Home » Kongkow » Kesehatan » Manfaat dan Peranan Vitamin D untuk Kesehatan

Manfaat dan Peranan Vitamin D untuk Kesehatan

- Jumat, 04 Januari 2019 | 10:10 WIB
Manfaat dan Peranan Vitamin D untuk Kesehatan

Vitamin D atau calciferol adalah salah satu vitamin penting bagi kesehatan tubuh. Kekurangan vitamin D dapat meningkatkan resiko osteoporosis, diabetes, nyeri otot, nyeri tulang, dan beberapa jenis kanker. Salah satu sumber vitamin D yang baik adalah cahaya matahari, yang membentuk vitamin D dalam kulit. Berjalan selama 15 menit di bawah terpaan sinar matahari pagi dapat mencukupi kebutuhan harian vitamin D. Vitamin D terdapat dalam banyak sumber makanan hewani. Contoh makanan yang mengandung vitamin D adalah ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden, udang, kuning telur, susu diperkaya, minyak hati cod, hati sapi, dan keju. Apa manfaat vitamin D bagi kesehatan?

Berikut beberapa manfaat vitamin D bagi kesehatan tubuh kita.
1. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain membantu tubuh menyerap kalsium, vitamin D juga membantu penggunaan kalsium dalam struktur tulang. Sel-sel yang membentuk dan mengendalikan tulang, osteoblast dan osteoclast diatur oleh kelenjar paratiroid yang yang aktivitasnya dipengaruhi kecukupan vitamin D. Mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin D akan mengurangi resiko penyakit tulang seperti osteoporosis dan rakhitis (penyakit Inggris).

2. Menjaga Fungsi Otot
Mencukupi kebutuhan vitamin D dapat membantu memaksimalkan fungsi otot. Salah satu gejala kekurangan vitamin D adalah lemah otot dan nyeri otot. Hasil studi menunjukkan bahwa pemberian suplemen vitamin D dapat meredakan rasa nyeri pada sebagian pasien nyeri otot yang mengalami defisiensi vitamin D.

3. Meningkatkan Imunitas Tubuh
Vitamin D penting bagi sistem imunitas tubuh. Banyak dari sel-sel yang penting dalam melawan penyakit termasuk yang melawan kanker, memiliki reseptor vitamin D. Kekurangan vitamin D diketahui meningkatkan resiko kanker.

4. Mencegah Hipertensi
Vitamin D membatasi aktivitas enzim-enzim tertentu yang dapat menaikkan tekanan darah dengan meningkatkan retensi sodium dan air dalam darah.

5. Membentu Penyerapan Mineral Fosfor
Vitamin D juga diketahui membantu tubuh menyerap mineral fosfor yang sangat bermanfaat bagi jaringan dan organ tubuh kita.

Nah, itulah beberapa manfaat vitamin D bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat dan jagalah selalu kesehatan Anda.

Cari Artikel Lainnya