Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Ini Kebiasaan yang Bisa Membuat Insomnia

Ini Kebiasaan yang Bisa Membuat Insomnia

- Jumat, 11 Januari 2019 | 09:12 WIB
Ini Kebiasaan yang Bisa Membuat Insomnia

Salah satu masalah yang dialami manusia adalah susah tidur dimalam hari atau biasa disebut insomnia, kenapa hal ini terjadi? ada beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan Anda sulit tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak pada malam hari, padahal jam istirahat Anda hanya pada malam hari. Ganguan kualitas tidur atau susah tidur ternyata bukan hanya dari makanan ternyata juga dari kebiasaan buruk juga menyebabkan insomnia, seiring kemajuan teknologi sekarang ini yang menjadikan seseorang ketergantungan dengan gadget. Kemana-mana tidak lepas dari yang namanya gadget bahkan sampai larut malam masih bermain gadget untuk membuka jejaring sosial.

Berikut kebiasaan yang bisa membuat insomnia:
1. Browsing Internet Sebelum Tidur

Browsing internet sebelum tidur akan membuat anda menjadi lupa untuk tidur dan pada akhirnya akan terlambat tidur karena keasyikan online. Karena seperti yang kita ketahui bahwa browsing di internet bisa membuat seseorang menjadi lupa waktu. Jadi, kurangi kebiasaan buruk ini jika ingin mendapatkan tidur yang berkualitas.

2. Menonton TV
Asyiknya menonton acara tv juga bisa mempengaruhi kualitas tidur jika tanpa dibatasi waktunya, apalagi kalau acaranya lagi seru pastinya jadi tidak tidur-tidur sampai larut malam. Jadi sebaiknya sebelum tidur tidak menonton tv terlebih dahulu.

3. Membaca Buku Di Tempat Tidur
Tidak ada yang melarang Anda untuk membaca buku karena buku adalah jendela dunia sehingga banyak informasi yang bisa kita dapatkan apabila rutin membaca buku. Namun, membaca buku sebelum tidur bukanlah ide yang bagus karena hal ini justru akan membuat Anda mengalami insomnia atau sulit tidur dan hal ini telah dilakukan penelitian oleh Universitas Harvard

4. Terlalu Sering Begadang
Kebiasaan buruk terakhir yang bisa menyebabkan seseorang menjadi insomnia adalah karena terlalu sering begadang. Seseorang yang begadang dimalam hari biasanya akan tidur seharian dari pagi hingga siang bahkan sore hari. nah, apabila kebiasaan ini terus berlanjut maka tentu saja tubuh akan merespon hal tersebut dan membuat jam biologis kita terganggu.

Nah, itulah kebiasaan sepele yang bisa membuat insomnia sehingga harus ditinggalkan agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Karena seperti yang kita ketahui bahwa tidur yang berkualitas bisa membuat tubuh menjadi bugar kembali.

Cari Artikel Lainnya