999 +
0
27
0
Bikin Mood Membaik, Ini 6 Cara Mengatasi Jenuh yang Kamu Rasakan
3 weeks 'ago'

Mood atau suasana hati tentu mempengaruhi tindakanmu. Saat mood turun dan suntuk datang terkadang kamu merasa kehilangan diri dan merasa tak bersemanga. Hal ini tentu menggangu aktivitas sehari-harimu.

Meski suntuk melanda dan mood sedang turun. Cobalah hal-hal di bawah ini untuk menaikkan moodmu dan membuat rasa jenuhmu hilang. Lakukan saja! Siapa tahu mood meningkat dan kamu bisa bersemangat menjalani aktivitasmu kembali. Yuk, simak baik-baik!

1. Tulislah unek-unek dan permasalahanmu, biarkan isi hatimu mengalir

Bikin Mood Membaik, Ini 6 Cara Mengatasi Jenuh yang Kamu Rasakan

Luangkan waktumu sekitar 15 menit atau semampumu. Mulailah menulis apapun yang terlintas di pikiranmu. Biarkan segala apa yang terlintas di pikiranmu mengalir bersama tulisanmu. Menurut ilmu psikologi aktivitas menulis ini bisa mengeluarkan emosi terpendam (dan seringnya tidak kamu sadari) dalam dirimu. Emosi-emosi terpendam inilah yang menyebabkan dirimu merasakan suntuk tanpa juntrungan. Kelelahan emosional ini bisa dikurangi dengan mengekpresikannya melalui tulisan. Lakukan ini setiap hari secara terus menerus dan rasakan perubahannya.

2. Pergilah travelling, nikmati keindahan tempat yang kamu kunjungi

Bikin Mood Membaik, Ini 6 Cara Mengatasi Jenuh yang Kamu Rasakan

Luangkan waktu seminggu atau beberapa hari untuk pergi piknik dan travelling. Terkadang mengubah pikiran semudah merubah pemandangan yang kamu lihat. Bertemu lingkungan baru bisa memberikan ruang, kebebasan, serta energi positif padamu. Piknik tipis-tipis yang sering digaungkan oleh generasi millenial nyatanya memang memberikan dampak positif pada psikismu. Melihat pemandangan yang indah dan tidak pernah kamu lihat bisa memberikan energi pada tubuh dan pikiranmu. Udara yang segar membuat paru-parumu bernapas lega setelah menghirup polusi di ibu kota. Matamu juga bisa dimanjakan dengan hamparan bumi berwarna-warni.

3. Berkumpulah dengan orang yang kamu sayangi

Bikin Mood Membaik, Ini 6 Cara Mengatasi Jenuh yang Kamu Rasakan

Perkuat hubunganmu dengan orang-orang yang kamu sayangi. Keluarga, sahabat, hingga orang terkasih. Temukan kekuatan baru bersama mereka. Tanpa kamu sadaro kurangnya dukungan sosial dari orang terdekatmu bisa menyebabkan beban emosional yang nerujung pada rasa jenuh.

Saat suntuk datang, mungkin itu adalah alarm bahwa kamh butuh dukungan dari orang terdekat seperti keluarga dan sanak family. Lakukan kegiatan yang mungkin akhir-akhir ini jarang kamu lakukan bersama mereka. Kamu akan terkejut betapa bersemangatnya kamu setelah bertemu mereka.

4. Temukan suasana baru dengan mengikuti kegiatan positif yang belum pernah kamu ikuti

Bikin Mood Membaik, Ini 6 Cara Mengatasi Jenuh yang Kamu Rasakan

Mengikuti kegiatan baru yang belum pernah kamu ikuti juga bisa menaikan moodmu loh. Bertemu dengan orang-orang, serta belajar hal baru yang belum pernah kamu lakukan tentu memberikan kesan tersendiri bagimu. Misalnya ketika kamu mengikuti relawan di panti asuhan.

Saat menjadi relawan tentu kamu akan berbuat banyak kebaikan, senyum tulus anak-anak akan membuatmu merasa berarti, merasa 'dibutuhkan', dan merasa eksis di bumi. Menurut teori psikologi eksistensi merupakan kebutuhan manusia loh. Siapa tahu rasa jenuhmu dikarenakan kamu tidak memenuhi kebutuhanmu yang satu ini karena kelewat nyaman di comfort zone-mu.

5. Perbaiki gaya hidupmu, rajin olahraga, dan memakan makanan sehat

Bikin Mood Membaik, Ini 6 Cara Mengatasi Jenuh yang Kamu Rasakan

Hentikan memakan makanan cepat saji, mulailah konsumsi buah dan sayur. Jangan biarkan tubuhmu terdehidrasi. Olahraga yang rajin, sempatkan waktumu untuk menggerakkan tubuhmu. Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula. Menurut berbagai penelitian menjaga gaya hidup dan rajin olahraga berhubungan dengan mood juga loh. Bagi kamu yang sering merasa jenuh coba deh mulai rajin olahraga. Saat berolahraga kita akan mengeluarkan hormon-hormon yang bisa menaikan mood loh. Gak mau kan kamu jadi suntuk dan uring-uringan karena makan dan tidur melulu.

6. Perbaiki hubunganmu dengan Tuhan, perbanyak mengingatnya dalam kehidupanmu

Bikin Mood Membaik, Ini 6 Cara Mengatasi Jenuh yang Kamu Rasakan

Ingatlah berapa lama kamu tidak pernah berdo'a dan meminta kepadaNya. Mungkin perasaan jenuhmu adalah tanda bahwa Tuhan sedang merindukanmu. Cobalah berdo'a dan keluarkan semua keluh kesahmu. Berdo'a tentu bisa membuat batinmu merasa nyaman.Dengan berdo'a kita menumbuhkan sikap optimisme bahwa segala perasaan resah dan gelisah akan Tuhan hapuskan asalkan kita berpasrah kepada-Nya.

Semoga hal-hal diatas membantumu menghilangkan rasa suntuk, ya. Yang memiliki saran lain boleh share di kolom komentar lho!

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow