999 +
0
35
0
9 Tips Cerdas Menghemat Pengeluaran yang Patut Kamu Coba di 2019
2 months 'ago'

Angkat tangan jika kamu adalah salah satu dari orang-orang yang menyertakan rencana 'menabung lebih banyak' dalam list resolusimu tahun ini! Yup, di tengah-tengah kebutuhan manusia yang tiada habisnya, belum lagi gaya hidup konsumerisme saat ini yang semakin tinggi, nggak heran kalau mulai banyak orang pusing memikirkan pengeluarannya yang semrawut.

Alih-alih memikirkan soal jaminan kesehatan ataupun hari tua, tabungan untuk keluarganya kelak, serta berinvestasi aset-aset tertentu, kebanyakan orang justru merasa sangat sulit mengontrol keuangan, apalagi menyisakan rupiah untuk ditabung.

Jika kamu bertanya-tanya soal cara menghemat keuangan, kabar baik untuk kamu. Beberapa tips unik di bawah ini boleh banget, lho kamu contek sebagai langkah mengontrol pengeluaran.

Siapa tahu bisa membantu memecah kegundahan hati kamu. Langsung simak ulasan di bawah ini, yuk!

1. Hentikan layanan membership yang tak terpakai

Walaupun itu artinya kamu akan membayar dengan harga non-anggota yang lebih mahal, namun itu lebih baik dibanding harus rutin membayar fee, sedangkan kamu sangat jarang, atau bahkan tak pernah menggunakan layanan tersebut.

Memang sekilas biaya bulanan dari membership card-mu nampak kecil. Namun kamu tentu tak memiliki hanya satu, dan tanpa sadar pengeluaranmu justru banyak untuk iuran yang sia-sia.

2.Jangan pernah lewatkan sarapan & selalu bawa bekal!

Semua orang cenderung sangat mudah mengeluarkan uang untuk 'jajan' terutama ketika ia sedang on the go, lebih-lebih jika kamu bepergian dengan perut kosong. Bukannya kenyang dan menghemat, kebiasaan jajan justru membuatmu tak terasa menghabiskan lebih banyak uang.

Maka dari itu, sebaiknya jangan pernah lewatkan sarapan dengan makanan yang membuatmu kenyang hingga siang hari. Selain itu, mempersiapkan bekal sendiri untuk stok makanmu selanjutnya juga menjadi pilihan cerdas menghemat pengeluaranmu, lho!

3. Perhatikan kebutuhan ponsel dan internet

Kamu perlu memerhatikan hal satu ini. Jangan sampai kamu menggunakan atau berlangganan layanan internet yang tidak sesuai dengan kebutuhanmu. Hentikan langganan wifi jika jarang ada orang di rumah yang menggunakan.

Begitu juga dengan ketika kamu membeli paket internet, jangan memilih paket berjumlah besar jika kamu jarang menggunakan, atau sebaliknya jangan tanggung-tanggung membeli paket internet dalam jumlah besar jika dirasa kamu memang sedang membutuhkannya. Karena mencicil atau berkali-kali beli paket internet berjumlah kecil justru akan membuatmu boros!

4. Jual barang yang tidak terpakai, atau hadiahkan pada orang lain

Daripada barang-barang tersebut rusak akibat terlalu lama berada di gudang, kemudian terbuang, lebih baik jual barang tak terpakai. Lumayan bukan, kamu dapat mengumpulkan pundi-pundi rupiah dari sana.

Atau jika kamu tak ingin menjualnya, kamu juga bisa memberikan barang layak tersebut pada oranglain. Selain hitung-hitung kamu berbagi, ruangan di rumahmu pun akan jadi terasa lebih luas.

5. Mungkin kamu bisa stop penggunaan televisi

Jika saat ini kamu sudah berkeluarga, dan setiap anggota keluarga memiliki televisinya masing-masing di kamar, maka mengurangi jumlah televisi yang ada adalah pilihan tepat. Lebih bijak lagi, kalau hanya terdapat satu TV di ruang keluarga.

Selain kamu akan menghemat pengeluaran listrik, menonton tv bersama akan membuat keluarga menjadi lebih akrab.

Atau bahkan, kamu juga bisa memilih untuk tak menggunakan televisi sama sekali di rumah, lho! Yup, kini eranya sudah serba canggih. Kamu dapat menggunakan alternatif komputer serta koneksi internet sebagai gantinya. Jadi, kamu bisa menikmati multi-advantage dari teknologi yang kamu pakai.

6. Ingin makan malam di luar? Group dinner bisa jadi opsi paling tepat!

Tips satu ini recommended banget untuk kamu yang sering menyisakan makanan, karena merasa porsi makanan di luar 'kebesaran' untuk dimakan sendirian.  Dengan makan beramai-ramai, kamu bisa jauh lebih menghemat pengeluaran. Dengan porsi yang lebih besar, bisa jadi makanan tersebut justru dipatok harga lebih murah.

Belum lagi makanan yang dibayar dengan patungan membuat kamu anti rugi, karena selain terasa lebih ringan, kamu nggak perlu buang-buang makanan akibat kekenyangan.

7. Evaluasi kembali kebiasaan berbelanjamu

Ingat-ingat kembali, selama ini ke mana sebagian besar uangmu dikeluarkan. Apakah memang digunakan untuk sesuatu yang penting, atau justru untuk memenuhi keinginanmu yang impulsif.

Kamu perlu memerhatikan kebiasaan berbelanjamu, jangan sampai pengeluaranmu justru boros karena kamu sering tergoda dengan diskon besar-besaran, yang sebenarnya kamu tidak terlalu butuh barang tersebut.

8. Pilih transportasi umum untuk mobilitasmu

Selagi tempat yang kamu tuju dapat dijangkau oleh kendaraan umum, sebaiknya kamu mulai belajar memanfaatkan fasilitas tersebut. Karena selain jauh lebih hemat dibanding membeli bahan bakar sendiri, kamu pun juga berjasa turut mengurangi kemacetan dan polusi kota.

9. Untuk yang suka perawatan, DIY beauty bisa jadi alternatif berhemat lho

Kamu merasa sangat boros dalam membeli produk perawatan & kecantikan? Memang sah-sah saja merawat tubuh, dan tubuh yang sehat serta terawat memang sebuah investasi.

Nah karena penting, kamu nggak perlu stop kebiasaan satu ini. Sebagai gantinya, coba DIY Beauty untuk membuat produk perawatan seperti menikur, waxing, pedikur, scrubbing, atau banyak lagi. Nggak perlu bingung bagaimana caranya, karena jaman sekarang dengan akses internet, atau nonton Youtube saja kamu sudah bisa menirunya.

Berbekal bahan-bahan yang ada di sekitarmu, dijamin produk DIY Beauty ini bakan memangkas pengeluaranmu! Jadi kamu bisa menabung deh..

Gimana, sudah menemukan tips yang cocok yang bisa kamu terapkan?

Nggak perlu khawatir, dengan kamu niat berhemat dan menabung saja sudah menjadi awal yang baik. Tinggal, bagaimana kamu mulai menerapkan langkah selanjutnya dalam keseharianmu, dan lihat berapa banyak usahamu tersebut akan berdampak pada pengeluaranmu!

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow