0
61
0
Gak Hanya untuk Pergantian Tahun, Ternyata Ini Lho 5 Filosofi Kalender
3 months 'ago'

Kalender baru adalah salah satu barang yang wajib ada nih saat pergantian tahun. Pergantian kalender di tahun selanjutnya menandakan bahwa satu tahun penuh telah kita jalani.

Nah, kalender cetak yang dipajang bukan cuma sekadar untuk pajangan dan penanggalan saja lho. Sebab, ternyata kalender punya beberapa filosofi hidup yang pas banget dengan kehidupan kita. Apa saja itu? Yuk kita simak!

1. Penanggalan pada kalender memang pasti, tapi apa yang akan terjadi tidak ada yang tahu pasti

Gak Hanya untuk Pergantian Tahun, Ternyata Ini Lho 5 Filosofi Kalender

Sistem penanggalan pada kalender itu memuat pembagian waktu seperti tanggal, hari, bulan, minggu. Nah, bukan cuma sistem penanggalan saja sebab kalender biasanya juga memuat berbagai informasi lainnya seperti tanggal dan hari merah.Informasi penanggalan waktu yang disajikan dalam kalender emang sudah pasti dan berdasarkan perhitungan dan patokan tertentu.

Tapi, sadarkah kamu kalau meski sistem penanggalan satu tahun kedepan udah pasti dan akurat, ternyata kita juga menghadapi hal yang gak pasti yaitu masa depan. Kita bisa saja merencanakan sesuatu berdasarkan perhitungan kalender, tetapi apa yang akan terjadi pada tanggal tersebut atau bahkan besok saja tidak ada yang tahu bukan?

Ya, kalender ini seolah mengingatkan kita bahwa daripada terlalu berfokus pada masa depan yang gak pasti, yuk lakukan hal terbaik dalam hidupmu pada saat ini juga.

2. Kalender erat kaitannya dengan perencanaan hidup

Gak Hanya untuk Pergantian Tahun, Ternyata Ini Lho 5 Filosofi Kalender

Tentu kamu sudah tahu kalau salah satu fungsi penting kalender adalah sebagai penanda waktu dan dapat merencanakan sesuatu pada waktu tertentu sesuai penanggalan. Jadi, bukan cuma untuk dilihat-lihat saja ya guys. Nah, setelah kita mengetahui fungsinya tentu kamu sadar bahwa dengan adanya kalender kita dapat merencanakan hidup kita dengan baik karena waktu itu sangat berharga.

Memang, seperti yang dijelaskan di atas masa depan yang direncanakan juga gak ada yang tahu pasti tapi setidaknya dengan adanya perencanaan kamu sudah tahu apa arah hidupmu bukan? Karena, jika tidak ada perencanaan apapun maka mungkin saja banyak waktumu yang sudah terbuang sia-sia. Sayang banget bukan?

3. Tanggal merah pada kalender mengingatkan kita bahwa ada waktunya untuk jeda

Gak Hanya untuk Pergantian Tahun, Ternyata Ini Lho 5 Filosofi Kalender

Tanggal merah merupakan tanggal favorit bagi hampir semua orang. Betapa tidak, setelah lelah dengan padatnya aktivitas kita dapat rehat sejenak untuk memulihkan fisik maupun pikiran melalui tanggal merah atau libur tersebut.

Jadi, jelas bahwa kalender seakan mengingatkan kita bahwa sebagai manusia biasa kita juga butuh yang namanya jeda atau berhenti sejenak. Lakukan apa yang bisa kamu lakukan saat tanggal biasa dan nantinya kamu juga akan mendapat waktu jeda kok sehingga hidupmu benar-benar produktif.

4. Kalender juga mengingatkan kita bahwa waktu yang berlalu tidak akan pernah kembali lagi

Gak Hanya untuk Pergantian Tahun, Ternyata Ini Lho 5 Filosofi Kalender

Waktu sejatinya tidak pernah berhenti dan terus berjalan. Saat satu hari berlalu mungkin kamu mencoret tanggal yang telah berlalu. Mungkin juga, di bulan berikutnya kamu membuka lembaran selanjutnya dari kalender tersebut.

Nah, sadar gak sih kalau kalender itu juga semacam pengingat bagi kita bahwa waktu yang berlalu tidak akan pernah datang kembali lagi. Jadi, manfaatkan waktumu sebaik mungkin ya guys!

5. Pergantian kalender sering mengingatkan kita bahwa waktu itu singkat dan cepat berlalu

Gak Hanya untuk Pergantian Tahun, Ternyata Ini Lho 5 Filosofi KalenderAdvertisement

Follow Us On :
Ranking
1
Lencana
Kongkow