0
153
0
Kenali 7 tanda orang gugup! Kamu pernah mengalaminya?
8 months 'ago'

Percaya atau nggak, setiap tindakan orang pasti ada alasannya. Termasuk juga respons fisik yang samar sekalipun. Misalnya saja saat cemas, orang akan merasakan degup jantungnya berubah lebih cepat dan tangan berkeringat. Cara bicaranya pun bisa terbata-bata. Apakah sebatas itu?

Joe Navarro, mantan agen FBI dan penulis buku What Every BODY is Saying, mengutarakan beberapa pertanda orang sedang grogi atau cemas. Berikut ini adalah ekspresi non verbal universal mengetahui seseorang dalam kondisi gelisah:

1. Menyentuh wajah

Ketika kamu mendapati seseorang yang sedang gugup dan berbicara cepat, itu menunjukkan seberapa besar dia merasa tertekan. Misalnya saja, ketika beberapa orang gugup meremas wajah, menekan pipi, atau mengusap kening. Itu artinya mereka mencoba menenangkan diri. Tindakan ini memang membantu menenangkan otak mereka.

2. Berkedip berulang kali

Peneliti mendapati bahwa kedipan mata rata-rata meningkat ketika seseorang sedang di bawah kondisi tekanan, seperti ketika kamu grogi atau ketika kamu berbohong akan sesuatu. Hal in merupakan respons fisiologis otomatis yang bahkan tak kamu sadari.

3. Penekanan bibir

Penekanan bibir adalah indikator umum stres psikologis. Terkadang, itu juga pertanda orang sedang berbohong, tapi di sisi lain juga berarti mereka sedang dalam tekanan. Menurut David Givens, seorang ahli komunikasi non verbal, kita secara naluriah mengatupkan bibir erat untuk melindungi diri sendiri dari bahaya, baik secara nyata maupun sekadar imajinasi.

4. Memainkan rambut

Memainkan rambut adalah contoh perilaku pengulangan orang sedang mencoba menenangkan diri sendiri. Nah, kalau dilakukan berulang kali itu berarti terkait dengan rasa cemas. Saat orang sedang dalam kondisi stres ekstrem, perilaku ini dapat menjadi patologi, dan orang bisa berakhir dengan mencabut rambutnya sendiri.

5. Mengkretek tangan

Menggerak-gerakkan dan menekan tangan sampai berbunyi 'krek-krek' (mengkretek) berulang kali menunjukkan seseorang sedang mencoba mengendalikan diri dari rasa gelisah. Tapi memang tak banyak orang sadar akan hal ini.

6. Menggosok telapak tangan

Beberapa orang yang berada dalam kondisi stres akan menggosok tangannya berulang kali. Bahkan pada kasus esktrem bisa sampai telapak tangan panas dan berdarah. Hal inilah yang memunculkan problem lainnya saat benar-benar tak terkontrol, terutama terkait kecemasan akut.

7. Menguap kuat dan sering

Navarro menyatakan bahwa peregangan rahang adalah jalan menstimulasi saraf Temporomandibular joint (TMJ) dan mereduksi stres. Faktanya, sistem saraf hewan juga menunjukkan perilaku yang sama. Penelitian lain menemukan bahwa menguap membantu meregulasi suhu tubuh supaya lebih dingin melalui hidung dan mulut. Hal ini mengingat stres dan kecemasan membuat otak menjadi lebih panas.

Nah, sekarang kamu sudah tahu, kan? Mana yang pernah kamu rasakan saat gugup menghadapi gebetan, calon mertua, atau bos besar?

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow