Home » Kongkow » Tips & Trik » 5 Cara Unik Ini Bisa Bikin Mood Kerja Kamu Naik Terus

5 Cara Unik Ini Bisa Bikin Mood Kerja Kamu Naik Terus

- Kamis, 10 Januari 2019 | 10:00 WIB
5 Cara Unik Ini Bisa Bikin Mood Kerja Kamu Naik Terus

Jam kerja yang panjang seringkali bikin mood kamu naik turun kan? Terutama pada sesi jam akhir dimana energi kamu sudah terkuras. Tapi kalau ingin produktivitas kerjamu maksimal, kamu memang gak boleh menyerah pada mood yang buruk.

Ternyata ada 5 cara unik dan mudah banget yang bisa bantu kamu menjaga semangat kerja di kantor. Langsung simak aja ya, guys!

1. Lihat foto-foto bayi hewan lucu yang bikin gemes

5 Cara Unik Ini Bisa Bikin Mood Kerja Kamu Naik Terus

Mungkin ini seperti membuang waktu, tapi hasil studi mengungkapkan bahwa melihat foto bayi hewan sebelum memulai pekerjaan bisa bikin kamu melakukan tugas dengan lebih baik daripada mereka yang melihat objek foto lainnya.

Kamu bisa searching foto-foto bayi hewan baik di instagram atau media online lainnya. Sebut saja misalnya bayi kucing, anak ayam, bayi panda atau anak anjing yang kelucuannya bikin mata betah menatap. Gampang banget, kan?

2. Simpan aroma peppermint di meja kerja

5 Cara Unik Ini Bisa Bikin Mood Kerja Kamu Naik Terus

Supaya kamu bisa lebih mudah menghirup aromanya, teteskan saja sedikit minyak esensial beraroma peppermint dalam wadah kecil lalu taruh di atas meja kerjamu. Nah, saat mood kerja kamu mulai turun, hirup saja aromanya dengan rileks.

Sebuah riset memaparkan bahwa aroma peppermint bisa membantu kamu untuk lebih fokus, meredakan rasa cemas dan rasa lelah.

3. Jangan aplikasikan warna tertentu di meja kerja

5 Cara Unik Ini Bisa Bikin Mood Kerja Kamu Naik Terus

Ternyata warna di tempat kerja juga mempengaruhi mood kamu lho! Sally Augustin, seorang psikolog lingkungan, memberi saran untuk mengaplikasikan warna-warna halus atau netral di meja atau ruang kerja seperti warna taupe, ragam warna putih, stone atau perpaduan antara warna putih dan abu-abu.

Warna halus bisa bikin kamu lebih fokus. Kalau kamu memang ingin lebih produktif dengan cara fokus, lebih baik hindarilah warna terang di meja kerja. Supaya gak monoton, tambahkan saja sedikit corak atau tempelan foto-foto menarikmu di ruang kerja. 

4. Beri jeda jam kerjamu untuk istirahat singkat setiap 25 menit

5 Cara Unik Ini Bisa Bikin Mood Kerja Kamu Naik Terus

Trik satu ini bakal melatih kamu untuk tahu seberapa lama seharusnya pekerjaan itu bisa kamu selesaikan. Bagilah tugasmu menjadi beberapa segmen setiap 25 menit. Kamu bisa istirahat singkat misalnya dengan rebahan, menghirup udara luar, menatap langit biru atau apa pun yang bisa bikin kamu rileks seketika.

Dalam setiap segmen, fokus kamu untuk menyelesaikan segera satu tahap pekerjaan akan lebih meningkat. Kebiasaan satu ini juga bakal memaksa kamu untuk tahu mana pekerjaan yang penting dan harus didahulukan. 

5. Sesekali kunyah permen karet

5 Cara Unik Ini Bisa Bikin Mood Kerja Kamu Naik Terus

Selain mendapatkan rasa manis, mengunyah permen karet juga bisa meningkatkan mood kerja kamu lho! Andrew Smith, profesor di Cardiff University, Inggris, mengungkapkan bahwa orang-orang yang mengunyah permen karet mempunyai laporan produktivitas kerja yang lebih tinggi di kantor, hal tersebut sesuai dengan hasil studi dari laboratorium.

Sediakan saja beberapa permen karet dalam toples kecil di meja kerjamu lalu kunyah saat semangat kerjamu menurun. Kebiasaan ini bisa menstimulasi saraf tregminal pada bagian otak yang berkaitan dengan ketajaman perhatian atau fokus.

Itulah beberapa cara unik yang bisa mengembalikan mood kerja kamu supaya lebih produktif. Boleh banget dicoba nih, guys!

Cari Artikel Lainnya