999 +
0
34
0
5 Tips Nabung Uang Receh Ini Bisa Diterapkan Biar Makin Bermanfaat!
2 months 'ago'

Seringkali kita menganggap uang receh itu kurang praktis jika dibawa ke mana-mana karena nominalnya yang kecil dan perlu uang receh yang banyak untuk mencapai nominal yang lumayan besar. Akibatnya, banyak kalangan yang tak merasa nyaman dengan memegang uang receh dan lebih suka melakukan transaksi online saja. Sementara, uang receh juga biasa kita geletakkan begitu saja.

Padahal bila ditabung dengan benar,  lama-lama jumlahnya akan besar dan bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari. Nah, berikut 5 tips yang bisa kamu terapkan ketika menabung dengan uang recehan, yuk simak!

1. Tentukan berapa uang receh yang akan kamu tabung

Hal pertama yang perlu dilakukan otomatis kamu perlu menentukan uang receh berapa yang akan kamu tabung. Apakah Rp 1.000, Rp 2.000 atau Rp 5.000? Semua itu diusahakan tidak membebani dirimu. Nah setelah kamu sudah memutuskan berapa nominal uang receh yang akan kamu tabung, mulailah konsisten untuk menabung.

2. Pisahkan tabungan berdasarkan nominalnya

Nah kalau kamu merasa uang recehmu banyak dan kurang bisa dimanfaatkan, cobalah tabung sesuai nominalnya. Misalnya kamu mempunyai uang receh Rp 2.000 dan Rp 5.000 nah kamu pisahkan keduanya dan tabung di tempat berbeda. Lakukan konsisten dan hanya tabung dengan nominal uang yang sama saja di antara keduanya, jangan disatukan dan biarkan kedua nominal itu disimpan di suatu tempat yang aman.

3. Jadikan uang kembalian sebagai uang tabungan yang tak boleh digunakan

Ketika berbelanja apapun kamu pasti akan mendapatkan uang kembalian dalam bentuk recehan. Nah uang recehan ini jangan kamu gunakan untuk apapun cukup tabung saja, dengan begitu tabunganmu akan segera penuh.

Namun lakukan hal ini ketika keuanganmu dalam kondisi baik. Jika tidak, jangan dipaksakan. Penuhi kebutuhan primermu dahulu barulah setelah itu pikirkan tentang menabung dan kebutuhan sekunder lainnya.

4. Buat jangka waktu untuk tabungan

Nah agar uang tabunganmu berkumpul dengan nominal yang cukup banyak tentunya kamu perlu jangka waktu. Tentukan sampai kapan kamu menabung apakah setahun atau dua tahun misalnya. Lalu setelah itu bersikaplah konsisten ketika menabung dan jangan lupa untuk menempelkan waktu kapan tabungan tersebut akan dibuka. Dengan begitu tentunya kamu akan mendapatkan uang tabungan yang bisa memenuhi kebutuhanmu, bahkan uang ini bisa kamu gunakan saat darurat.

5. Tentukan di mana tempat yang pas untuk menabung

Nah terakhir pilihlah tempat yang pas untuk tabunganmu. Kalau kamu merupakan orang yang pelupa, celengan berukuran sedang akan cocok menjadi tempat untuk tabunganmu. Namun kalau kamu merasa celengan terlalu mahal, kotak biskuit yang tak terpakai bisa pula kamu gunakan sebagai tempat tabunganmu.

Yuk menabung!

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow