Home » Kongkow » Tips & Trik » Bagi Mahasiswa Baru, Simak Hal Ini Agar Kamu Mudah Beradaptasi dengan Lingkungan Kampus

Bagi Mahasiswa Baru, Simak Hal Ini Agar Kamu Mudah Beradaptasi dengan Lingkungan Kampus

- Sabtu, 12 Januari 2019 | 10:20 WIB
Bagi Mahasiswa Baru, Simak Hal Ini Agar Kamu Mudah Beradaptasi dengan Lingkungan Kampus

Menjadi mahasiswa baru memang sangat menyenangkan dan tentunya kamu harus mulai belajar untuk mandiri dan beradaptasi dengan lingkungan sekitar mu.

Biasanya dikalangan mahasiswa baru, tidak mudah untuk menyesuaikan diri dengan mudah dikarenakan beberapa faktor seperti takut, kurang percaya diri, grogi, malu, dan masih banyak faktor lainnya.

Sebagai mahasiswa tentunya kamu harus merubah sikap kamu yang seperti itu, persoalannya karena kamu sudah menjadi mahasiswa dan ritme berfikir mu juga tidak sama lagi ketika di SMA dan siap untuk memasuki dunia kampus.

Untuk itu kamu harus simak penjelasan berikut ini agar kamu bisa beradaptasi dengan mudah di kampus

1. Membiasakan diri untuk menerima orang baru.

5 Tips Untuk Mahasiswa Baru Biar Cepat Akrab dengan Lingkungan Kampus
Pertama yang harus kamu lakukan ialah membuka diri dan berkenalan dengan orang lain. Hal ini agar melatih percaya dirimu sedikit demi sedikit agar kamu tidak kelihatan gugup ketika bertemu senior atau teman baru di kampus. tapi kamu tetap harus hati-hati untuk berkenalan dengan orang yang baru kamu kenal.

2. Mencari informasi mendalam terkait jurusan yang kamu pilih

Image result for perpustakaan
Tentunya sebelum kuliah perdana dimulai, kamu harus mencari tahu info sebanyak-banyaknya terkait jurusan maupun fakultas yang kamu pilih. Kamu boleh cari tahu bagaimana kondisi mahasiswanya, dan bentuk-bentuk kegiatannya. Agar kamu tidak mudah untuk ditipu orang lain serta kamu mudah untuk memahami kondisi fakultasmu.

3. Mengikuti Organisasi Kampus

Image result for organisasi kampus
Cara agar kamu mudah beradaptasi dengan kampus yakni dengan mengikuti organisasi yang ada di dikampus mu. Kamu bisa memilih organisasi apa yang bisa kamu ambil sesuai dengan minat serta bakat yang kamu pilih. Biasanya mahasiswa mengambil organisasi agar mereka bisa mendapatkan ilmu serta memperluas jaringan pertemanan.

4. Jangan Malu Bertanya

Image result for bertanya
Sebagai mahasiswa baru, kamu jangan malu untuk bertanya tentang apa saja yang ada di kampusmu, meskipun hal sekecil apapun misalnya menanyakan ruang dosen. Hal ini agar melatih mental mu untuk selalu bisa berani berhadapan dengan orang baru.

5. Belajar Kelompok

Image result for mahasiswa belajar
Bentuk kelompok belajar dengan teman kelasmu, dengan begitu kamu bisa lebih tahu antara teman yang satu dengan teman lainnya dan pastinya kamu bisa lebih akrab dan kompak.

6. Buat Party

Image result for mahasiswa party
Mahasiswa biasanya tak pernah lepas dengan membuat party. Setalah pulang kuliah kalian bisa buat party kecil-kecilan dengan teman kelasmu dan bisa mengajak seniormu juga. Kalian bisa sharing mengenai perkuliahan mu serta suasan belajar mengajar dikelas. Tapi ingat yah, jangan keseringan membuat party agar kamu tidak lupa dengan tugas utamamu sebagai mahasiswa (*)

Mungkin tips diatas bisa membantumu untuk beradaptasi dengan lingkungan kampus, silahkan mencoba

Cari Artikel Lainnya