0
132
0
Jamur, Sayuran Sehat Kaya Manfaat. Rugi Nih Buat Yang Gak Suka
8 months 'ago'

Jamur adalah tumbuhan berdaging spons yang telah dikonsumsi selama ribuan tahun karena sifat terapeutiknya. Jamur dikemas dengan mineral berlimpah, vitamin, antioksidan, asam amino dan antibiotik. Hal ini tidak ditemukan pada jenis sayuran atau daging. Jamur muncul dalam beberapa varietas, seperti shiitake, enoki, portobello, reishi, crimini, kancing putih, dan tiram. Masing-masing memiliki rasa yang berbeda dan warna yang unik. Jamur yang paling banyak digunakan adalah Agaricus bisporus. Jamur ini tumbuh di lingkungan yang steril dan dianggap dapat dimakan.

Berikut beberapa manfaat jamur yang sangat baik untuk tubuh:
1. Meningkatkan Sistem kekebalan

Selenium dalam jamur meningkatkan daya kekebalan tubuh dan memicu produksi sel-T, yang juga dikenal sebagai sel pembunuh. Dengan demikian, jamur dapat melindungi tubuh terhadap infeksi bagi tubuh dan ancaman berbahaya lainnya.

2. Menjaga Kesehatan Tulang
Kandungan kalsium dalam jamur relatif lebih tinggi daripada sayuran lainnya. Memasukkan ini makanan kaya kalsium ini dapat memperkuat tulang Anda. Jamur memelihara kesehatan tulang yang baik, dengan demikian, mencegah nyeri sendi dan osteoporosis.

3. Mengatasi Gangguan Pernapasan
Mengkonsumsi jamur memperkuat paru-paru dan menyembuhkan gangguan pernapasan, seperti asma. Orang dengan masalah pernapasan disarankan untuk mengambil kapsul jamur atau ekstrak jamur untuk membuat bernapas lebih mudah.

4. Jantung Sehat
Serat yang tinggi, vitamin C dan kalium yang terkandung di jamur membantu kesehatan jantung dan mengurangi risiko stroke jantung. Selain itu, natrium dan kalium bersama-sama bekerja dengan baik untuk mengatur sirkulasi darah dan memerangi masalah tekanan darah tinggi.

5. Membantu Mengatur Berat Badan
Jamur mengandung dua serat makanan yang berbeda. Salah satunya adalah beta-glukan, dan yang lainnya adalah kitin. Serat ini bertindak dalam sistem pencernaan yang membuat Anda merasa lebih kenyang untuk waktu yang lama. Dengan demikian, akan mengurangi asupan kalori. Selain itu, keduanya pada dasarnya diperlukan untuk mengontrol berat badan yang cukup dalam tubuh manusia.

6. Mengatasi Diabetes
Jamur adalah makanan yang sangat baik untuk penderita diabetes karena tidak memiliki kolesterol, tidak ada lemak, dan kalori lebih sedikit. Selain itu, jamur mengandung protein yang berlimpah, vitamin dan mineral. Kehadiran enzim alami dapat memecah kadar gula dan mendorong berfungsinya hati. Terlepas dari ini, kandungan cukup serat dan kadar air dalam jamur menambahkan gizi berguna yang dibutuhkan oleh tubuh.

7. Melindungi Gigi
Kalsium yang terkandung dalam jamur membantu memperkuat gigi dan melindunginya dari parasit, gigi berlubang dan penyakit terkait gigi lainnya. Oleh karena itu, konsumsilah jamur untuk mencegah infeksi bakteri.

Itulah beberapa manfaat penting jamur untuk kesehatan tubuh Anda. Namun jamur juga membutuhkan kecermatan dalam pemilihan dan pengolahannya. Oleh karena itu sebelum mengonsumsinya, sebaiknya Anda perlu berhati-hati.

Follow Us On :
Ranking
1
Arifah
395
2
3
4
5
Lencana
Kongkow