999 +
0
41
0
7 Tips Ampuh Persiapkan Liburan di Tahun 2019
3 weeks 'ago'

Belum sempat memanfaatkan hari libur di tahun 2018 dengan maksimal? Tak usah sedih, hanya dalam waktu beberapa minggu lagi, tahun 2018 akan usai dan berganti menjadi 2019. Untuk itu, kamu bisa menyiapkan rencana berlibur di tahun depan sejak saat ini, sehingga hari liburmu dapat dieksekusi dengan baik.Pasalnya, menurut Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan menetapkan bahwa jumlah Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2019 sebanyak 20 hari.

Yang terdiri dari 16 Hari Libur Nasional, dan 4 hari Cuti Bersama. Di antara 16 Hari Libur Nasional itu, ada beberapa tanggal merah yang bisa dijadikan sebagai hari kejepit. Misalnya Tahun Baru Imlek yang jatuh pada 5 Februari, Hari Raya Nyepi pada tanggal 7 Maret dan Kenaikan Isa Almasih pada 30 Mei. Wah, siap-siap libur panjang, nih. Untuk itu, hadirkan tujuh tips ampuh mempersiapkan liburan di tahun 2019. Yuk, simak!

1. Menabung

Menabung adalah kunci untuk mempersiapkan liburan yang baik. Dengan menabung sejak jauh-jauh hari, kamu akan memiliki persiapan dana yang cukup untuk menyambangi destinasi impianmu. Kamu bisa menyisihkan sedikit dari uang jajan atau penghasilan yang kamu dapatkan. Meski terasa agak sulit di awal dan 'menyiksa', di akhir masa menabung, kamu pasti akan merasa puas juga bangga karena telah menyiapkan sendiri biaya perjalananmu.

2. Riset, Riset, dan Riset

Untuk mendapatkan liburan yang baik, kamu mesti melakukan riset secara menyeluruh dan mendetail. Tentukan beberapa destinasi wisata yang ingin kamu tuju, lalu cari informasi sebanyak mungkin. Misalnya saja waktu terbaik untuk berkunjung, festival menarik yang bisa kamu datangi, dan waktu paling tepat untuk melakukan reservasi penerbangan maupun tempat menginap. Setelah mendapatkan hasil riset, kamu bisa mulai memilih dan memilah destinasi yang paling memungkinkan.Hasil riset yang kamu dapatkan tersebut nantinya juga bisa digunakan untuk membuat itinerary perjalanan. Mulai dari waktu keberangkatan, perjalanan di hari pertama, hingga waktu kepulangan.

3. Mulai Menghitung Anggaran

Berbekal berbagai info hasil riset yang berhasil dikumpulkan, kamu akan lebih mudah untuk menyiapkan rancangan anggaran yang mesti disiapkan untuk traveling, dan biaya yang disiapkan untuk dana darurat. Mulai dari anggaran untuk membeli tiket perjalanan, reservasi hotel, membeli karcis pertunjukan, biaya transportasi, hingga biaya makan saat berada di tempat tujuan. Dengan mengetahui kisaran biaya yang dibutuhkan, kamu juga semakin mantap menentukan besaran uang yang mesti kamu tabung.

4. Cek Kelengkapan Dokumen yang Dibutuhkan

Apabila kamu berniat untuk liburan di luar negeri, maka poin yang satu ini tidak boleh kamu lewatkan. Karena sebelum berangkat ke negara tujuan, kamu mesti memiliki dokumen yang lengkap seperti paspor dan visa. Teledor sedikit saja dalam mengecek kelengkapan dokumen bisa berakibat fatal pada liburanmu. Pasalnya, mengurus dokumen-dokumen yang diperlukan saat hendak berlibur bukan perkara gampang. Butuh waktu dan biaya yang pastinya tidak sedikit juga tidak bisa dilakukan secara mendadak. Jadi, pintar-pintarlah dalam mengatur waktu.

5. Pertimbangkan Negara-Negara Bebas Visa

Ingin liburan ke luar negeri tanpa harus membuat visa? Kamu bisa mencari tahu tempat-tempat yang memberikan traveler berpaspor Indonesia kesempatan untuk traveling tanpa visa. Misalnya saja negara-negara di Asia Tenggara seperti Singapura, Kamboja, Thailand, Laos, Myanmar, dan Vietnam. Selain itu, ada pula negara-negara lainnya yang membebaskan visa bagi Indonesia, seperti Jepang, Hong Kong, Cile, dan Namibia.

6. Selalu Update dengan Promo atau Travel Fair

Agar biaya liburanmu tidak bikin kantong cekak, kamu disarankan untuk membeli tiket promo lewat harga spesial, cashback, atau potongan harga yang ditawarkan oleh online travel agent (OTA), maskapai penerbangan, bank, atau travel fair. Pasalnya, pihak-pihak tersebut sering memberikan harga-harga spesial di musim tertentu untuk memenuhi kapasitas kursi dalam pesawat. Misalnya saja tiket.com, traveloka, maskapai penerbangan Air Asia, dan promo kartu kredit.

7. Jaga Kesehatan

Kondisi tubuh sangat mempengaruhi kesiapanmu saat berlibur. Oleh karena itu, kamu mesti menjaga kesehatan dengan baik, agar tubuhmu senantiasa fit. Misalnya saja dengan memperhatikan pola makan, memenuhi kebutuhan air dan nutrisi dalam tubuh, tidur cukup, dan berolahraga. Jika ternyata kamu memiliki kondisi yang kurang memungkinkan untuk berlibur, jangan lupa untuk melakukan konsultasi pada dokter langgananmu sehingga persiapanmu semakin maksimal.Bagaimana, sudah siap menyambut liburan di tahun 2019 mendatang?

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow