0
21
0
Sering Tak Disadari, 6 Hal Ini Bikin Kamu Jadi Pribadi Mudah Menyerah
6 days 'ago'

Pasang surut semangat seringkali bikin kita enggan mengerjakan sesuatu. Namun, kondisi seperti itu dapat menjadi buruk jika tak bisa lepas dari rasa mudah menyerah. Ada banyak sebab seseorang menjadi pribadi yang patah semangat.

Beberapa di antaranya justru tak disadari oleh diri kita. Kira-kira apa saja sih faktor yang bikin seseorang gampang menyerah?

1. Anggap diri sendiri tak ada apa-apanya

"Aku itu gak ada apa-apanya dibanding dia. Aku ini remahan biskuit doang". Hayo ngaku siapa yang sering bilang seperti itu? Kalau kamu sering memandang diri sendiri dengan sikap pesimis jangan harap bisa menjadi pribadi yang bersemangat. Justru, kamu makin memperparah kemurungan dan rasa putus asa yang harusnya dibuang jauh-jauh.

2. Terkurung rasa sesal tak berkesudahan

Ketika mendapati sebuah kenyataan tak selaras dengan ekspetasi tentunya kamu merasa kecewa. Namun, kecewa dan kekesalan itu akan jadi bumerang jika tak bisa dikontrol. Kamu nantinya akan terseret dalam pusaran rasa sesal tiada akhir dan membuatmu tak beranjak kemana-mana karena takut merasakan hal itu lagi. 

3. Trauma kegagalan yang berlebihan

Mengalami kegagalan di waktu lampau memang sulit untuk dilupakan. Tapi, ini akan jadi racun jika kamu sendiri tak bisa memetik hikmah dan terus menerus memikirkan kejatuhan yang menimpamu. Kalau sudah begini kamu pun diserang trauma yang berlebihan. Nyalimu akan makin ciut jika dihadapkan pada tantangan baru.  

4. Ingin semua hal berjalan serba instan

Sukses dalam menuntaskan berbagai aktivitas memang butuh proses. Tak bisa serta merta dilakukan dengan cara instan. Jika kamu hanya ingin semuanya jadi dengan sekejap mata maka kamu sudah 'sukses' memelihara rasa pesimis dalam diri.

Kamu pun berusaha potong kompas demi hasil dan melupakan proses panjang meraih hal yang diinginkan. Ingat, bikin mi instan saja butuh proses apalagi kalau menuntaskan seabrek masalah. 

5. Langsung berpikir negatif sebelum mencoba

Rasa takut terhadap kegagalan yang masih tersisa di dalam diri nyatanya berbuntut panjang. Kamu jadi begitu antipati untuk mencoba hal baru. Pikiranmu langsung tertuju pada hal buruk yang mungkin terjadi bahkan sebelum melakukannya. Kalau dibiarkan begitu saja maka rasa mudah menyerah yang bersemayam dalam diri akan tetap betah tinggal.

6. Dikelilingi orang-orang parasit

Dikelilingi banyak orang memang jadi satu hal yang bikin bahagia. Namun, akan jadi beda jika kamu dilingkupi oleh orang-orang 'parasit'. Mereka akan berusaha memanfaatkanmu namun pergi menghilang jika kamu ada masalah. Alhasil, tak ada yang mendukungmu pulih dari rasa kecewa dan makin memperparah rasa pesimis yang sudah ada dalam dirimu.

Rasa kecewa dan kesal memang bikin kamu patah arang menuntaskan masalah. Namun, kamu harus bisa bangkit dari keterpurukan. Jangan anggap sepele hal yang bisa bikin antusiasme kamu turun. Ingat, kamu itu pribadi berharga jadi jangan kurung diri dengan kekecewaan berlebihan.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow