999 +
0
60
0
Kebiasaan Ini Wajib Dilakukan Siswa dalam Belajar
4 weeks 'ago'

Di sekolah atau kampus, selalu ada beberapa siswa yang sangat berprestasi dalam pelajaran, di mana sebagian lainnya tidak terlalu baik dalam akademik. Pertanyaan selanjutnya pun mencuat, apa sebenarnya yang membedakan para siswa tersebut? Apakah memang mereka benar-benar belajar serius? Yang jelas, jenis pendidikan yang didapatkan di kelas sifatnya sama bagi setiap siswa. Baik pelajaran maupun silabus yang dibuat juga disesuaikan dengan semua tipe siswa, jadi tidak ada yang perlu disalahkan di sana. Beberapa siswa cerdas mungkin memang memiliki pemahaman konsep lebih baik dan memori yang kuat, sebagian lain mungkin harus belajar berulang-ulang untuk mengerti pelajaran.

Berikut beberapa tanda siswa dengan kebiasaan belajar yang baik:
1. Mencatat

Satu hal yang amat penting dari kebiasaan belajar siswa yang baik adalah mencatat di kelas. Tidak semua yang dikatakan guru atau dosen dapat diingat atau mudah dipahami setelah Anda selesai jam kelas. Mencatat adalah bagian vital sebelum seorang siswa masuk ujian atau hanya sekedar melakukan tujuan revisi.

2. Banyak berlatih
Siswa yang baik dan cerdas pastinya sangat memahami pentingnya berlatih. Sekedar mempelajari tiap bab tentu tidak cukup, Anda harus menguji diri sendiri sebagai tanda apakah Anda menyerap pelajaran dengan baik dan sukses. Latihlah kemampuan Anda dengan menjawab soal-soal latihan ujian.

3. Membuat jadwal
Membuat jadwal belajar juga merupakan hal penting jika seorang siswa ingin kegiatannya lebih teratur. Anda pun harus memiliki jam-jam tertentu untuk belajar dengan tujuan-tujuan dan target. Penting juga agar Anda bisa seimbang melakukan berbagai kegiatan yang lain dan istirahat agar pikiran tidak penuh dengan informasi pelajaran yang kadang membuat jenuh. Semakin terencana dan terjadwal segala kegiatan, maka akan membuat diri semakin relaks dan percaya diri menghadapi ujian.

4. Punya lokasi khusus belajar
Belajar yang baik tentunya harus dalam kondisi tenang dan senyaman mungkin. Hal itu tidak akan terjadi jika Anda belajar di sembarang tempat. Anda membutuhkan ruang yang nyaman dan tidak berisik. Jika Anda memilih belajar di kamar, pastikan Anda memiliki meja khusus untuk belajar dengan posisi tubuh yang pas dibandingkan hanya tiduran di kasur. Anda butuh ruang agar ponsel maupun komputer berjarak dari tempat tidur.

5. Memberi penekanan pada teks penting
Memberi penekanan dengan spidol atau stabilo untuk hal-hal yang penting saat membaca akan membantu siswa memahami suatu hal lebih cepat. Bahkan, saat terlupa dengan pelajaran ketika ujian cara tersebut akan sangat membantu. Setelah itu, Anda juga bisa membuat catatan kecil tentang perbandingan konsep yang baru dibaca.

Belajar merupakan salah satu kunci utama untuk menuju kesuksesan. Itulah salah satu kalimat yang dapat memotivasi seorang siswa. Semua ilmu pengetahuan yang dikuasai seseorang tidak akan datang begitu saja tanpa diiringi oleh proses belajar. Proses belajar yang baik tentu akan memudahkan seorang siswa untuk menguasai materi yang dipelajarinya.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow