999 +
0
70
0
Mau Liburan Bareng Keluarga Besar? Agar Berjalan Seru, Yuk Ikuti 5 Tips Ini!
3 months 'ago'

Liburan panjang sudah di depan mata. Saatnya kamu rencakan liburan bersama keluarga besar. Banyak orang beranggapan bahwa liburan bersama keluarga besar adalah hal yang paling merepotkan, apalagi kalau kamu yang menjadi ketua pelaksana acaranya. Tenang, tak perlu khawatir, karena semuannya bisa diatasi dengan mudah. Ada beberapa tips dan trik yang perlu kamu ikuti agar liburan bersama keluarga besar tetap terasa seru dan menyenangkan. Kira-kira apa saja tips dan triknya? Berikut ulasannya.

1. Rencanakan liburan dari jauh-jauh hari

Pilih tanggal yang telah disepakati oleh keluarga besar. (Foto: Shutterstock)

Hal paling penting dalam mempersiapkan liburan bersama keluarga adalah menentukan waktu liburan. Waktu liburan yang dipilih harus disepakati oleh semua anggota keluarga. Jadi, agar semua anggota keluarga bisa ikut dalam liburan kali ini, rencakan liburan sejak jauh-jauh hari. Pertama-tama, mulailah dengan menentukan tanggal keberangkatan. Pastikan semua anggota keluarga bisa mengosongkan jadwal di tanggal tersebut.

Meski tidak akan mudah, namun dengan merencakannya dari jauh-jauh hari diharapkan akan ada tanggal liburan yang tepat untuk disepakati secara bersama-sama. Perencaan ini juga akan membuat persiapan liburan lebih terorganisir. Jadi, cobalah untuk mulai membicarakannya di grup keluarga, ya.

2. Pilih destinasi yang bebas macet

Cari lokasi yang bebas dari kemacetan. (Foto: Shutterstock)

Liburan dengan keluarga besar memang akan terasa berbeda dibandingkan dengan hanya liburan bersama keluarga kecilmu saja. Dikarenakan liburan kali ini akan melibatkan seluruh anggota keluarga, termasuk bayi atau balita dan lansia, kamu harus menentukan destinasi yang tepat. Pilihlah tempat wisata yang bebas dari kemacetan.

Jangan memilih tempat wisata yang membutuhkan perjuangan untuk menggapainya. Kalau kamu ingin liburan di waktu peak season, maka pilihlah jalur alternatif yang bebas dari kemacetan. Mengingat tujuan liburan kali ini adalah untuk berkumpul dengan keluarga besar, maka jangan sampai kamu menghabiskan waktu hanya di perjalanan.

3. Dibandingkan hotel, pilihlah villa yang cukup besar

Menginap di villa lebih menyenangkan daripada di hotel. (Foto: Shutterstock)

Nah, untuk menampung semua keluarga besar rasanya tidak mungkin kalau semua anggota keluarga harus menginap di hotel. Selain membutuhkan biaya yang besar, hotel juga tidak bisa menyatukan semua anggota keluarga dalam satu kamar. Oleh karena itu, dibandingkan hotel pilihlah villa. Tak kalah nyaman dengan hotel, saat ini banyak villa yang menawarkan fasilitas bak hotel berbintang.

Pilih villa yang menyediakan fasilitas lengkap seperti dapur, halaman yang luas, dan juga kolam renang mengingat anak-anak pasti suka berenang. Adanya dapur di dalam villa bisa menghemat pengeluaran kamu, lho. Karena kamu bisa memasak untuk keluarga besarmu. Sekadar masak mi juga bisa membuat suasana liburanmu semakin seru.

4. Gunakan bis untuk mempermudah interaksi dengan keluarga besar

Pilih bis sebagai moda transportasinya. (Foto: Shutterstock)

Kalau ingin liburanmu bersama keluarga besar berjalan lebih seru dan menyenangkan, sebaiknya gunakan bis sebagai moda transportasinya. Dalam satu bis yang sama, kamu bisa berinteraksi lebih mudah dengan keluarga besarmu. Selama perjalanan, kamu dapat bercengkrama sambil membicarakan hal-hal seru yang bisa meningkatkan mood masing-masing orang. Pastinya, cara ini akan mempererat hubunganmu dengan anggota keluarga.

5. Siapkan games atau permainan yang bisa diikuti oleh semua anggota keluarga

Siapkan games untuk dimainkan bersama keluarga. (Foto: Shutterstock)

Supaya suasana liburan terasa lebih meriah, jangan lupa persiapkan games menarik yang bisa diikuti oleh semua anggota keluarga. Misalnya saja games tebak kata atau games tebak lagu.

Ohiya, siapkan juga hukuman kecil bagi yang kalah dalam permainan. Hukuman bisa berupa mengoleskan bedak pada mereka yang kalah. Selain melakukan games, kamu juga bisa mengajak keluarga besarmu untuk berkaraoke. Pilihlah lagu-lagu yang memang disukai oleh semua kalangan usia.

Dijamin deh, liburanmu kali ini akan berjalan seru. Yuk, coba kelima tipsnya!

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow