Home » Kongkow » Tips & Trik » Tetap Kaya di Tanggal Tua? Begini Tipsnya

Tetap Kaya di Tanggal Tua? Begini Tipsnya

- Sabtu, 22 Desember 2018 | 11:23 WIB
Tetap Kaya di Tanggal Tua? Begini Tipsnya

Tak ada salahnya hidup dari gaji yang Anda terima tiap bulan.

Namun biasanya Anda cenderung jor-joran di awal gajian. Asyik belanja dan makan di luar tanpa memikirkan nasib di akhir bulan. 

Hasilnya, begitu tanggal tua tiba, Anda mengandalkan kartu kredit karena gaji yang ludes. Kalau kartu kredit lancar, sih, oke. Bagaimana jika kartu kredit Anda tak bisa dipakai? 

Padahal anak Anda perlu biaya untuk acara sekolah, atau lemari es rumah Anda sudah waktunya diisi.

Daripada terus berutang yang akibatnya malah tak ada sisa untuk ditabung, simak tip berikut. 

1. Bikin prioritas
Setiap kali menerima gaji, atur pengeluaran berdasarkan prioritas dan tetapkan bujetnya. Sisanya masuknya dalam rekening dan jangan diutak-atik—kalau perlu simpan kartu ATM-nya di laci tertutup, tak usah Anda bawa ke mana pun.

2. Ikut tabungan berjangka
Tabungan berjangka berguna banget untuk Anda yang susah menabung. Pasalnya begitu gajian, bank langsung mendebit rekening Anda. Minimal jika gaji Anda habis untuk belanja, Anda masih punya tabungan sementara. 

3. Biasakan makan di rumah
Setiap kali Anda punya rencana nonton atau jalan ke mal, biasakan makan dulu di rumah. Hal ini untuk mengurangi Anda jajan terlalu banyak. Lagi pula kondisi perut kenyang akan mencegah Anda impulsif saat belanja. 

4. Hindari kopi
Setiap kali meeting atau hang out dengan teman di kafe, tanpa sadar Anda selalu memesan kopi. Padahal, harganya jauh lebih mahal dibandingkan makanan besar. Ganti kopi dengan minuman yang lebih ringan rasa dan harganya, misalnya teh. 

5. Cari penawaran diskon 
Jika Anda memang hobi dan sulit menghentikan kebiasaan makan di luar, cari berbagai promo atau penawaran diskon. Enaknya lagi, tawaran diskon ini memiliki jangka waktu sehingga dapat Anda gunakan di bulan lain. 

6. Tetapkan waktu belanja
Jika Anda hobi belanja, atur waktunya dan pastikan belanja di tanggal-tanggal diskon. Department store dan supermarket selalu punya tanggal tertentu mengadakan sale; jadi belanjalah di saat itu saja. 

7. Cari tambahan
Bila gaji Anda memang pas-pasan sementara gaya hidup ala superstar, cobalah mencari tambahan melalui side job yang halal dan tidak menyerempet hukum. 

Gunakan barang yang Anda miliki sekarang untuk mendapatkan dana tambahan, misalnya buka fasilitas nebeng dengan mobil Anda untuk menurunkan bujet BBM. Atau, buka jasa praktis seperti menerjemahkan dokumen bisnis atau menjual hasil karya di media sosial.

Cari Artikel Lainnya