Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Pekerjaan Lulusan SMK Yang Bebas Untuk Semua Jurusan, Ada 10 Jenis Nih!

Pekerjaan Lulusan SMK Yang Bebas Untuk Semua Jurusan, Ada 10 Jenis Nih!

- Selasa, 08 Januari 2019 | 10:10 WIB
Pekerjaan Lulusan SMK Yang Bebas Untuk Semua Jurusan, Ada 10 Jenis Nih!

Bayangan setelah lulus dari SMK adalah langsung bekerja. Akan tetapi, tidak jarang pekerjaan yang ada tidak sesuai dengan jurusan yang sebelumnya ditekuni. Tapi menganggur juga sangat tidak enak. Untuk itulah Kamu harus segera bergerak, mencari informasi perihal jenis pekerjaan lulusan SMK yang sesuai dengan kompetensimu.

Mencari pekerjaan memang tidaklah mudah, terlebih mencari pekerjaan sesuai bidang yang Kamu kuasai. Meski begitu bukan berarti tidak ada kesempatan untuk berkarir, sebab ada banyak jenis pekerjaan yang bisa Kamu jadikan pilihan.
Berikut adalah ulasan mengenai 10 jenis pekerjaan lulusan SMK yang bisa dimasuki oleh semua jurusan.

1. Customer Service

Apa yang Kamu lakukan ketika memiliki keluhan terhadap suatu pelayanan, misal dari operator seluler? Tentu Kamu akan menelpon CS dari operator tersebut, bukan? Ya, mendengarkan keluhan pelanggan memang salah satu tugas dari CS. Beberapa kantor membuka lowongan CS ini dan terbuka untuk semua jurusan. Coba saja!

2. Sales

Untuk menjadi sales, Kamu tidak harus lulus di bidang pemasaran. Modal utama yang harus Kamu miliki adalah kelihaian dalam berbicara dan mengajak orang membeli produk. Ada nilai plus untuk Kamu yang memiliki penampilan menarik.

3. Kasir

Kasir bisa menjadi pekerjaan lulusan SMK yang dapat Kamu pilih. Pekerjaan ini umumnya tidak mensyaratkan lulusan perguruan tinggi. Banyak perusahaan yang membutuhkan kasir dan mensyaratkan pendidikan minimal SMK atau SMA. Pekerjaan kasir ini terbuka untuk semua jurusan lho.

4. Freelancer

Ada berbagai jenis freelance yang bisa Kamu jalani, misalnya creative content writer. Jika suka menulis, maka Kamu bisa memilih profesi tersebut. Memang ada beberapa perusahaan yang mensyaratkan minimal lulusan S1 untuk creative content writer, namun ada juga yang mensyaratkan minimal lulusan SMK.

5. Kurir

Perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman barang, seperti JNE, TIKI, atau J&T, pasti membutuhkan kurir untuk mengantar barang. Untuk lowongan kurir, biasanya menerima lulusan SMK tanpa jurusan yang spesifik. Berminat?

6. Admin Sosial Media

Kamu termasuk orang yang aktif di sosial media? Jika iya, maka tidak ada salahnya jika Kamu mendaftar lowongan untuk posisi admin sosial media. Terlebih jika bahasa Inggrismu sudah bagus, maka hal itu menjadi nilai tambah.
Lowongan ini bisa untuk semua jurusan, meski memang ada beberapa perusahaan yang meminta lulusan jurusan komunikasi, atau sejenisnya.

7. Office Boy

Beberapa perusahaan tentu membutuhkan tenaga office boy / cleaning service di perusahaannya. Lowongan office boy ini biasanya terbuka untuk semua jurusan dan bisa juga untuk lulusan SMK maupun SMA.

8. Youtuber

Di era media sosial seperti hari ini, bagi Kamu yang suka membuat video animasi, atau vlog, profesi satu ini tentu cocok untuk Kamu. Bukan rahasia umum lagi jika profesi sebagai youtuber sedang diminati oleh anak muda zaman sekarang.

Jika Kamu memperoleh banyak subscriber dan views di akun Youtube-mu, ini artinya kesempatan untuk memperoleh rupiah semakin terbuka lebar.

9. Selebgram

Pekerjaan ini mirip dengan pekerjaan Youtuber, hanya saja selebgram bermain di media sosial instagram. Kalau Kamu sudah menjadi selebgram, bukan tidak mungkin Kamu bisa diundang di TV dan mendapat pundi rupiah lebih banyak lagi.

10. Berbisnis

Nah, pekerjaan yang terakhir ini sangat terbuka bagi semua orang, termasuk Kamu yang lulusan SMK. Terlebih saat ini pemerintah sedang menggencarkan program untuk wirausahawan, peluang ini tidak boleh Kamu sia-siakan.
Sekian ulasan mengenai jenis pekerjaan lulusan SMK untuk semua jurusan. Semoga bisa berjodoh di salah satunya ya!

Cari Artikel Lainnya