999 +
0
69
0
5 Tips Menjaga Kesehatan di Saat Liburan
5 months 'ago'

Berlibur boleh saja, bahkan menurut beberapa penelitian liburan merupakan sarana penyegaran mental yang harus dilakukan. Liburan juga bisa menjadi menyehatkan serta dapat menghilangkan stress dari penatnya rutinitas sehari-hari.

Akan tetapi, seringkali kita melakukan berbagai kegiatan wisata yang menyenangkan tanpa memperdulikan kesehatan badan. Padahal, kondisi badan yang sehat merupakan syarat utama untuk bisa menikmati liburan secara maksimal. Ingin tetap fit dan sehat selama liburan? Coba ikuti tips-tips di bawah ini.

Hindari Stres

Lupakan sejenak mengenai pekerjaan atau masalah-masalah lain yang bisa membuat stress pikiran Anda. Nikmatilah pemandangan yang ada. Jika Anda lebih menyukai suasana yang sepi dan tenang, pilihlah tempat wisata yang menyajikan hal tersebut tanpa banyak pengunjung.

Bawa Obat-obatan 

Obat-obatan merupakan peralatan penting dalam melakukan perjalanan. Siapkan obat dan taruh selalu obat dalam tas bawaan disertai salinan resep dari dokter/apotek. Jika mempunyai alergi atau penyakit tertentu misal jantung, pastikan membawa obat terkait. Perhatikan jadwal minum obat meskipun sedang berlibur. Penting juga menyiapkan obat-obatan emergensi terutama bila liburan membawa anak-anak di bawah umur.

Jaga Kebersihan

Kebersihan Anda merupakan kunci utama dalam menjaga kesehatan tubuh. Kegiatan luar seperti outbond atau lainnya biasanya membuat badan menjadi kotor, lengket dan berkeringat. Mandi akan membantu membersihkan tubuh dari bakteri, debu, dan keringat yang menempel selama berwisata. Selain itu, biasakan untuk mengganti pakaian yang sudah terkena keringat dan terasa lembab, khususnya pakaian dalam. Jangan lupa pula untuk mencuci tangan sebelum makan agar terhindar dari penyakit pencernaan.

Pola Makan

Meski liburan, pola makan juga harus tetap diatur. Biasanya, Anda akan melupakan urusan perut ketika sedang asyik memandangi indahnya lautan atau sejuknya udara pegunungan. Melupakan makan bisa menjadi hal yang fatal, terutama bagi Anda yang punya riwayat sakit maag. Usahakan makan secara teratur pada pagi, siang, dan sore hari. Selain itu, perhatikan pula menu makanan yang akan dikonsumsi. Jangan sampai liburan Anda terganggu dan malah menjadi sakit.

Istirahat yang Cukup

Saking asyiknya berkeliling dan menjelajahi tempat wisata, sampai lupa untuk sejenak beristirahat. Anda harus mengerti kondisi tubuh sendiri dan menentukan batasan kegiatan yang akan dilakukan selama berwisata. Istirahat yang cukup akan membantu tubuh menjadi segar dan kembali siap melakukan berbagai aktivitas yang menguras tenaga.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow