin Cepat Pikun Lho!

Saat kita sedang menonton tv, rasanya ada yang kurang kalo gak sambil ngemil. Bahkan, kadang kita sampai memangku toples berisi keripik biar lebih enak menonton tv nya. Tapi, tahukah kamu? Kebiasaan kita seperti ini malah membuat buruk pada tubuh kita.

Selain memengaruhi badan, ternyata terlalu banyak ngemil juga bisa menurunkan daya ingat kita lho. Hal ini dikarenakan lemak trans yang ada pada keripik tersebut dapat menyebabkan kognitif kita menjadi berpengaruh. 

Selain adanya lemak trans yang terkandung pada keripik, bumbunya juga patut kita waspadai. Rasa asin, ber-MSG, dan pengawetnya dapat memperburuk kinerja pada otak kita. 

4. Gorengan

Favorit Kita Semua, Tapi 5 Makanan Ini Bikin Cepat Pikun Lho!

Gak cuma keripik, makanan pada gorengan juga memiliki kandungan lemak trans. Sudah pasti, makanan ini sangat tidak baik bagi tubuh kita, terutama pada otak. Alasannya, karena lemak trans termasuk golongan lemak yang jahat dibanding lemak jenuh yang dapat menghambat cara kerja kognitif.

Otak kita lama-kelamaan menjadi menyusut akibat terlalu banyak mengonsumsi gorengan. Kalau otak sudah mengecil, hal lain yang bisa terjadi adalah timbul efek pelupa pada seseorang. Wah, sebegitu bahayanya gorengan bagi tubuh kita ya.

5. Makanan yang manis-manis

Favorit Kita Semua, Tapi 5 Makanan Ini Bikin Cepat Pikun Lho!

Gak heran kalau permen, cokelat, dessert, dan makanan manis lainnya menjadi makanan favorite bagi semua orang. Tampilan yang cantik dan manis menggugah kita untuk ingin memakannya. Tetapi, ada baiknya kita untuk tidak tergiur dengan makanan manis tersebut.

Terkadang, kita tidak tahu seberapa banyak gula yang terkandung di dalamnya. Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis-manis, ternyata bisa membuat otak kita menjadi gak stabil lho. Bahkan, bisa sampai otak kita menjadi meradang. Mungkin dengan mengonsumsi satu porsi makanan manis saja sudah cukup ya, guys

Nah, itulah 5 makanan yang harus kamu hindari, jika tidak ingin menjadi orang yang pelupa. Apalagi saat menjelang ujian sekolah, kamu butuh konsentrasi dan daya ingat yang kuat agar kamu mudah memahami pelajaran. Sayangi dirimu ya, guys.

Follow Us On :
Ranking
1
Lencana
Kongkow